News
Batal
KATEGORI
link has been copied
70
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7b3cf8b41d307f8c583a2c/fakta-unjuk-rasa-karyawan-pabrik-di-tengah-wabah-corona
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona, Gaji Dibayar Separuh hingga Pemkab Turun Tangan KOMPAS.com- Ribuan karyawan pabrik pakaian dalam PT Bintang Karya Inti di Desa Karangsono, Kecamatan Karangrejo, Magetan, Jawa Timur menggelar unjuk rasa, Selasa (24/3/2020) malam. Unjuk rasa tersebut sempat diwarnai kericuhan hingga Pemerintah Kabupaten Magetan pun akhirnya turun tangan. Berik
Lapor Hansip
25-03-2020 18:14

Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona

Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona

Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona, Gaji Dibayar Separuh hingga Pemkab Turun Tangan

KOMPAS.com- Ribuan karyawan pabrik pakaian dalam PT Bintang Karya Inti di Desa Karangsono, Kecamatan Karangrejo, Magetan, Jawa Timur menggelar unjuk rasa, Selasa (24/3/2020) malam.

Unjuk rasa tersebut sempat diwarnai kericuhan hingga Pemerintah Kabupaten Magetan pun akhirnya turun tangan.

Berikut fakta-fakta mengenai unjuk rasa karyawan pabrik di Magetan:

Gaji dibayar separuh

Unjuk rasa diakukan lantaran karyawan hanya menerima separuh gaji dari yang seharusnya mereka terima.
Tanpa pemberitahuan, karyawan hanya menerima 50 persen besaran upah.

Menurut salah seorang karyawan, Siti, wabah corona dijadikan alasan perusahaan tidak membayar penuh kewajibannya pada karyawan.

"Pada ngumpul protes karena tanpa kesepakatan gaji kami hanya diberikan separuh," ungkap dia.

Wabah corona diklaim memengaruhi


Siti menjelaskan, perusahaan berdalih virus corona memengaruhi penjualan pakaian dalam.

"Alasannya corona, sehingga barang tidak bisa ekspor impor," tutur dia.

Lebih mengecewakan lagi, kondisi ini diprediksi akan berlangsung hingga bulan-bulan berikutnya.

"Perusahaan juga akan menggaji karyawan dengan separuh gaji hingga 3 bulan ke depan," katanya.

Siti menuturkan, biasanya mereka mendapatkan upah Rp 1,8 juta. Namun lantaran hanya dibayar separuh, karyawan hanya menerima Rp900.000,00.

Dimediasi Bupati

Gaji hanya dibayar separuh tanpa kesepakatan, rbuan karyawan perusahaan pakaian dalam di Magetan demo bakar ban di depan kantor perusahaan.
Bupati Magetan Suprawoto akhirnya turun tangan menenangkan massa aksi.
Sebab, aksi unjuk rasa sempat diwarnai kericuhan. Beberapa karyawan emosi dan melempar botol air mineral.

Akibatnya kaca mobil dan kantor pecah.

"Ada yang pecah, kaca sama mobil milik kabag produksi," tutur Siti.

Pemkab talangi gaji

Bupati Magetan Suprawoto mengemukakan, negosiasi yang digelar antara perusahaan dan karyawan gagal.

Akhirnya pemkab menjamin hak karyawan perusahaan pakaian dalam PT Bintang Karya Inti.

"Setelah (karyawan) negosiasi dengan perusahaan gagal, saya dengan Forkopimda datang jam 22.00 mencoba menengahi," kata Suprawoto.

Pemkab akan menalangi kekurangan gaji karyawan.

Perusahaan nantinya berhubungan langsung dengan pemerintah daerah mengenai persoalan gaji karyawan.

"Kami ambil solusi hak buruh kekurangan gaji, pemda yang menjamin. Perusahaan nanti hubungan dengan pemda," kata dia.
https://regional.kompas.com/read/202...page=all#page4


profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 21:00
Quote:Original Posted By Ahyau
Perusahaannya salah juga sih, coba jelasin dulu kondisi perusahaan lagi sulit, mungkin karyawan pada maklum digaji separuh, drpd tutup.




Yah, kalo ane pengusaha juga mungkin berpikiran sama. Mabok di demo mulu disini mah.


Blum tentu buruh mau dengar mah apalagi ada embel" asosiasi emoticon-Cape deeehh dikasih setengah gaji itu itungan masih syukur drpd g digaji sama sekali
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 21:02
Quote:Original Posted By Betjanda
Ini yg gw takut kan... Entar habis corona pabrik pada cabut emoticon-Frown

Lu mau makan apa tong emoticon-Mewek


mau cabut kmn emangnya? sebutin aja daerah atau negara yg ga kena covid dan ekonominya lg compang camping emoticon-Big Grin
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 21:07
ga punya otaakkk....
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 21:25
Banyak pabrik di Bangladesh, kamboja dan Vietnam tutup Karena corona, dimari masih mending bisa operational biar upah cuma separuh, dasar buruhnya aja gak tau diuntung, cocoknya pabrik pindah aja keluar negeri
Diubah oleh jeffm12
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 21:26
harusnya tuh didiskusiin dulu lah ama perwakilan karyawan minimal.. jgn asal potong gaji aja, efeknya jg banyakkan.. karyawan gk puas, kantor dirusak, perusahaan dpt peringatan jg dr pemerintah pastinya
profile-picture
profile-picture
mhmmd08 dan jeffm12 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 21:36
Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un

nalarnya mati
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 22:23
kasih aja pak beserta pesangon sekalian dan sekalian kasih tau abis itu kagak usah kerja disitu lagi, ane yakin banyak kok yang antre masuk pabrik setelah wabah corona ini usai
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 22:26
Ane memahami alasan perusahaan, dan mereka udah mencoba ngasih kebijakan semampu mereka. Tp nggak semua orang mau memahami dari sisi mereka yg usaha, apalagi kalau ada kompor yg cuma bisa nyalain tapi nggak bisa padamin.
profile-picture
lickmyballs memberi reputasi
1 0
1
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 22:26
Pemkab nya baik
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 22:30
Korona merusak segala aspek kehidupan. Kasian buruhnya dan perusahaanya juga. Semoga dapet jalan yang terbaikemoticon-Frown
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 22:37
Kasih aja sih sisanya, mungkin itu gaji terakhir mereka + santunan duka cita
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 22:49
hadehh... demonya pas corona lagi marak-maraknya
duh semoga aja pada aman tuh semua pendemo dari wabah corona
serem juga ih,...
soalnya kalo ndak salah magetan udah ada yang kena corona juga kan yak
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 23:00
Quote:Original Posted By Shyesun.pucha
waduh... agak kejem juga sih gan
tapi haruse para karyawan juga menyadari kondisi sekarang ini kan
perusahaan ya nggak bisa merugi terus juga di masa corona ini
kalo udah hilang coronanya, kan juga bakal balik seperti semula perekonomian


biasanya menjelang hari puasa gini ada sebagian buruh pabrik yang di pecatin bre alesannya ngehindarin THR buat menghemat pengeluaran perusahaan itu waktu di tahun biasa apalagi ditahun yang sulit seperti ini ane yakin perusahaan juga dengan entengnya ngerumahin para buruh toh bukan pekerja tetap tapi pekerja kontrak
profile-picture
Shyesun.pucha memberi reputasi
1 0
1
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 23:02
Quote:Original Posted By lickmyballs
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona


0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 23:06
Kedepannya, daripada bayar setengah gaji, mending setengah karyawan di phk sajah, biar gaji tetep full.
Klo sama2 bijak, sebenernya bisa aja perusahaan ketika ngasih gaji yg separuh itu bilang ke karyawan klo separuhnya lagi ngutang dulu. Dan karyawan juga harusnya memahami. Tapi ya begitulah endonesahh...
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 23:17
Ati2 aja tuh pemda, kalau sampe dia ngasi hibah ke perusahaan swasta bakalan kena kasus, kalau dia mau ngasi pinjaman ke swasta mekanisme nya rada ribet. Korona ngga bisa jd alasan buat nalangi yg begitu2. Kalau buat belanja bansos malah bisa, kasi lsg ke masyarakat.
profile-picture
profile-picture
mabukmurah dan lickmyballs memberi reputasi
2 0
2
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 23:25
Quote:Original Posted By hirak0
biasanya menjelang hari puasa gini ada sebagian buruh pabrik yang di pecatin bre alesannya ngehindarin THR buat menghemat pengeluaran perusahaan itu waktu di tahun biasa apalagi ditahun yang sulit seperti ini ane yakin perusahaan juga dengan entengnya ngerumahin para buruh toh bukan pekerja tetap tapi pekerja kontrak


Bener juga sih gan
Didaerah ane juga banyak tu yang tetiba mutus kontrak kalo menjelang puasa..ky e emang biar nggak ngeluarin duit thr deh...
Soale kerabat ane yang kerja di pabrik kena gitu tahun lalu
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
25-03-2020 23:34
Pabrik pakaian dalam? Pailitkan aja, selesai mati argo.
Di tengah krisis wabah, org jg gak mikir pakaian baru. Cash flow darimana buat bayar gaji.
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
26-03-2020 00:07
Quote:Original Posted By red.bezos
mungkin setelah corona usai, para investor bakal pindahin pabriknya ke malaysia, thailand, filipina, vietnamemoticon-Ngakak

ane juga kalo jadi investor, pusing sering demo buruh kitaemoticon-Leh Uga

BATA!


Iya gan serba salah sih soalnya situasi nya lagi kaya gini. Mau gamau semua pihak rugi
0 0
0
Fakta Unjuk Rasa Karyawan Pabrik di Tengah Wabah Corona
26-03-2020 00:08
Quote:Original Posted By u12c
Kedepannya, daripada bayar setengah gaji, mending setengah karyawan di phk sajah, biar gaji tetep full.
Klo sama2 bijak, sebenernya bisa aja perusahaan ketika ngasih gaji yg separuh itu bilang ke karyawan klo separuhnya lagi ngutang dulu. Dan karyawan juga harusnya memahami. Tapi ya begitulah endonesahh...


Yaaa bener juga sih gan tapi menurut ane kalo PHK juga bakal pada demo karena jatoh nya serba salah
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia