others
Batal
link has been copied
64
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d42a4d582d49527102e3daf/kisah-ina-sendri-si-kutu-buku
2019 Kutu Buku Palsu Kutu buku biasanya digunakan untuk menyebut mereka yang hobi membaca buku. Bukan sekadar suka, tapi sudah mendarah daging. Maksudnya ialah mereka yang mempunyai moto Tiada Hari Tanpa Membaca. Jika membaca hanya mengisi waktu luang, belum layak kiranya disebut si kutu buku. Begitupun saya. Setiap kali melihat postingan teman yang berjualan buku, atau teman yang sedang mempromos
Lapor Hansip
01-08-2019 15:37

Kisah Ina Sendri Si kutu Buku

2019Kisah Ina Sendri Si kutu Buku

Kutu Buku Palsu

Kutu buku biasanya digunakan untuk menyebut mereka yang hobi membaca buku. Bukan sekadar suka, tapi sudah mendarah daging. Maksudnya ialah mereka yang mempunyai moto Tiada Hari Tanpa Membaca. Jika membaca hanya mengisi waktu luang, belum layak kiranya disebut si kutu buku.

Begitupun saya. Setiap kali melihat postingan teman yang berjualan buku, atau teman yang sedang mempromosikan karyanya. Entah kenapa selalu saja timbul keinginan untuk membeli. Dan memang sudah ada beberapa yang betul-betul saya beli. Tapi ya begitu, tak satu pun dari buku-buku itu saya baca sampai selesai.

Seiring bertambahnya usia ketahanan saya dalam membaca satu buku mulai menurun. Namun, tidak yakin juga jika penyebabnya adalah usia. Karena yang saya ingat, saya mulai ogah-ogahan membaca buku semenjak memiliki ponsel pintar. Ya, itu dia masalahnya. Saya merasa tetap membaca setiap hari, tapi bukannya buku. Melainkan artikel, cerpen, bahkan status gak jelas yang saya baca.

Kadang saya sedih melihat tumpukan buku-buku di rak yang seolah merana. Menanti sang tuan meraihnya, membuka lembar demi lembarnya. Andai mereka dapat bicara, mungkin akan 'sambat' atau malah berunjuk rasa kepada saya agar mau menyelesaikan bacaan.

Ya, saya sadar telah bertindak tak adil kepada buku-buku itu. Tanpa saya sadari, telah memberikan harapan palsu kepada mereka--buku-buku saya. Harusnya bisa meluangkan waktu untuk mereka. Ini malah mesra-mesraan terus dengan gadget. Tanpa mengenal waktu, pagi siang sore malam. Saya yakin, buku-buku itu merasa cemburu dengan ponsel saya.

Baiklah. Sepertinya mulai sekarang harus membangun tekad untuk mulai memupuk minat baca. Seperti dahulu, saat ponsel saya hanya punya fitur untuk SMS dan menelepon saja. Saat itu saya selalu mesra dengan buku-buku. Baik itu buku milik sendiri ataupun buku meminjam milik teman. Kadang, bila terkenang masa-masa itu, saya menangis sendiri. Kehidupan saya sangat tenang dan sederhana. Tidak pernah memikirkan paket data. Jika pulsa habis, ya sudah. Selalu sabar menunggu dapat honor menulis dibayar. Tidak pernah galau memikirkan kehidupan dunia maya dengan segala hiruk-pikuknya. Ah, sungguh masa-masa yang indah penuh makna.

Hari ini saya menatap deretan buku-buku yang pernah saya beli. Baik buku lama maupun baru. Saya berbisik pelan kepada mereka, "Kalian bersabarlah, nanti akan saya baca satu per satu. Saya berjanji akan menamatkan kalian. Maksud saya, menamatkan membaca kalian."

Begitulah. Semoga setelah menuliskan kisah ini, saya kembali lagi menjadi kutu buku yang sesungguhnya. Doakan saya ya wahai pembaca yang budiman.

Malang, 1 Agustus
Diubah oleh InaSendry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anakjahanam721 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 3
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
23-10-2019 07:54
Quote:Original Posted By ciminuy
Dirimu ikut kelas loker kata, Sist? Aku fokus sama kumpulan cerpennya.


Pernah diajakin, sih, tapi ngeri kalo wajib setor tulisan. Jadi cuma penggembira di grup fbnya aja emoticon-Big Grin
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
23-10-2019 14:56
Quote:Original Posted By syafetri
aamiin..

ahhay...ada 'plot twist'nya isa alamsyah😁


Hehe. Iyah
profile-picture
syafetri memberi reputasi
1 0
1
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
12-02-2020 17:53
batu empedu ayam
Diubah oleh InaSendry
profile-picture
srusuut memberi reputasi
1 0
1
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
20-02-2020 17:56
Teruslah berkarya emoticon-2 Jempol
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
20-02-2020 19:56
Quote:Original Posted By srusuut
Teruslah berkarya emoticon-2 Jempol


Siyaaaap emoticon-Angel
profile-picture
srusuut memberi reputasi
1 0
1
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
23-02-2020 09:04

Klik Dong, Gan!

Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
Diubah oleh InaSendry
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
09-03-2020 19:53
:goyang:goyang
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
10-03-2020 15:42
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
Diubah oleh InaSendry
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
18-03-2020 18:26
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
Diubah oleh InaSendry
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
19-03-2020 07:53
Hai kutu buku 😂
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
19-03-2020 22:18
Quote:Original Posted By masnukho
Hai kutu buku 😂


Woy, ngapain komen di mari? 😗
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
21-03-2020 10:30
kura-kura melesat
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
21-03-2020 11:01
lomba lari kura-kura dan kelinci
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
21-03-2020 12:02
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
21-03-2020 12:03
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
27-03-2020 20:15

Cerpen Corona

Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
09-04-2020 20:14
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
10-04-2020 06:16
kereeen
profile-picture
InaSendry memberi reputasi
1 0
1
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
11-04-2020 19:36
Diubah oleh InaSendry
0 0
0
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
27-04-2020 07:37
Kisah Ina Sendri Si kutu Buku
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Heart to Heart
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia