kulitkacang10
TS
kulitkacang10
Menilik Kemungkinan Indonesia Membangun RS Kilat untuk Corona
Quarter pertama tahun 2020 diawali dengan meledaknya Virus Corona yang menjangkiti hampir seluruh negara di dunia. Virus yang berasal dari Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok ini menyebar sangat cepat ke seluruh penjuru dunia hingga akhirnya kini hinggap di Indonesia. Banyak upaya telah dilakukan untuk menekan jumlah pasien positif corona diantaranya dapat berupa lockdown, social distancing, penggunaan masker dan hand sanitizer, dan sebagainya. Bahkan di Tiongkok sendiri, pemerintah setempat sampai membangun sebuah rumah sakit khusus COVID-19 yang diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.


Sumber: liputan6.com

Menilik aksi tanggap Pemerintah Tiongkok dengan membangun rumah sakit khusus penanganan COVID-19 menimbulkan pertanyaan menarik. Dapatkah kita membangun rumah sakit kilat seperti yang dilakukan Tiongkok?Terlebih saat ini jumlah pasien yang terjangkit virus ganas ini meningkat eksponensial dari waktu ke waktu. Sulit dikendalikan penyebarannya disebabkan karena satu dan lain hal.

Jawaban dari pertanyaan itu adalah, BISA. Indonesia jelas masih memiliki kemungkinan untuk melakukan hal yang sama dengan membangun rumah sakit khusus. Sebelumnya, harus diluruskan bahwa masalah ini sendiri sebaiknya tidak dilihat dari segi teknis. Insinyur-insinyur konstruksi dari Indonesia saya yakin cukup mumpuni dan mempunyai kapabilitas untuk melaksanakan konstruksi super cepat seperti itu. Kita bisa melakukannya sebaik yang Tiongkok lakukan. Sebaliknya, faktor yang harus diperhatikan dalam konteks ini adalah dari segi manajerial. Pembiayaan proyek adalah hal yang vital terutama dalam menentukan durasi proyek konstruksi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjabaran faktor-faktor yang harus diperhatikan jika ingin membangun RS Super Cepat:

Quote:


Sumber Tulisan:
Pemikiran TS

Sumber Gambar:
Google Images
Diubah oleh kulitkacang10 24-03-2020 10:02
anasabilasebelahbloginfinitesoul
infinitesoul dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1K
32
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.