Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
187
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7bf43610d2950c7f180562/namanya-tersebar-warganet-sebut-ada-kebocoran-data-pasien-virus-corona
Uji tes Corona memerlukan berbagai prosedur, salah satunya adalah pengisian data pasien yang seharusnya disimpan dengan aman oleh pihak rumah sakit. Belakangan, beredar sebuah utas Twitter yang menyebutkan data pribadinya, sebagai salah satu pasien COVID-19 telah tersebar.
Lapor Hansip
26-03-2020 07:15

Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona

Past Hot Thread
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona

Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
Isi Berita


*******

Kacau. Kerahasiaan data pasien itu dilindungi undang-undang. Apalagi untuk kasus Covid-19. Makanya pemerintah hanya menyebut istilah suspect 1, 2, dan seterusnya. Asal mulai terkena pun hanya disebut cluster. Jika sampai ada data yang bocor, artinya ada orang atau pihak yang sengaja membuat onar. Entah tujuannya apa. Tapi pastinya ini dilakukan oleh orang dalam yang tahu database.

Aparat penegak hukum harus segera bergerak menyelidiki hal ini. Kalau tidak, akan banyak orang yang malas memeriksakan diri. Bukan apa-apa, tipikal masyarakat Indonesia itu doyan menghakimi orang lain tanpa peduli dia salah atau benar, senang atau tidak, korban atau bukan. Mereka suka sok tahu dan sok pengen tahu.

Pembenaran nama orang-orang yang ODP atau PDP bisa membuat resah lingkungan sekitar dan sangat merugikan orang yang ditulis namanya serta keluarganya. Mereka akan dikucilkan dianggap sebagai pembawa bencana, seolah-olah mereka adalah biang kerok wabah virus ini.

Jangankan penderita. Mereka yang jelas-jelas berjuang demi kemanusiaan aja harus mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang sekitar.

Bisa dibayangkan berapa menyakitkan persoalan ini.

Harus segera diusut! Jangan sampai kasus ini dibiarkan begitu saja. Mustahil jika tidak ada orang yang sengaja membocorkan data ini.

Usut tuntas!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 20 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
19.1K Anggota • 634.1K Threads
Halaman 2 dari 9
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 08:23
Kandangin lah yg py akses, org dalem jg si menurut guaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 08:34
serba salah..pasien bocor d gunjingin d maki2...ga d kasih tau suspectnya gatau diri jalan2 bebas kek d solo kmrn..mau kek korea susah krn mental dongoknya dah mendarah daging warga 62 mah

khas negara dunia ke3
Diubah oleh elefana
profile-picture
profile-picture
falin182 dan leonard21 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 08:34
Australia aja udh mendekati angka 2000 orang pasien terinfeksi.

Gw ga tau harus optimis dgn rate orang2 yang terdeteksi di Indonesia atau malah was2. Karena Jokowi cenderung filter informasi untuk isu2 sensitif. Selain itu Australia udh melakukan 162.000 test, kita ga pernah ada informasi nya mengenai hal ini. Cuma berlagak hebat aja ngedatengin alat test ini, masker lah, itu lah. Ada berita udh ngembangin vaksin sendiri lah. Macam Korut aja, di besar2in kehebatan tapi ga jelas buktinya.
profile-picture
profile-picture
falin182 dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 08:39
Quote:Original Posted By xrm
Kalo bodoh gak usah sok deh


gimana si geek tolol.. koq malah lo terkesan memaksakan negara ini harus kena corona.. dibayar berapa lo sebagai buzzer buat ngebuzz berita corona ini biar bs jadi teror buat kaskuser?? hah!!
profile-picture
profile-picture
rama2929 dan localsecurity memberi reputasi
2 0
2
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 08:41
Quote:Original Posted By elefana
serba salah..pasien bocor d gunjingin d maki2...ga d kasih tau suspectnya gatau diri jalan2 bebas kek d solo kmrn..mau kek korea susah krn mental dongoknya dah mendarah daging warga 62 mah

khas negara dunia ke3


lah dia aja gak ada gejala corona koq.. tiba2 bs jadi suspect covid19.. ini mau target kejar setoran pasien corona ato piye?? jangan goblokin orang indo deh.. babik wuhan!! emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh zinaitudosa
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 08:41
ITULAH HEBATNYA SISTIM2 DI INDON +62. REGISTER NOMOR HP PUN MASIH BERSERAK PENIPUAN2.
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 08:45
Quote:Original Posted By AddIgonjbg
Ini virus jenis baru, seluruh dunia juga baru masih mempelajarinya dan sekelas USA aja korban mati hampir seribu.
Dan Anda mengharapkan diagnosa 100%?


baca beritanya gak si..

"Minggu lalu gua emang flu, batuk, dan demam, gua periksa ke klinik dan dirujuk ke RSUD. Gua test darah dan rontgen paru hasilnya semua normal. Dokter nanya gua kerja di mana, gua bilang di Jakarta. Dokter nanya naik KRL nggak? Gua jawab iya. Tau-tau dapet status ODP," jelas pemilik akun seraya melampirkan foto-foto bukti rontgen dan kunjungannya ke RSUD setempat.

