mbah.kinclongAvatar border
TS
mbah.kinclong
Rekomendasi manga-manga terbaik buat menemani masa libur lu
tadi lagi iseng2 liat list manga di MAL ane, tiba2 kepingin bikin thread kaskus buat rekomen manga, so here we are.







ane bakal kasih rekomen per genre yang menurut ane terbaik dalam genre tersebut







disclaimer : ane gak baca beberepa genre co/ shoujo, mecha, jousei, yaoi, yuri jadi kayaknya gak bakal ane masukin
disclaimer 2 : its all purely based on my oppinion, so please no hate.













ps : udah lama gak buka kaskus dan bikin thread, semoga tetep bermanfaat.











Action







Shin Angyo Onshi














Genres : Action, Adventure, Drama, Fantasy





Status : Finished






Yup ini sebenernya manhwa bukan manga, tapi gak seperti manhwa" yang kebanyakan yang beredar saat ini (webtoon), manhwa yang satu ini masih memiliki feel seperti sebuah manga jadul, dari art style nya dan juga jalan ceritanya. manhwa ini bercerita mengenai mensu, dia adalah seorang angyo onshi (agen pemerintah) terakhir di negrinya. dia berkelana untuk menegakan keadilan dari sudut pandangnya sendiri. awal ceritanya memang agak sedikit lamban tapi setelah beberapa chapter main story nya mulai diangkat dan jadi semakin seru. satu hal yang menurut gua lebih penting dari story buat action manga adalah fighting scenenya, mau sekompleks apapun ceritanya kalo fighting scene nya abal" ane  gak bakal tertarik. untungnya manhwa ini memili art style yang cocok dan fighting scene yang hype bnget, kalo ente suka manga" macam berserk/vagabond ane yakin bakal suka manhwa ini.















Overall rating 9 buat manhwa ini

Honorable mention : 

- Koroshiya 1, Action, drama, horror.

- Akumetsu, Action, drama, psychological.
- vagabond, Action, history, samurai.

Mistery

20th Century boys










Genres : Misteri, Drama, Psychological.



Status : Finished.




20th century boys adalah manga yang bercerita seputar kenji edo tokoh utama kita dan teman-teman masa kecilnya, dimana suatu ketika sebuah "cult" mulai beredar luas di jepang dan pengaruh "cult" itu semakin membesar, anehnya kelompok pemujaan itu terus-menerus menargetkan tokoh utama kita, kenji edo. hal yang paling gua suka dari manga ini walaupun ceritanya bener2 rumit dan banyak bagian yang lompat-lompat timeline, manga ini tetep mudah dicerna dan plotnya juga gak berantakan. untuk masalah karakter mungkin secara fisik agak susah dibedakan karena mereka lumayan mirip tapi secara sifat mereka memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan juga mereka punya keunikannya masing2.







Overall rating 9 buat manga ini

Honorable mention : 

- Monster, Misteri, Action , Crime, Psychological.

- Apocalypse no Toride, Misteri, Horor, Action, Sci-fi
- Yakusoku no neverland, Misteri, Horror, Psychological.



Mecha
Bokurano




Genres : Mecha, Drama, Psychological, seinen

Status : Finished.


Sebenernya ini manga bukan berfokus kepada Mecha nya, lebih ke drama sama psychological nya cuman karena gua jarang banget baca manga mecha jadi gua masukin aja dimari, so anyway manga ini bercerita mengenai 15 bocah yang sedang menjelajahi gua, didalam gua tersebut mereka bertemu sebuah pria yang bernama kokopelli, dia pun menawarkan bocah2 itu untuk bermain sebuah permain dimana kelompok bocah itu akan mengendalikan sebuah robat besar/mecha untuk memerangi alien yang mau menyerang bumi. turn out "permainan" itu benar2 nyata, dan terlebih lagi setiap mereka berhasil mengalahkan alien salah satu dari ke-15 bocah itu akan ada yang mati. manga ini menonjolkan development setiap karakter/bocah2 itu dalam menghadapi mahluk asing yang ingin menghancurkan bumi dan bagaimana reaksi mereka terhadap fakta bahwa salah satu dari mereka akan mati setiap berhasil melaksanakan tugasnya. siap2 aja tisu bagi kalian yang lemah sama cerita2 yang ngancurin perasaan kaya ini.






Overall rating 9 buat manga ini


Martial Arts

The Breaker



Genre : Martial Arts, School, Comedy


Status : Finished.

Manhwa lainnya yang masuk rekomendasi ane. sebenarya dalam segi cerita manhwa yang satu ini tidak bisa dibandingkan sama manga2 yang gua sebut sebelumnya, its good but definetly far from the best. yang paling menonjol mungkin dari art style dan  fighting scenenya.satu hal yang membedakan manga genre ini dari action yang lain adalah realisme (? semoga gua milih kata yang benar), walaupun setidak masuk akal ceritanya, ketika fighting scene digambar manga martial arts yang bagus itu  bisa menggambarkan dengan jelas gerak tubuh karakternya dan yang terpenting impact serangannya sampai bisa dirasa pembacanya. yah manhwa ini adalah tipe2 bacaan yang walaupun  tidak memiliki ceritanya yang luar biasa tetapi tetap bisa meng-hype para pembacanya.





Overall rating 9 buat manhwa ini

Honorable mention : 

- Holyland, Martial arts, Action, Psychological

- Shijou Saikyou no Deshi Kenichi, Martial  arts, Comedy, Ecchi


Sports

Slam dunk




genre : Sport, Drama, School
Status : Finished.

probably one the best manga i've ever read. dari art, cerita, karakter, semuanya hampir perfect. Tokoh utama yang eksentrik,  cerita yang simpel tapi bikin ketagihan, dan yang paling penting menjungjung tinggi tradisional olah raga nya yang gak aneh2/ punya kekuatan aneh2, its pure sport. Gua cuman bisa bilang GO read it, definetly worth your time.






Overall rating 10 buat manga ini

Honorable mention : 

- Kokou no Hito, Drama, Sport

- Rough, Drama, Sport, Romance, Comedy
- Miyuki, Drama, Sport, Romance


Drama



Oyasumi punpun








manga ini menceritakan perjalan seorang pemuda yang bernama punpun dimana dia menghadapi cinta pertama, menghadapi pubertas, mengalami perubahan  sudut pandang dunia yang dilihatnya dirakarenakan kedewasaannya. manga ini berhasil menangkap berbagai macam emosi, sedih, marah, cemburu, gembira dengan art yang menurut ane luar biasa untuk sebuah manga drama. topik yang dibawa manga ini juga cukup berat dan dark. this is a overly depressing yet relatable story, so go check it out. ane juga nyaranin buat baca manga2 buatan inio asano yang lain.





Overall rating 9 buat manga ini

Honorable mention :

-Saishuu Heiki Kanojo, Drama, Romance, Sci-fi

- Jumyou wo Kaitotte Moratta. Ichinen ni Tsuki, Ichimanen de., Drama, Romance, shounen

Romance

Densha Otoko: Net Hatsu, Kakueki Teisha no Love Story


 Genre : Romance

Status : Finished.


Manga ini simpel, heart warming, dan based on true story. manga ini bercerita mengenai seorang otaku yang jatuh cinta terhadap wanita yang ia temui di kereta bawah tanah. dia yang jarang sekali ber komunikasi dengan wanita mencoba melampaui rasa takut, malu dan insecure nya untuk memberanikan diri dalam mendekati wanitu itu. dalam melakukan pendekatan dia juga dibantu dengan member forum online yang sering ia kunjungi. yang paling gua suka dari manga ini adalah bagaimana orang-orang asing yang gak kenal si tokoh utama semangat dalam memberikan love advice ke tokoh utamanya. bener2 bikin senyum sendiri.




Overall rating 10 buat manga ini

Honorable mention :

-Hoshi no Furu Machi, Romance, Drama, School

- Maison Ikkoku, Komedi, Drama, Romance

- Yume de aetara, Romance, Drama

- Living Game, Romance, Drama, Slice of life

Supernatural

Spirit  Circle



Genres : Supernatural, Action, Drama

Status : completed


ane dah banyak  baca manga tentang reinkarnasi, tapi ini manga menurut ane yang paling bagus dari semuanya. dari segi art nya mungkin memang gak bagus-bagus banget tapi dari plot dan cerita ini manga luar biasa unik. walaupun akhirannya agak sedikit aneh, manga ini tetep top emoticon-Jempol



Overall rating 10 buat manga ini

Honorable Mention :
- Homonculus : supernatural, Psychological

Harem

Io





Genere : Romance , Harem , Ecchi, Comedy

Status : Finished.

Jarang-jarang nemu manga harem + ecchi yang punya jalan cerita/ plot yang bener + karakter tokoh utama yang gak nyebelin. yang paling menonjol si menurut ane art style nya dari manga ini, tapi tokoh-tokoh di manga juga gak kalah menarik. untuk jalan ceritanya walaupun agak lambat karenya banyak fan service maklum komik ecchi, ceritanya tetep well writen dan bikin ane tetep tertarik untuk ngebaca manga ini. so basically a hidden gem.





Overall rating 9 buat manga ini

Honorable Mention :
- I"s, Drama, Romance, Harem

- Love riror, Romance, Harem, Comedy
- Um no misaki, Romance, Drama, Harem


Untuk sekarang cukup segini dulu
punggung ane dah sakit emoticon-Ngakak

mungkin nanti bakal ane update, karena masih ada beberapa genre yang pengen ane rekomen

untuk yang mau check MAL ane
silahkan dimari
https://myanimelist.net/profile/catefr

ok sekian
kumaniaks
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 26 lainnya memberi reputasi
27
16.2K
117
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Manga, Manhua, & Manhwa
Manga, Manhua, & Manhwa
icon
2.3KThread5.6KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.