KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Pengendara Mobil, Jangan Nyalip Pada Kondisi ini ya!

Nyalip kendaraan di jalan raya gak bisa dilakuin seenaknya aja. Pengendara wajib tau kapan momen yang pas untuk nyalip pengendara lain. Jika nyalip di waktu yang tidak tepat, maka peluang untuk terjadinya kecelakaan akan makin besar.

Ada beberapa momen atau waktu yang tidak pas untuk menyalip pengendara lain dan ini sangat bahaya sekali untuk dilakuin.


Nyalip di tikungan

Khusus untuk jalanan yang 2 lajur dan 2 arah, sangat disarankan pengemudi untuk melihat marka jalan terlebih dahulu sebelum nyalip pengendara lain, apalagi nyalipnya di tikungan. Sebenarnya nyalib di tikungan sangat tidak disarankan GanSis, karena beresiko cukup besar, apalagi kondisinya mobil dari arah yang berlawanan tidak keliatan dari kejauhan.

Nyalip tidak didukung dengan akselerasi yang mantap

Akselerasi mobil pada saat nyalib sangat dibutuhkan GanSis. Apabila pada saat nyalip, mobil tidak bisa memacu kendaraan nya dengan cepat, maka akan mengakibatkan mobil akan terjebak pada kondisi yang tidak diinginkan. Misalnya tiba – tiba ada mobil yang datang dari arah berlawanan. Kalau ada nemu orang nyalib dengan kecepatan pelan, kemungkinan besar tuh orang udah bosan hidup

Nyalip dengan tiba – tiba dan gak pake lampu sein

Nah, kalau yang satu ini cukup sering ditemuin di jalanan GanSis. Banyak pengendara yang pengen buru – buru nyampe tujuan dengan nyelip sana sini tanpa mempertimbangkan keselamatan orang lain. Bahayanya lagi, terkadang mereka juga gak menggunakan lampu sein ketika hendak menyalib. Tindakan seperti ini bisa membuat pengendara lain jadi kaget dan bikin bahaya.

Gak sabaran

Kembali lagi ke momen dan timing pas waktu mau nyalib GanSis. Butuh kesabaran untuk mencari momen yang pas ketika hendak menyalib. Pengendara harus sudah memperhitungkan dengan mantap ketika hendak menyalip. Jangan sampai nanti malah ngebahayain diri sendiri. Sabar aja dulu, ntar juga ada waktu yang pas buat nyalib....

Nyalip gak satu per satu

Pada jalanan 2 lajur dengan 2 arah, pengendara sangat disarankan untuk tidak menyalip berbarengan di belakang mobil lain. Hal ini sangat berbahaya, karena ditakutkan pada saat mobil pertama selesai menyalib, ada pengendara lain yang datang dari arah berlawanan.

Tidak fokus

Nah ini juga sering terjadi nih GanSis. Biasanya bagi mereka yang udah banyak pengalaman dalam hal mengemudi, sering kali nyalip sambil ngobrol ama penumpangnya. Hal ini sangat tidak diperbolehkan GanSis. Soalnya pada saat ngobrol, pengemudi fokusnya gak 100% ke jalanan. Pengendara sangat disarankan untuk selalu fokus 100% saat berkendara, apapun kondisinya.


shortdistance
nona212
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
2.5K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.