• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain

KatakhoiAvatar border
TS
Katakhoi
Kita Semua Wajib Tahu, Inilah 5 Cara Menumbuhkan Rasa Empati Satu Sama Lain


Selamat malam kaskuser dan pembaca setia akun katakhoi. Semoga selalu berada dalam lingkaran kebaikan dan kebahagiaan dan jangan lupa jaga kesehatan.

Dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI) empati yang berarti keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan dan perasaan yang sama secara mendalam. Seperti yang kita tahu, bahwa di antara milyaran manusia di bumi ini tidak semua memiliki rasa empati terhadap manusia lainnya. Namun, meski begitu tidak sedikit juga manusia yang masih memiliki rasa empati terhadap manusia lainnya.

Sayangnya, jika rasa empati ini tidak mulai diajarkan sedari dini maka tidak menutup kemungkinan bahwa hati dan pikiran seseorang akan tumpul pada rasa empati itu. Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendiri. Melainkan membutuhkan manusia lainnya untuk saling melengkapi dan bahkan saling membantu dan meringankan beban satu sama lain. Maka dari itu mengapa perlunya rasa empati terhadap sesama manusia untuk kelangsungan hidup.




Dan untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan di bawah ini tentang 5 cara menumbuhkan rasa empati satu sama lain.

1. Jika orang lain kesusahan, bayangkan jika kamu berada di posisi itu



Perlu kita ketahui, bahwa saling membantu satu sama lain adalah bentuk cinta kasih kita terhadap orang lain. Jika orang lain atau orang-orang di sekitarmu sedang berada dalam kesusahan, tunjukkan empatimu dengan membantu meringankan sedikit atau banyak bebannya. Bayangkan jika yang berada dalam posisi kesusahan itu adalah dirimu. Pasti kamu berharap akan ada orang yang masih menunjukkan rasa simpatinya untukmu. Jika hati dan pikiranmu terbuka, hal ini akan membuatmu sadar betapa pentingnya berempati kepada sesama manusia.

2. Cobalah untuk menjadi orang yang terbuka untuk semua orang



Sebagai manusia yang tidak akan pernah terlepas dari manusia lainnya, cobalah untuk belajar membuka diri dan terbuka untuk siapa pun itu. Dengan menjadi orang yang terbuka, rasa empati dalam dirimu akan begitu peka terhadap orang-orang di sekelilingmu. Dengan menjadi orang yang terbuka, kamu akan begitu mudah memahami orang lain, bahkan sekaligus beban dan masalah hidupnya.

Quote:


3. Ingat baik-baik hal ini: segala perbuatan baik akan berbalik baik juga



Menunjukkan rasa empati kepada manusia lainnya adalah perbuatan baik yang mampu menciptakan kebahagiaan sekaligus ketenangan bagi orang lain. Percayalah, segala perbuatan akan kembali baik juga. Jangan pernah bosan menebar kebaikan dengan berempati kepada orang lain. Bisa jadi suatu saat orang lain lah yang akan berempati kepadamu dan tentunya membantu meringankan bebanmu.

4. Belajarlah menilai sesuatu dari sisi baiknya dulu


Terkadang tidak sedikit mereka yang hanya melihat, langsung menghakimi orang lain tanpa tahu alasannya seperti apa. Itulah yang membuat nurani seseorang tertutup untuk bersimpati kepada manusia lainnya. Cobalah dan biasakan diri untuk menilai segala sesuatu itu dari sisi baiknya dulu. Sampai kapan pun rasa simpati tidak akan tumbuh di hatimu, jika setiap sesuatu kamu lihat dari sisi buruknya saja.

5. Hidup tidak akan selamanya seperti itu, bayangkan suatu saat kamu hidup sendiri dan tidak ada yang membantumu



Jika hari ini keadaanmu sedang sehat, jika hari ini kondisi ekonomimu di atas rata-rata, jika hari ini ada begitu banyak yang menyayangimu, jangan dulu bangga! Bayangkan, jika yang kamu miliki hari ini adalah yang kamu rindukan keberadaannya suatu saat nanti. Bayangkan jika kamu kehilangan semuanya dan kamu sangat membutuhkan rasa empati dari orang lain. Bayangkan hal itu! Kamu akan sadar betapa berharganya dan pentingnya rasa empati terhadap satu sama lain.

Nah, itulah penjelasan dari 5 cara menumbuhkan rasa empati satu sama lain. Semoga kita adalah orang-orang yang begitu peka terhadap segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar.

Narasi: opini sendiri
Sumber gambar:
Di sini
Di sini
Di sini
Di sini
Diubah oleh Katakhoi 23-03-2020 23:04
kumaniaks
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.4K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.