sellicestone
TS
sellicestone
Akibat Tumor Langka, Bayi Ini Terlahir Dua Kali

Foto : Ilustrasi


Quote:


Berita kurang mengenakan diterima Margaret Boemer kala melakukan cek USG rutin di minggu ke 16 kehamilan anak ketiga nya. Dokter Rumah Sakit Anak Texas, tempat ia melakukan pengecekan USG melihat ada keanehan di janin Boemer. Sebuah sacrococcygeal teratoma, atau tumor yang tumbuh di tulang ekor janin terlihat sudah berukuran cukup besar. Tumor ini sendiri cukup langka dan diprediksi hanya terjadi pada satu dari 35.000 kehamilan.

Dr. Darell Cass, salah satu direktur dokter bedah di rumah sakit tersebut berujar kalau tumor ini kemungkinan bisa di operasi saat bayi sudah lahir nanti, namun lebih dari setengah kasus tumor ini akan menyebabkan pendarahan hebat saat persalinan jika tidak di angkat dengan segera, yang justru malah membuat kondisi lebih berbahaya.

Cass lanjut menjelaskan pada dasarnya tumor ini menyerap darah janin untuk tumbuh besar. yang jika dibiarkan maka akan membunuh janin yang dihinggapinya. Berdasarkan hipotesa inilah beberapa dokter yang menangani Boemer menyarankan untuk melakukan tindakan aborsi karena tingkat keselamatan janinnya sangat kecil dan hampir mustahil.

Namun Dr. Cass punya satu solusi berani, yaitu Operasi Bedah Janin, kendati pembedahan ini sangat sulit dilakukan tapi Boemer menyetujuinya. Cass pun lantas mengajak partnernya, Dr. Oluyinka Olutoye untuk memimpin lebih dari 20 praktisi medis untuk terjun dalam operasi ini.


Quote:

Operasi pun akhirnya dilakukan pada saat usia kandungan Boemer 23 Minggu 5 Hari dikarenakan tumor sudah sangat ganas dan hampir merenggut nyawa si janin. Operasi yang berlangsung tak kurang dari 5 jam, berhasil melewati 3 tahapan sulit, yaitu mengeluarkan janin, mengangkat 90% tumor yang besarnya hampir melebihi besar janin itu sendiri dan yang paling luar biasa adalah memasukkan kembali janin ke dalam rahim Boemer.

Setelah melewati proses pengangkatan tumor, janin tersebut terus tumbuh sehat di dalam rahim Boemer. Hingga pada usia kandungan 36 minggu tibalah proses persalinan "kedua" Boemer. Janin tersebut dilahirkan dengan cara sesar, dan berbobot kurang lebih 2,5 kg. Kemudian pada usia bayi 8 hari, sebelum pulang ke rumah, bayi Boemer melakukan operasi lanjutan untuk mengangkat sisa tumor yang masih ada.
Boemer menamai bayi spesialnya ini, LynLee Hope. "Rasa sakit yang amat sangat memang saya rasakan selama proses mengandung LynLee hingga persalinan, namun tatkala ia melempar senyumnya padaku, semua rasa sakit itu langsung terbayarkan" Ujar Margaret Boemer.


Credit :
CNN | face2faceafrica
sebelahblog4iinchinfinitesoul
infinitesoul dan 19 lainnya memberi reputasi
20
7.4K
73
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.