joko.winAvatar border
TS
joko.win
RI Tak Ambil 'Lockdown' Hadapi Corona, Denny Siregar: Kebijakan Jokowi Sudah Tepat
Denny menilai pemerintah perlu menjaga kestabilan ekonomi agar dampak corona tidak merambat dan menjadi persoalan baru di bidang lainnya



JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pengamat politik sekaligus penulis Denny Siregar memuji langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak memilih lockdown negara sebagai jalan keluar atas serangan virus corona atau Covid-19.

Menurutnya, kestabilan di sektor ekonomi patut dijaga agar dampak corona tidak merambat dan menjadi persoalan baru di bidang lainnya.

“Kita tidak punya uang sebesar Amerika kalau ingin me-lockdown negara. Maka Jokowi fokus membangun jaring-jaring pengaman ekonomi, supaya dampak wabah tidak meluas,” kata Denny, seperti dikutip dari Tagar pada Jumat (27/3).

Dirjen Perhubungan Darat: Kalau Tidak Mudik, Mungkin akan Diberi Reward

“Ekonomi ini bahaya memang. Kalau virus bisa membuat beberapa orang meninggal, ekonomi bisa menghancurkan satu negara. Orang lapar bisa gelap mata. Dan jutaan orang lapar, mereka bisa saling memakan sesama,” sambungnya.

Denny menilai Jokowi sudah mengambil keputusan yang tepat. Ia menyebut kepala negara itu telah mengupayakan pembangunan ekonomi dengan berbagai cara di tengah merebaknya virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

“Kebijakan Jokowi sudah tepat. Ia fokus membangun rancangan ekonomi dengan menunda cicilan kredit untuk para pengusaha kecil dan pengemudi online, juga memberikan stimulus ekonomi pada bank-bank dan mengeluarkan kredit baru kepada pengusaha kecil sejumlah triliunan rupiah sampai harus mengeluarkan cadangan kas untuk menahan rupiah supaya tidak makin amblas. Ingat, Jakarta belum lockdown saja rupiah sudah tembus 16 ribu-an, apalagi di lockdown bisa runtuh ekonomi Jakarta sebagai pusat perputaran uang dan ekonomi Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meyakini Indonesia mampu menghadapi tantangan Covid-19. Ia mengapresiasi gerakan masyarakat yang ikut menyosialisasikan physical distancing atau menjaga jarak aman serta terus saling mengingatkan agar disiplin mematuhi protokol kesehatan tersebut.

Wabah Covid-19, Dirjen Pajak Hapus Sanksi Denda Keterlambatan Lapor SPT Tahunan

https://m.jitunews.com/read/116735/r...wi-sudah-tepat
Diubah oleh joko.win 27-03-2020 10:07
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.6K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.