News
Batal
KATEGORI
link has been copied
404
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7ddb60f4d69533a733d60f/ikatan-dokter-indonesia-ancam-mogok-tangani-pasien-corona
TEMPO.CO, Jakarta - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sejumlah organisasi profesi lain menyampaikan protes kepada pemerintah karena tak memadainya alat pelindung diri (APD) bagi para dokter, perawat dan tenaga medis yang terlibat dalam penatalaksanaan pasien dalam kondisi wabah Corona. Sejumlah organisasi profesi ini bahkan mengancam mogok melakukan perawatan penanganan terhadap pasien COVID-19, j
Lapor Hansip
27-03-2020 17:54

Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona


Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
TEMPO.CO, Jakarta - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan sejumlah organisasi profesi lain menyampaikan protes kepada pemerintah karena tak memadainya alat pelindung diri (APD) bagi para dokter, perawat dan tenaga medis yang terlibat dalam penatalaksanaan pasien dalam kondisi wabah Corona.

Sejumlah organisasi profesi ini bahkan mengancam mogok melakukan perawatan penanganan terhadap pasien COVID-19, jika pemerintahan tidak memenuhi APD yang dibutuhkan.

"Setiap tenaga kesehatan berisiko untuk tertular COVID-19. Maka, kami meminta terjaminnya Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai untuk setiap tenaga kesehatan," demikian bunyi surat pernyataan yang diteken Ketua IDI, Daeng M Faqih, Jumat, 27 Maret 2020.

"Bila hal ini tidak terpenuhi maka kami meminta kepada anggota profesi kami untuk sementara tidak ikut melakukan perawatan penanganan pasien COVID-19 demi melindungi dan menjaga keselamatan sejawat."

Dalam surat tersebut, Daeng menyebut, tak terpenuhinya APD bagi dokter, perawat, dan tenaga medis memungkinkan tenaga kesehatan yang terjangkit COVID-19 semakin meningkat bahkan sebagian meninggal dunia.

"Sejawat yang tertular COVID-19, selain akan jatuh sakit, akan berdampak pada terhentinya pelayanan penanganan kepada pasien serta dapat menularkan kepada pasien".

Sekretaris Eksekutif PB IDI Dien Kuswardani membenarkan adanya surat tersebut. Dia menyebut, pernyataan tersebut disepakati dengan beberapa organisasi profesi lainnya seperti; Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia, dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Senin lalu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan pemerintah sudah mendapatkan 105 ribu APD yang siap didistribusikan ke rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia.

Rinciannya, 45 ribu unit didistribusikan untuk DKI Jakarta, Bogor dan Banten. Sebanyak 40 ribu unit didistribusikan untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI. Yogyakarta dan Bali. Sementara 10 ribu unit akan didistribusikan di luar Jawa dan 10 ribu unit disimpan sebagai cadangan. Namun, kenyataannya, sejumlah rumah sakit masih mengeluhkan kekurangan APD.

https://nasional.tempo.co/read/13247...-pasien-corona

hmmm
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 20 lainnya memberi reputasi
19
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 16
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 18:49
ya ampun ..kok bisa ya emoticon-Tepar
profile-picture
supriyono1989 memberi reputasi
0 1
-1
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 18:53
Quote:Original Posted By daimond25
Hmm, Herd immunity berjalan!


gw rasa ini yang berjalan sekarang ya , cuman pemerintah emang ngga ngasih tau secara blak blakan , pasti bakal di hujat sana sni
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 18:54
Waduh jangan sampe dong pak bu, cuma anda-anda yang bisa menangani
0 0
0
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 18:54
jir masih ada nastak buzzer emoticon-anjing idiot yang ngata2in dokter.
nyawa 1 dokter itu lebih berharga dari nyawa emoticon-frog sekolam.
klo dokter abis, emang lu pada bisa gantiin?
klo situ yang sakit, siapa yang nanganin? lol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wowwaw dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 18:56
Quote:Original Posted By Nibrashilmy2
Benar kan..tempo hari aku berkomen masalah ini..ternyata prediksi nya benar,dokter paramedis tanpa alat perlindungan diri standar itu seperti harakiri...eh aku di maki2 sama kaskuser aku tak nyebut Nick nya...


Jangankan elu gw aja ditimpukin bata sama cebong, padahal dulu2 sering banget gw ngecengin kadrun, giliran sekarang cebong banyak dicengin langsung banyak baper
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wowwaw dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 18:56
gara2 kepedean

tiap org komen uda kaya ahli kesehatan emoticon-Wkwkwk

outbreak beneran ga siap rs..

kaya perang ga dkasi senjata
emoticon-Wkwkwk

duit si ada..tp birokrasi dan korupsi yg sudah melekat emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 18:57


Untung tentara Indonesia ga ada organisasi macam IDI ini ya.

Bisa berabe kalo ada organisasi Ikatan Tentara Indonesia

Disuruh perang ngancam mogok, ga mau perang. Krn APD ga memadai, APD nya kalah canggih dari APD musuh emoticon-Big Grin



profile-picture
profile-picture
profile-picture
private13 dan 13 lainnya memberi reputasi
5 9
-4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:01
sedang dipersiapkan

perusahaan-perusahaan pakaian tengah diminta bikin apd semua

memang telat si persiapannya
profile-picture
profile-picture
uratkumbang dan sunyimembara memberi reputasi
2 0
2
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:02
IDI juga kenapa ga merekomendasikan Kemenkes untuk persiapan COVID19 ya udah deh dah terlanjur
profile-picture
sunyimembara memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:05
Yikes aja yg masih ngehina Dokter gini,

Mereka front depan urusan penanganan pasien, wajar kesehatannya harus diperhatikan

Kalau para dokter kena infeksi, yang bakalan bingung juga pasien2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:09
hmmmmm emoticon-Cool

Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
uratkumbang dan private13 memberi reputasi
2 0
2
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:10
siap siap meledak nih
0 0
0
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:14
Ibarat dalam perang, tenaga medis adalah prajurit2 terdepan menghadapi musuh, jika moralnya sudah jatuh, siap2 aja kalah.
maka harus diperhatikan bener2 agar moralnya tetep tinggi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uratkumbang dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:14
ya jelas lah mogok org APDnya susah, gimana mo jalanin tugas!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uratkumbang dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:15
semoga keluhan mrk direspos cepat oleh pemerintah, krn APD sangat vital buat mrk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uratkumbang dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:19
suruh kadrun aja yang dulu bacot tentara allah buat jihad. gantiin dokter +perawat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atoy.yota dan 5 lainnya memberi reputasi
1 5
-4
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:22
Indo udah nyalip arab, mau nyalip Italy ?
0 0
0
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:23
Quote:Original Posted By anus.bau.edan
malu sama yg engkong dokter saban hari

walaupun pemerintah jg ga jelas, entah pemda ato pempus, udh beli tp ga tau kemana


@i.am.legend.
@n4z1


1 dokter knpa2 itung aja brpa banyak pasien yg bakal g terlayani
negara kita masig kekurangan dokter di daerah2


menkes aja g beres gitu, dibilangin who dan harvart malah baper
bukannya nyiapin APD buat orang medis diawal2 wabah corona
orang medis dah muak liat menkes malah pengen si terawan diganti

ibarat perang disuruh maju tangan kosong dan tanpa perlindungan
emoticon-Traveller
Diubah oleh hantupuskom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uratkumbang dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:27
Dokter di negara laen kagak ada....
Muka lu" pada yang mogok bakal diinget sama rakyat....dokter apaan lu saat dibutuhkan malah mogok...dokter negara lain yang kekurangan alat malah nyari akal mandiri sambil komplen ke pemerintah tanpa meninggalkan tanggung jawabnya
Diubah oleh kily89
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atoy.yota dan 10 lainnya memberi reputasi
2 9
-7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ikatan Dokter Indonesia Ancam Mogok Tangani Pasien Corona
27-03-2020 19:27
geraknya lamban emoticon-Frown
(gua visit langsung ke bbrp RS, sampe ada tuh dokter ga bisa ambil tindakan apa2 karena ga ada APD yg memadai)

contoh case: di US, bbrp state, distillery atau moonshine maker di berdayain jadi produksi hand sanitizer dll.

mungkin disini bisa, gandeng bbrp konveksi/industri textile untuk produksi APD.
profile-picture
MUF0REVER memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia