makobarnewsAvatar border
TS
makobarnews
Benarkah Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi Corona Covid-19?

Ilustrasi Virus Corona (Gettyimage)


makobar.com - Golongan darah A pada manusia berpotensi lebih rentan terinfeksi Virus Corona Covid-19.

Peneliti menganalisa sampel darah dari hampir 2.200 pasien Covid-19 di China, serta puluhan ribu orang sehat. Mereka menemukan dengan golongan darah A memiliki risiko terpapar Covid-19 yang secara signifikan lebih tinggi.

Dilansir dari laman sindonews, sebaliknya mereka yang memiliki golongan darah O memiliki risiko yang jauh lebih rendah. Temuan ini muncul di situs medRxiv. Di sini, para peneliti kesehatan menerbitkan studi sebelum mereka menjalani proses review yang diperlukan oleh jurnal.

Para peneliti menyebutkan, perbedaan terkait golongan darah dalam risiko Covid-19 disebabkan oleh antibodi tertentu dalam darah. Tetapi studi lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.

Temuan bahwa golongan darah dapat memengaruhi risiko Covid-19 bisa menjadi penting bagi petugas kesehatan yang merawat pasien Covid-19. Pasalnya, mereka dengan golongan darah A perlu perlindungan pribadi yang lebih kuat untuk mengurangi kemungkinan infeksi.

Selanjutnya, orang dengan golongan darah A memerlukan pengawasan yang lebih waspada dan pengobatan yang agresif.

Selain itu, peneliti mengidentifikasi golongan darah seseorang sebagai bagian rutin dari mengobati Covid-19 dan infeksi coronavirus lainnya.

Gao Yingdai, seorang peneliti dari State Key Laboratory of Experimental Hematology di Tianjin, mengatakan kepada South China Morning Post bahwa penelitian ini terbatas, karena ukurannya yang kecil dan tidak menawarkan penjelasan untuk temuannya.

"Studi itu mungkin bermanfaat bagi para profesional medis, tetapi warga biasa tidak boleh menganggap statistik terlalu serius. Jika Anda tipe A, tidak perlu panik. Hal itu bukan berarti Anda akan terinfeksi 100%. Jika Anda tipe O, itu tidak berarti Anda benar-benar aman juga. Anda masih perlu mencuci tangan dan mengikuti pedoman yang dikeluarkan oleh pihak berwenang," pungkas Gao (mc/min)


Artikel Asli
Diubah oleh makobarnews 25-03-2020 04:40
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.