hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
Istilah-istilah Terkait Virus Corona, Mau Tau? Cek di sini!


Pada akhirnya virus Corona telah menjadi wabah yang sudah mengancam seluruh dunia. Informasi-informasi mengenai hal virus ini telah mudah sekali didapatkan. Hampir semua media memberitakan tentang Corona, tak terkecuali dengan Indonesia. Kedatangan Covid-19 ke negeri ini memang baru saja terjadi, sebelumnya Indonesia masih sangat aman. Namun, tiba-tiba situasi berubah ketika pemerintah mengumumkan secara resmi yang mana disampaikan langsung oleh presiden Jokowi. Tindakan serius diambil langsung oleh pemerintah dengan membuat Satgas Corona yang langsung di bawah komando BNPB.

Maka dari itu, seiring dengan perkembangan Corona yang setiap harinya bertambah. Masyarakat Indonesia pun mendapatkan istilah-istilah yang terdengar asing terkait Corona. Apa sajakah itu? Kuy scrool ke bawah!

1. Covid-19



Istilah ini diberikan langsung oleh WHO sebagai badan PBB yang fokus kepada kesehatan. Istilah tersebut ternyata memiliki arti. Kata Co merupakan untuk penggunaan corona, sedangkan Vi yaitu virus dan D berarti disease yang mempunyai arti penyakit. Kemudian angka 19, yakni 2019 yang menandakan sebagai tahun munculnya Corona.

2. Lockdown



Istilah lockdown diambil dari bahasa Inggris yang memiliki arti terkunci. Kemudian, kata tersebut dipakai untuk menangani virus Corona. Bermakna bahwa wilayah yang telah terpapar virus Corona akan terkunci dan ditutup aksesnya untuk warga dari daerah lain. Hal ini bertujuan agar Corona tidak menyebar ke daerah lain.

Tidak hanya terkunci pintu keluar masuk wilayah tersebut saja, tapi juga penutupan ruang publik, transportasi umum, dll. Ditambah dengan dibatasinya aktivitas warga yang daerahnya telah terjangkit Corona.

3. Social Distancing



Istilah sosial distancing ini memiliki makna menjaga jarak antara sesama manusia, tidak melalukan kontak secara dekat, menjauhi keramaian, menghindari perkumpulan atau pertemuan yang melibatkan orang banyak. Sosial distancing ini bertujuan agar tidak terjadi penyebaran virus di antara sesama.

4. Work From Home (WFH)



Istilah satu ini juga menjadi hal yang baru terkait Corona. Work from home (WFH) yang berarti bekerja dari rumah. Maksudnya adalah para pegawai tak perlu bekerja di kantor akan tetapi bisa melaksanakan tugasnya dari rumah dengan cara sistem online. Namun, istilah ini juga berlaku untuk aktivitas lainnya seperti sekolah, bahkan ibadah.

5. Imported Case dan Local Transmission



Imported case berarti seseorang terjangkit saat berada di luar wilayah di mana pasien tersebut melapor. Misal ada pasien yang telah positif Corona, namun diketahui bahwa ternyata si pasien tersebut ternyata telah terjangkit virus di luar Indonesia, sebab baru ke luar negeri.

Sedangkan Local Transmission ialah tertularnya pasien positif Corona masih di Indonesia.

6. Pandemi



Istilah ini digunakan untuk Corona dan telah ditetapkan oleh WHO sebagai bencana pandemi. Hal ini dikarenakan virus tersebut telah menjangkiti seluruh dunia secara global dengan korban yang banyak.

7. ODP



ODP sendiri merupakan singkatan dari Orang dalam Pemantauan. Hal ini ditujukan kepada orang yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri yang mana negara dikunjungi tersebut telah terdampak Covid-19. Namun, ODP ini belum menunjukkan gejala terserang virus atau telah menunjukkan salah satunya saja. Biasanya dianjurkan untuk mengisolasi secara mandiri di rumah.

8. PDP



PDP sendiri adalah kepanjangan dari Pasien dalam Pengawasan. Adapun kriteria dari PDP ini adalah orang tersebut telah terjangkit gejala yang menunjukkan Corona seperti suhu tubuh mencapai 38 derajat celcius, tenggorokan sakit, batuk, pilek, serta sesak pernapasan, infeksi paru-paru.

Tindakan untuk kategori ini adalah dilakukan pemeriksaan kepada orang tersebut. Dan orang-orang sekitarnya juga akan dipantau secara ketat.

9. Suspect



Suspect atau berarti juga terduga merupakan pasien yang sudah menunjukkan gejala Corona. Biasanya pasien tersebut akan dipantau secara ketat dan diambil sampel untuk diuji di laboratorium. Dan dirawat intensif di rumah sakit.

10. Fasyankes



Istilah ini juga merupakan singkatan dari Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Yakni di mana fasilitas yang digunakan bertujuan untuk upaya pelayanan kesehatan.

11. Isolasi dan Karantina



Istilah keduanya masing-masing digunakan untuk penanganan pasien Corona. Isolasi adalah sebuah penanganan yang diperuntukkan pasien yang telah positif Corona. Sedangkan karantina untuk mereka yang belum terjangkit atau sudah sedikit menunjukkan gejala Corona.

12. Hazmat Suit



Adalah pakaian yang digunakan untuk mengevakuasi pasien Corona. Biasanya dipakai oleh dokter, perawat, atau para relawan yang ditugaskan untuk menangani virus tersebut.

13. Hand Sanitizer



Merupakan cairan yang dipakai untuk mencuci tangan sebagai pencegahan Corona.

14. Screening Pasien



Adalah istilah yang digunakan untuk pemisahan antara pasien yang positif atau negatif Corona. Juga digunakan untuk memeriksa masyarakat demi melihat kesehatan masing-masing.

Nah, itulah istilah yang selama ini terasa asing namun telah menjadi populer di masyarakat seiring menyebarnya Corona. Jika ada yang tertinggal mari berkomentar!

Sumber :

1

2
Diubah oleh hvzalf 22-03-2020 15:40
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 26 lainnya memberi reputasi
27
7.8K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.