• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Berbagai Kegiatan yang Menyenangkan Saat Libur 14 Hari, Agar Tidak Bosan!

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Berbagai Kegiatan yang Menyenangkan Saat Libur 14 Hari, Agar Tidak Bosan!


dokumen pribadi

Ketika pertama kali mendengar pengumuman libur dua Minggu, bagi anak-anak karena adanya wabah virus Corona, saya kaget. Bagaimana dengan Anak-anak yang mau ujian Nasional? Ternyata semua kegiatan di pending, seperti kegiatan lomba, piknik sekolah dan Ujian Nasional juga. Anak-anak tidak boleh keluar rumah, apakah mereka tidak akan bosan selama dua Minggu di rumah? Mulailah Emak menyusun rencana anak tercinta yang kebetulan masih duduk di bangku Sekolah Dasar

Apa saja kegiatan kita sekeluarga #mumpungdirumah, tentunya kegiatan yang seru, tetap dengan suasana belajar dan sangat menyenangkan bersama keluarga tercinta tentunya.

#Mumpung di rumah kegiatan-kegiatan yang menyenangkan itu antara lain sebagai berikut;

1. Narsis berbagai gaya.

Untuk mengusir rasa bosan karena merasa dikurung di rumah, Saya berinisiatif mengabadikan kegiatan pagi dengan anak bergaya bak model terkenal. Saya berperan sebagai fotografer handal untuk mengabadikan setiap gerakannya.

doc.pri

doc.pri

doc.pri

doc.pri


2. Menyiram boneka, yang bisa tumbuh tanaman.

doc.pri

doc.pri

Kegiatan selanjutnya adalah berkebun dengan media boneka. Saya membeli boneka yang terbuat dari serbuk gergaji, yang di dalamnya telah di semai biji tanaman seperti padi, manakala tanaman-tanaman itu disiram maka akan tumbuh daun-daun, Yang lama-lama menjadi tinggi. Nah dari itu anak diajarkan yang namanya pertumbuhan pada tanaman. Anak asyik mengamati pertumbuhan tanaman itu pada media boneka yang lucu.

3. Bermain sepeda di halaman rumah

doc.pri

Bermain sepeda di halaman rumah, tetap dalam pengawasan. Karena anak tidak boleh jauh-jauh dari rumah. Untuk olahraga juga. Menemani anak mengayunkan sepeda berputar-putar di sekitar halaman. Yang penting anak senang, tidak bosan dan tidak mengajak untuk jalan-jalan, terutama ke Mall.


4. Membuat jambu tanpa biji dengan agar-agar.

doc.pri

doc.pri

doc.pri

Nah ini yang paling disukai saat Fikar membantu membuat puding Agar, menggunakan jambu biji. Anak-anak mencuci jambu dan kemudian jambu dibelah, ambil bijinya dengan sendok. Kemudian saya langsung membuat agar-agar warna merah, setelah itu masukkan ke dalam jambu tadi, setelah dingin, Fikar yang memasukkan ke kulkas, sampai setengah beku dan kita santap rame-rame.

5. Mengerjakan Tugas Ketrampilan dari guru.

doc.pri

doc.pri


Karena belajar dari rumah, guru memberikan tugas Seni Budaya dan Ketrampilan yaitu melukis dengan menggunakan gerabah, maka saya menyediakan gerabah atau lemper yang dilukis sesuka hatinya, bagus bukan hasilnya?

6. Menata Buku-buku bacaan di Perpustakaan Pribadi.

doc.pri

doc.pri

Kegiatan selanjutnya adalah merapikan buku-buku di perpustakaan pribadi, tahu sendiri anak-anak kalau ngambil buku bacaan, kadang ngembalikan seenaknya saja, apalagi kalau sama teman-temannya. Nah, moment mumpung di rumah ini saya gunakan bersama anak-anak merapikan buku-buku tersebut.

7. Membuat Mie rebus

doc.pri

doc.pri

Kegiatan selanjutnya adalah membuat mie rebus, ini kesukaan anak-anak banget, membuat mie rebus dengan telur, karena hujan sore-sore belum juga berhenti maka kami sepakat membuat mie rebus bareng-bareng, kan asyik hujan-hujan makan mie rebus. Mak slurup gitu.

8. Membaca Komik

doc.pri

foc.pri

Kegiatan selanjutnya adalah membaca-baca komik kesukaannya, asyik sekali ketika anak-anak suka membaca komik, bisa mengalihkan dunianya dari bermain HP.

doc.pri

9. Bermain Game, lego dan boneka monyet bareng Kakak


doc.pri

doc.pri

doc.pri

Bermain game, mobil-mobilan dan juga bermain dengan boneka monyet adalah kegiatan selanjutnya, untuk mengusir rasa bosan karena tidak boleh ke mana-mana. Mendongeng menggunakan media boneka
Tentunya tetap dalam pendampingan orang tua. Mengajak anak senantiasa hidup sehat dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah bermain, sebelum dan sesudah makan.



10. Fikar belajar mengaji bersama Abi.

doc.pri

Belajar mengaji, mumpung di rumah Fikar juga belajar mengaji bersama Abinya. Juga belajar doa-doa dan bacaan sholat sebagai ganti pelajaran Agama di sekolah.

Nah itulah kegiatan kami mumpung di rumah, semoga bahagia selalu bersama keluarga tercinta, dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan terhindar dari virus Corona. Aamiin.

Opini Pribadi
Sumber Foto: dok.pri
Diubah oleh trifatoyah 20-03-2020 06:52
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.7K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.