tafakoer
TS
tafakoer
Koreksi Diri Sebelum Menyalahkan Sikap Pasangan
Siapa yang tak lelah dalam berkonflik? semua orang pastinya tak ingin hidupnya penuh dalam konflik. Di setiap perjalanan hidup sehari-hari tentunya setiap orang berupaya untuk menghindari konflik termasuk konflik dalam rumah tangga. Namun meskipun mencoba menghindar tetap saja konflik tak dapat dihindarkan hingga mau tak mau harus mencoba menghadapinya. Perdebatan dan percekcokan seringkali tak bisa dihindarkan begitu saja yang terkadang membuat diri tenggelam dalam setiap masalah yang ada.

Credit : tribunnews.com

Konflik memang ada di mana-mana termasuk dalam menjalani rumah tangga, namun meskipun begitu bukan berarti tanpa ada jalan keluar. Selama terus berusaha dengan maksimal tentunya setiap konflik dan permasalahan bisa di selesaikan dengan baik tanpa terlalu mempengaruhi perjalanan rumah tangga yang penuh lika-likunya. Kedewasaan dan kesiapan mental sangatlah diperlukan agar suami maupun istri siap dalam menghadapi konflik yang tak diduga datangnya.

Banyak pelajaran yang diambil dari setiap konflik atau permasalahan dalam rumah tangga, salah satu hal yang menarik untuk kita renungkan adalah jangan menyalahkan pasangan begitu saja. Setiap konflik tentu ada sebab, namun bukan berarti dengan cepat menyimpulkan siapa yang salah atau menyalahkan pasangan. Setiap permasalahan atau konflik yang terjadi tak selalu salah hanya satu pihak saja, terkadang kedua belah pihak pun pasti ada kesalahannya. Begitu juga konflik dalam rumah tangga pun baik suami atau istri pasti pasti ada salahnya. Sama halnya dalam menjalani hidup di masyarakat, dalam rumah tangga pun jangan mudah menyalahkan orang lain atau pasangan hidup kita.

Sebelum menyalahkan pasangan atas segala salah yang terjadi maka alangkah baiknya koreksi dan evaluasi diri sendiri apakah ada sikap diri sendiri yang salah. Bisa saja kesalahan tersebut karena ada kelalaian dan kesalahan diri sendiri. Seperti halnya mencari kesalahan orang lain, mencari kesalahan pasangan itu mudah dilakukan namun saat mencari kesalahan diri sendiri terlihat sulit. Mudahnya menyalahkan pasangan dan tak berkaca pada sikap sendiri inilah yang seringkali menimbulkan konflik-konflik yang tak perlu dalam rumah tangga. Menerima koreksi dari orang lain memang tak mudah untuk menerimanya, untuk itulah sebelum dikoreksi orang lain atau pasangan maka lebih baik koreksilah sikap diri sendiri jika ada yang salah.

Credit : okezone.com

Berhentilah bersikap mudah menyalahkan pasangan, alangkah baiknya sebelum menyalahkan pasangan carilah kesalahan diri sendiri agar bisa evaluasi diri untuk membangun rumah tangga yang lebih baik lagi. Dengan mengkoreksi diri baik dari sikap dan perilaku diri maka bukan tak mungkin pasangan pun akan melakukan hal serupa. Rumah tangga yang banyak masalah bukan tanpa sebab, tak jarang dari sikap mudah menyalahkan pasangan inilah yang seringkali menimbulkan masalah-masalah yang tidak semestinya terjadi. Ubahlah sikap kita dari sikap mudah menyalahkan pasangan menjadi sikap yang tak mudah menyalahkan pasangan dan bercermin pada sikap dan perilaku sendiri agar rumah tangga bisa berjalan dengan harmonis. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi, Pengalaman Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
NadarNadzswiitdebbytien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
3.7K
106
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.