daily.planetAvatar border
TS
daily.planet
AHY Sebut Indonesia Bisa Porak-poranda, Netizen: Buah Jatuh Ngak Jauh dari Pemulung



JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut virus corona (Covid-19) bisa memorak-porandakan Indonesia jika tidak ditangani secara baik.

Pernyataan AHY mengundang beragam respons warganet. Akun Facebook @Yudi Hendriyana merasa prihatin dengan pernyataan AHY. Ia menyindir apa yang dikatakannya sebagai "buah nggak jatuh dari pemulung".

@Yudi Hendriyana: Sedih Baca nya: Maha Agus Yudoyono.Perhatin (Prihatin, red ) Buah Jatuh gak Jauh dari Pmulung..

@Zulkarnain Situmorang: Masih bau kencur mau kritik presiden.Nyumbang dong pa apa kek terkait virus korona ,masker 1 lusin kec kan lumayan,ada manfaat.

@Nahum Situmorang: Jgn hanya untuk menekankan pd pemerintah,, kasih solusi yg terbaik buat bangsa & Negara



Seperti dilansir CNNIndonesia, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut virus corona (Covid-19) bisa memorak-porandakan Indonesia jika tidak ditangani secara baik.

AHY menyoroti dampak penyebaran corona yang memicu krisis di dunia. Dia juga memberi perhatian lebih pada status darurat bencana di Indonesia akibat corona.

"Hal ini sangat berbahaya, menghantui keselamatan jiwa manusia dan berpotensi memorak-porandakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, khususnya fondasi sosial-ekonomi kita,", kata AHY dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (20/3/2020).

AHY menyebut pemerintah perlu bertindak cepat dalam menangani virus ini. Terlebih lagi sudah ada 309 kasus penularan dan 25 kematian akibat corona.

Demokrat menawarkan beberapa opsi kebijakan. Pertama, AHY dan partainya menyarankan Jokowi menerapkan pembatasan kewilayahan atau lockdown secara terbatas.

"Dengan sementara membatasi pergerakan manusia dan menutup arus manusia keluar dan kedalam sebuah wilayah dan dengan tetap menjaga kelancaran arus barang, terutama bahan-bahan pokok, maka diharapkan bisa meminimalisir menyebarnya virus Corona," tutur AHY.

Selain itu, AHY juga menyarankan pemerintah secepatnya menggelar rapid test secara massal. Dia bilang Indonesia perlu membuka tangan jika ada negara lain yang hendak memberi bantuan untuk tes kesehatan ini.

Putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu juga mendesak pemerintah melakukan relaksasi pajak penghasilan, pajak impor, dan percepatan restitusi. Dia berpendapat hal itu perlu disegerakan mengingat IHSG dan nilai mata uang rupiah rontok.

Dia juga meminta Jokowi dan jajarannya mengalihkan anggaran di beberapa pos kebijakan untuk penanganan corona. AHY mengatakan pemerintah perlu mengutamakan para pekerja yang penghasilannya terancam karena krisis ini untuk menjaga daya beli masyarakat.

"Kepada kelompok yang paling rentan kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat krisis corona ini, perlu diberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau program jaring pengaman sosial lainnya," ucap AHY.

Lebih lanjut, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja aama melawan corona. Dia bilang kondisi krisis ini harus dilalui bersama.

"Saya menganalogikan virus corona sebagai musuh yang kuat dalam sebuah perang semesta, 'Total War'. Untuk bisa mengalahkan musuh, dan akhirnya memenangkan perang semesta tersebut, maka dibutuhkan strategi dan taktik yang jitu serta dukungan yang kuat," ucap dia.


SUMBER : https://www.netralnews.com/peristiwa...-dari-pemulung
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 11 lainnya memberi reputasi
12
9.8K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.