• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Jangan Kaget, Motor Bebek Lawas Honda Ini Punya Transmisi 8 Percepatan

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Jangan Kaget, Motor Bebek Lawas Honda Ini Punya Transmisi 8 Percepatan
Kemarin kita sempat membahas soal Honda CT125 Reborn, motor tersebut baru saja dirilis di Jepang dan sudah mulai diproduksi massal.


Sama seperti Honda Super Cub 125, motor ini juga merupakan salah satu motor reborn yang diproduksi kembali untuk menghidupkan gairah pengguna motor bebek di era sebelum semuanya sudah banyak mengeluarkan lineup motor-motor modern.

Sedikit menyinggung soal sejarah, moped Honda Cub pertama kali diproduksi tahun 1958, selang 2 sampai 3 tahun berikutnya, Honda coba mengeluarkan varian terbaru bernama C100T Hunter Cub.



Kalau dilihat dari namanya sudah sangat jelas, motor ini diperuntukkan untuk keperluan berburu dan melibas jalanan ekstrim. Bahkan Honda merancang motor ini dengan melengkapinya seperti tempat untuk menaruh senjata dan senapan sejenisnya.

Untuk seukuran motor bebek, sprocket belakang Honda CT90/C100T ini memiliki ukuran yang cukup besar. Bukan semata-mata buat variasi saja, tapi Honda merancangnya untuk kebutuhan mendaki medan-medan yang ekstrim.

Tapi tentu ukuran sprocket yang besar tersebut sangat tidak cocok digunakan di jalanan urban atau jalan raya biasa. Solusinya adalah sprocket diganti dengan ukuran yang lebih kecil yang artinya si pengendara harus turun dan melepas roda belakang untuk menggantikan ke jenis sprocket yang lebih umum digunakan di motor bebek seperti ini.



Namun Honda punya cara tersendiri, mereka mengakalinya dengan inovasi yang cukup canggih dijamannya seperti membuat dua jenis sprocket depan yang bisa ditukar dengan cara manual. Honda menyebutnya dengan dua mode, yakni Trail Gear dan Road Gear.

Caranya pengendara dapat memindahkan posisi gear tersebut dengan memindahkan switch rod mekanik yang berada di bawah sprocket depan.

Kalau posisinya berubah menjadi trail gear, maka ukuran final gear ratio jadi lebih rendah, dan sebaliknya jika dipindahkan ke road gear maka final drive-nya lebih tinggi.



Itu artinya motor ini memiliki 8 jumlah gear, dengan formasi 4 trail gear dan 4 road gear. Dengan itu pengendara bisa merasakan feel yang berbeda meskipun sebenarnya masih dalam satu gearbox.

Referensi : tmcblog.com(22/3/2020).


nona212
feraldi2001
tien212700
tien212700 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
4K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.