Pas gua dapet status ODP, gua inget banget dokternya ngomong gini 'Semua yang naik KRL itu statusnya ODP, bahkan semua tenaga medis di sini juga ODP, jadi mas istirahat aja di rumah ya jangan kemana mana'. Kenapa tiba-tiba sekarang nama gua rame di mana-mana karena termasuk pasien COVID-19

darimana bs2nya dia masuk sebagai daftar pasien corona?? gilak yaa bangsanya sendiri digoblokin gini..
profile-picture
rama2929 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 09:01
Kalo ketemu yg nyebarin langsung proses hukum
profile-picture
profile-picture
putudodi dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 09:02
Quote:Original Posted By AddIgonjbg
Itu pengakuan dari pasien saja, blom ada penjelasan dari dokter yang memeriksa. Selama masih pengakuan sepihak ane no komen, bisa saja tdk sesuai fakta alias ngibul.
Btw ODP belum positif Corona.
Tau maknanya ODP dan PDP?


tau donk.. Orang Dalam Pengawasan.. dan Pasien Dalam Pengawasan.. dan jg bukannya yg bs mengeluarkan diagnosa apakah si orang ini ODP dan PDP kemenkes yak?? jadi dokter gak bs sembarang ngasi status PDP dan ODP??
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 09:09
jaman org pingin di 'like' di komen, di spiralkan dll... Bangsa Latah
0 0
0
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 09:50
Kerahasiaan sulit dijaga, karena sekarang tuh zamannya keterbukaan informasi, hampir semuanya pake hape yg bisa mengakses medsos.

Dan lagipula di negara +62 tuh rata2 pengen jadi yg terdepan dalam memberikan informasi, ada kebanggan tersendiri kalau dia orang pertama yg kasih informasi, baik di FB, IG atau di WA.
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 10:07
Maunya bagaimana loh?? Maunya diam diam ya? Apa gak kasihan orang lain yang dekat pasien kalau mereka tidak tahu , tapi tau tau ikut sakit...

profile-picture
coronagakure memberi reputasi
1 0
1
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 11:28
turut prihatin ..
0 0
0
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 12:21
listnya dapat drmana kok gw cari2 ga nemu
0 0
0
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 12:50
Ya jangankan sakit ginian, nomor ane aja suka kena spam judi dan pinjaman gak jelas.
0 0
0
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 15:03
Formulir Deteksi Dini Corona
0 0
0
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 15:34
Indonesia gitulah, dimana hal hal ajaib sering terjadi 😆
0 0
0
Post ini telah dihapus
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 15:42
ke banmed kong ?
profile-picture
aripmuh memberi reputasi
0 1
-1
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
26-03-2020 15:45
Quote:Original Posted By n4z1
Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona

Namanya Tersebar, Warganet Sebut Ada Kebocoran Data Pasien Virus Corona
Isi Berita


*******

Kacau. Kerahasiaan data pasien itu dilindungi undang-undang. Apalagi untuk kasus Covid-19. Makanya pemerintah hanya menyebut istilah suspect 1, 2, dan seterusnya. Asal mulai terkena pun hanya disebut cluster. Jika sampai ada data yang bocor, artinya ada orang atau pihak yang sengaja membuat onar. Entah tujuannya apa. Tapi pastinya ini dilakukan oleh orang dalam yang tahu database.

Aparat penegak hukum harus segera bergerak menyelidiki hal ini. Kalau tidak, akan banyak orang yang malas memeriksakan diri. Bukan apa-apa, tipikal masyarakat Indonesia itu doyan menghakimi orang lain tanpa peduli dia salah atau benar, senang atau tidak, korban atau bukan. Mereka suka sok tahu dan sok pengen tahu.

Pembenaran nama orang-orang yang ODP atau PDP bisa membuat resah lingkungan sekitar dan sangat merugikan orang yang ditulis namanya serta keluarganya. Mereka akan dikucilkan dianggap sebagai pembawa bencana, seolah-olah mereka adalah biang kerok wabah virus ini.

Jangankan penderita. Mereka yang jelas-jelas berjuang demi kemanusiaan aja harus mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang sekitar.

Bisa dibayangkan berapa menyakitkan persoalan ini.

Harus segera diusut! Jangan sampai kasus ini dibiarkan begitu saja. Mustahil jika tidak ada orang yang sengaja membocorkan data ini.

Usut tuntas!


Meski udh booming 2 mingguan ini, edukasi di masyarakat ttep aj rendah. Ky gni kok masi ad yg nuntut2 keterbukaan data pasien utk memudahkan tracing. Baru ktahuan lwat alamat aj udh ky gni dampaknya.
Mnurut w y harus ditelusur bocornya drmn, n hukum berjalan. Masyrakat akn chaos klw dh g percaya hukum.

Quote:Original Posted By zinaitudosa
tau donk.. Orang Dalam Pengawasan.. dan Pasien Dalam Pengawasan.. dan jg bukannya yg bs mengeluarkan diagnosa apakah si orang ini ODP dan PDP kemenkes yak?? jadi dokter gak bs sembarang ngasi status PDP dan ODP??


Mnurut w it jstru dokter yg bs memutuskan orng ini PDP atau ODP. Ketika dilihat paru2 normal, tp ad batuk demam pilek palagi ad riwayat bepergian pake KRL, ya masi beresiko lah.
Diubah oleh flyingfire
profile-picture
profile-picture
terserahlodah dan galuhsuda memberi reputasi
1 1
0
Halaman 2 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia