News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
324
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e774eb7018e0d01d0349c9b/oh-ini-ternyata-kenapa-lockdown-tak-jadi-pilihan-jokowi
"Di dalam penyakit menular yang kemudian masif, lockdown itu merupakan salah satu alternatif dan ini alternatif paling ekstrem. Oleh karena itu kita tidak akan menuju ke sana karena harus ada alternatif-alternatif yang lebih rasional yang harus kita kerjakan," ujarnya, di acara Hitam Putih yang tayang 18 Maret 2020.
Lapor Hansip
22-03-2020 18:40

Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi

Past Hot Thread
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi

Quote:
Juru Bicara Pemerintah RI untuk Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa opsi lockdown untuk memberantas penyebaran virus corona di tanah air terlalu ekstrem. Hal ini yang menjadi dasar Presiden Jokowi tak berpikir pada kebijakan lockdown.

"Di dalam penyakit menular yang kemudian masif, lockdown itu merupakan salah satu alternatif dan ini alternatif paling ekstrem. Oleh karena itu kita tidak akan menuju ke sana karena harus ada alternatif-alternatif yang lebih rasional yang harus kita kerjakan," ujarnya, di acara Hitam Putih yang tayang 18 Maret 2020.

Ia menerangkan lockdown bukan hanya menutup penyebaran tetapi seluruh kehidupan ditutup, seperti masuknya bahan pokok makanan, bisnis, dan sebagainya.

"Sederhana saja, kalau ada pasokan air minum dari luar Jakarta nggak bisa masuk. Pasokan LPG nggak bisa masuk karena betul-betul ditutup. Oleh karena itu bukan pilihan yang terbaik ini adalah yang ekstrem," kata pria yang akrab disapa Yuri.


Ia menerangkan lockdown bukan hanya menutup penyebaran tetapi seluruh kehidupan ditutup, seperti masuknya bahan pokok makanan, bisnis, dan sebagainya.

"Sederhana saja, kalau ada pasokan air minum dari luar Jakarta nggak bisa masuk. Pasokan LPG nggak bisa masuk karena betul-betul ditutup. Oleh karena itu bukan pilihan yang terbaik ini adalah yang ekstrem," kata pria yang akrab disapa Yuri., untuk saat ini, pilihan untuk mengurangi kemungkinan orang untuk bisa kontak dekat atau yang disebut pembatasan sosial (social distancing) lebih dianjurkan.

Menghindari kerumunan, mengurangi berada ditempat-tempat umum, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah merupakan bentuk dari social distancing.

Yuri berharap bahwa masyarakat di Indonesia mampu melakukan social distancing dengan baik dan ia yakin cara ini dapat berhasil meredam penyebaran virus corona.

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memerintahkan melakukan rapid test dengan cakupan skala yang besar untuk deteksi dini pasien yang kemungkinan terpapar virus corona atau COVID-19. Hal ini sukses diterapkan di Korea Selatan (Korsel).

"Segera lakukan rapid test. Tes cepat dengan cakupan yang lebih besar agar deteksi dini, kemungkinan awal seorang terpapar COVID-19 bisa kita lakukan," tegas Jokowi, Kamis (19/3/2002).

Jokowi meminta agar pemeriksaan tersebut bisa diperbanyak di sejumlah tempat untuk melakukan tes yang melibatkan sejumlah pemangku kepentingan terkait, tak terkecuali lembaga riset maupun perguruan tinggi.

"Saya minta rapid test terus diperbanyak dan juga diperbanyak di tempat-tempat untuk melakukan tes dan melibatkan rumah sakit baik pemerintah, milik BUMN, pemerintah daerah, rumah sakit milik TNI, Polri, dan swasta yang mendapatkan rekomendasi Kementerian Kesehatan," jelasnya.

Sumber Berita

Oh begitu alasannya toh, ane tentu percaya kepada Presiden Jokowi dong. Beliau sebagai presiden tentu memiliki wawasan luas dan visioner, dan rakyat harus yakin pada apa yang diputuskan dan diucapkan oleh Presiden Jokowi.

Karena dengan keyakinan dan kepercayaan serta kepatuhan pada pemimpinlah bangsa Indonesia bisa melewati rintangan selama ini, termasuk Corona.

Kota-kota besar di luar negeri yang memutuskan untuk lockdown adalah kota mandiri. Dalam artian bisa menyediakan sumber pangan, air, listrik dan gas sendiri, di kota tersebut. Sedangkan Indonesia, misalnya Jakarta tidak. Jakarta bergantung akan pasokan energi dan pangan serta air dari daerah sekitar.
Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 47 lainnya memberi reputasi
44
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 11
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:18
halah baik
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:18
KUONTOL SEKALI
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:24
kalo d desa2 sih biar d lockdown setahun jg msh punya makanan..kalo d kota semua pada beli sih..agak susah jadinyaaemoticon-Bingung
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:25
nice inpo
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:29
1 hal yang sempat luput dari pemikiran saya ...
Indonesia ini negara kepulauan, kalau lockdown untuk tingkat kota/propinsi dalam pulau, dikata sulit (bukan mustahil) untuk dilakukan, maka kiranya "lockdown teratur" bisa diberlakukan pada skala antar pulau-antar negara.
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:35
loh kan di jkt ad wan abud si manusia super gan? bisa la klo cm mencukupi kebutuhan pokok warga dki klo di lockdown....
profile-picture
Habibananasuper memberi reputasi
1 0
1
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:36
indonesia tidak butuh lockdown...
tapi indonesia butuh kesadaran diri..!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:43
klo alasannya pelemahan ekonomi sih bener dan itu kondisi yang inevitable artinya ga terhindarkan.. resiko itu harus diambil.. itu jga resiko yg diambil ma negara2 laen kok dlam wabah enih..

yang gw kaga terima sih alesan kaga punya dana sama pemahaman lockdown trrlalu sempit nih.. dah banyak yg bahas definisi, gw cba bahas soal dana

banyak yg blang selama lockdown rakyat mau dikasih mkan apa.. ini malah udah ade UU yg jelasin masi aja pada ngeyel..

Lagian loe kira pemerintah bakal menjamin sembako seluruh penduduk jekardah? (ambil contoh jkt di lockdown), kan kagaa.. yang tajir mah masih ade tabungannya klo cuma buat 2mgu ato sebulan kedepan... mangkenye gw tanya sensus ntu udh ade hasil belom?
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan saya.kira memberi reputasi
2 0
2
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:46


Quote:Original Posted By seigneur.
klo alasannya pelemahan ekonomi sih bener dan itu kondisi yang inevitable artinya ga terhindarkan.. resiko itu harus diambil.. itu jga resiko yg diambil ma negara2 laen kok dlam wabah enih..

yang gw kaga terima sih alesan kaga punya dana sama pemahaman lockdown trrlalu sempit nih.. dah banyak yg bahas definisi, gw cba bahas soal dana

banyak yg blang selama lockdown rakyat mau dikasih mkan apa.. ini malah udah ade UU yg jelasin masi aja pada ngeyel..

Lagian loe kira pemerintah bakal menjamin sembako seluruh penduduk jekardah? (ambil contoh jkt di lockdown), kan kagaa.. yang tajir mah masih ade tabungannya klo cuma buat 2mgu ato sebulan kedepan... mangkenye gw tanya sensus ntu udh ade hasil belom?


belon lagi masi pada ade aje yg pake jurus kata" kembali kepada diri masing2
emoticon-Ngakak

indon loe arepin kek beginian kalo cuma seruan ato himbauan doang mah ampe kiyamat juga kaga mempan..

ntu diatas ade yg nyaranin bikin regulasinye soal kebijakan lockdown yg sifatnya mengikat dan kenakan sanksi bagi yg melanggar udeh paling bener emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:46
Kalau ada lockdown, panic buying makin menjadi2
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1 0
1
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:57
Ane ga demen lockdown kota atau provinsi

Tapi yg ane ga suka dr jokowi, dia malah ksh diskon dong buat turis masuk

Kan.... Ga... Logis...
profile-picture
profile-picture
saya.kira dan kaiserwalzer memberi reputasi
2 0
2
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 10:59
pasti akan chaos kek gak tau barbarnya warga kita aja
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 11:00
setuju sih ane melakukan rapid test, tapi juga harus dibarengi dengan socia distancing biar hasilnya lebih maksimal. jadi bagi yang ngga ada keperluan mendesak, lebih baik tetep di rumah aja
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 11:00
Quote:Original Posted By 3770372
Ane ga demen lockdown kota atau provinsi

Tapi yg ane ga suka dr jokowi, dia malah ksh diskon dong buat turis masuk

Kan.... Ga... Logis...


Nah betul tuh seharusnya di tutup aja semua perlintasan masuk ke negara
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 11:02
Quote:Original Posted By indra.blora
Nah betul tuh seharusnya di tutup aja semua perlintasan masuk ke negara


Bikin gregetan sumpah emoticon-Ngakak (S)
Udh perkara ini bikin kesel kan
Ditambah transjak dibatasin wktu itu emoticon-Hammer (S)

Ditambah statemen menkes

Udh lah, menjadi2 kesalnya rakyat indo emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 11:04
kok tritnya terdengar sarkas ya 😂
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 11:20
pemerintah gk punya duit bayarin subsidi gaji pekerja selama lockdown emang siapa yang mau bayarin gaji pekerja industri selama lockdown ?
0 0
0
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 11:25
Quote:Original Posted By Judess
Klo bisa gak usah mudik dulu tahun ini. Lindungi keluarga... kerabat dan rakyat jelatah di kampung halaman. Kan masih ada tahun depan lebaran nya. Kesadaran kita melindungi sesama umat manusia itu kunci sukses dan penting gaes. emoticon-army


Ini yg mengkhawatirkan, saat ini mungkin di desa2 masih aman krn emang arus manusianya ya itu2 aja disana2 aja.

Tp kl udah kena mudik, yg kota ke desa jd carrier korona, sebaran semakin merata, syuram
profile-picture
Judess memberi reputasi
1 0
1
Oh Ini Ternyata Kenapa Lockdown Tak Jadi Pilihan Jokowi
23-03-2020 11:31
bilang aja ga punya duit buat ngasih makan rakyatnya selama lockdown, gtu aja bertele-tele
0 0
0
Halaman 9 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia