News
Batal
KATEGORI
link has been copied
182
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e770c357e3a720a990a2da1/hidayat-nur-wahid-bilang-orang-jawa-tak-mau-kalah-warganet-rasis
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nur Wahid kena risak warganet usai mengomentari asal daerah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia dicap rasis karena membawa-bawa identitas Jokowi yang berasal dari Jawa.
Lapor Hansip
22-03-2020 13:56

Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis

Past Hot Thread
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis

Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis

Suara.com - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Hidayat Nur Wahid kena risak warganet usai mengomentari asal daerah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia dicap rasis karena membawa-bawa identitas Jokowi yang berasal dari Jawa.

Hal tersebut terjadi saat ia menanggapi cuitan Rizal Ramli, mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, soal Ibu Kota baru. Dalam cuitannya tersebut, ia menuding Presiden Joko Widodo tak punya sikap mengalah karena ia orang Jawa.

"Biasanya sih orang Jawa nggak mau kalah, Bang. Kita tunggu kenegarawanan berikut dari Presiden RI, dan selamatnya rakyat dan negara Indonesia dari 'teror' virus corona (COVID-19)," tulis Hidayat Nur Wahid via akun Twitter-nya @hnurwahid.

Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis

Sontak, warganet langsung meradang gara-gara cuitan tersebut. Banyak yang menilai Hidayat Nur Wahid rasis karena membawa-bawa identitas Presiden Joko Widodo.

Salah satu respon atas cuitan tersebut datang dari pengguna Twitter @Bengkeltanah.

"Sekelas HNW omong rasis, terus kalau aku orang Jawa kamu mau apa? Mau Jawa, Madura, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Ambon, sampai Papua pun semua warga negara Indonesia. Harus segera dihentikan ucapan HNW yang rasis ini. Jangan sampai menimbulkan persoalan hukum. Jelas ini rasis," tulisnya.

Politisi dari Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean juga ikut menanggapi cuitan tersebut.

"Kenapa harus bawa-bawa suku ya? Duh!" tulis Ferdinand via akun Twitter-nya @FerdinandHaean2.

Sebelumnya, Hidayat Nur Wahid menanggapi cuitan Rizal Ramli yang membahas soal keberanian mantan Presiden BJ Habibie dalam membatalkan proyek N-259 saat Indonesia tengah mengalami krisis moneter pada 1998. Ia lantas menantang Presiden Jokowi untuk menghentikan rencana pemindahan Ibukota mengingat negara sedang menghadapi krisis virus corona.

"Habibie luar biasa, passion dan egonya N-259 beliau korbankan demi tujuan bersama. Sehabis itu, RR bantu sehatkan IPTN, restrukturisasi utang, perbaiki manajemen, transformasi jadi DI. Kira-kira @jokowi berani menghentikan Ibukota baru ndak ya wong APBN saja ngos-ngosan?" tulis @RamliRizal via Twitter.
sumber

*******

Dibilang RASIS kayaknya gak juga, soalnya dia sendiri lahir di Klaten.
Tapi memang sekelas Wakil Ketua MPR seharusnya tidak bicara seperti ini. Apalagi yang dibicarakan adalah Presiden Republik Indonesia.

Tetapi minimal ini jadi bukti, bahwa kebodohan itu sangat merata di Indonesia.

Dan hampir semua kader partai ini adalah sampah. Hanya bisa membual, memakai topeng agama, menjual nama Palestina, tak punya tokoh nasional panutan, menjadikan Mesir sebagai barometer, dan doyan memakai standar ganda.

Jadi ingat Neno Warisan. Kemana itu betina pendengki yang menggugat dan mengancam Tuhan?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 53 lainnya memberi reputasi
52
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 8
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 08:31
Quote:Original Posted By jembutgaring
orang ini dulu struk kenapa ga mati


dari cara ente ngomong pasti ente jowo ya?
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 08:37
Kemarin bilang ekonomi meroket? Skrg 16rb
Kemaeun bilang satu2ny negara sea yg bebas corona? Sekarang?
Takabur mulu cok,
Yg gua heran yg milih juga masih mlangak2, gk ngerasa salah santuy ae, keledai aja gk masuk kelubang yg sama 2x
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1 0
1
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 08:46
Kalau komen gak usah bawa-bawa daerah bakalan panjang urusannya. Ya mungkin maksudnya biar lebih akrab, tapi kalau di muka publik ini lain lagi ceritanya. Pemikiran orang beda-beda gans
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 08:46
terjebak stereotipe kesukuan tuh si wahid
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 08:48
jawa itu nama pulau, jowo itu nama suku, di pulau jawa terdiri dari beberapa suku asli, gara-gara suku jowo kelakuannya ngaco suku yang lain di pulau jawa jadi rusak namanya
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 08:49
"Orang Waras mah Ngalah"
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 08:57
Gara-Gara baca komentar TS malah enggak fokus ke Hidayat Nur Wahid, tapi soal Neno Warisman. Ke mana yak? emoticon-Bingung
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 08:57
yaelaaah viral lagi beginii, makanya ati2 pak kalau ngetwitt salah paham kann...
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 08:57
Quote:Original Posted By durexz
terjebak stereotipe kesukuan tuh si wahid


menurut ane sih bukan stereotipe tapi kenyataannya begitu, wong jowo itu aslinya otak e ndableg kebanyakan tololnya terutama yang dirantauan, yang bener itu cuma wong jowo yang ada di tempat asalnya, makanya dari dulu program transmigrasi kurang bagus buat Indonesia karena yang transmigrasi kebanyakan jowo nya jadi kasihan suku asli yang didatanginya
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1 0
1
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:02
dulu masih pk bagus passion, jd pks malah nyungsep bahkan petinggi pk byk yg kecewa ma pks
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:06
Quote:Original Posted By fffffaaaarrr
"Orang Waras mah Ngalah"


"orang waras mah ngalah lalu nangkap wong gila nya terus masukin dalam kandang monyet"
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:06
HNW rasis dgn bicara seperti itu
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:08
Quote:Original Posted By rajin.meremas
kenyataannya emang sebagian orang disini rasis kok.

lagu aja pake bahasa jawa, bukan pake bahasa indonesia.

gw jg korban rasis dan pengancaman sama 2 suku disini, karena gw orang sumatera sendirian.

emoticon-Cape deeehh


Emang rasis orang2 indon itu bang, mau jawa juga. Saya saja sunda diomongin yg tidak2 dibelakang oleh mereka2 ini emoticon-DP
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:17
Quote:Original Posted By lupis.manis
Orang rasis biasanya IQ cenderung rendah. emoticon-Big Grin


berarti Nazi, Hitler, dan Ilmuwan2nya IQnya rendah dong?
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:19
ini orang dari NU yang rada beda dari yang lain... semoga aja beres otaknya emoticon-Ngakak
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:20
"Dan hampir semua kader partai ini adalah sampah. Hanya bisa membual, memakai topeng agama, menjual nama Palestina, tak punya tokoh nasional panutan, menjadikan Mesir sebagai barometer, dan doyan memakai standar ganda."

dari seluruh tulisan TS, ini klimaksnya yak..

semoga kita semakin sadar siapa orang2 dibalik partai2 yang keliatan suci dan mulia sekalipun
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:29
Quote:Original Posted By mudokons
berarti Nazi, Hitler, dan Ilmuwan2nya IQnya rendah dong?


Bisa jadi. Buktinya hancur kan nazi?

Ga usah nyolot, itu hasil penelitian.
https://m.kaskus.co.id/thread/546d4e...asangka-buruk/
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:29
emoticon-Leh Uga .... kaya dah paling oke aja nih kampret ...
0 0
0
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:31
Quote:Original Posted By chigo.ji3
@parnoto jawa kaga rasis tapi baperan. Liat nih masalah gini aja kek apa responnya emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka

Yg paling ngenesnya lagi udah tau kita bukan orang jawa dan kaga tau bahasa jawa tetap aja klo mereka bicara ama kita tetap dihantam pake bahasa jawa. emoticon-Cape deeehh yang perantauan pasti pernah rasain kek gini khususnya yg partner kerjanya orang jawa. emoticon-Traveller


Malah ente yg baperan.. Ente udah brp lama tinggal dijakarta sih.. Ane orng jawa, nama ane juga jawa, tapi ane lahir dan besar di Jakarta.. Klo ada temen kerja ane ngomong bhsa jawa ke ane terus ane tinggal bilang "Apaan mas, gak ngerti, gk bisa bahasa jawa" udh gitu doang juga langsung ganti pke bahasa indonesia..

Klo memang ada yg kekeh pek bahasa jawa itu sih tergantung personalnya, bukan pukul rata sama semua sukunya maleeh..emoticon-Hammer2

Biasanya kya bgtu di kawasan dia kerja atau lingkungan dia kerja mayoritas orng jawa dan ngomgn sama temen"nya kbnykn jawa, jadi keceplosan ngomong sama ente...

Ane pernah kerja di perusahaan yg bnyk pekerjanya expart dari Tasik.. emoticon-Ngakak dan sering bgt mereka ngomong Pke bhsa sunda, dan sering keceplosan ngomong sunda sama ane, dan ane biasa aja emoticon-Cool mereka mlah sering nanya ke ane, klo bikin kata" pake bhsa indonesia yg baik yg benar..

Dan ane kasih tau yaa, biar ente gak menganggap orng jawa itu gak mau mengalah..
Bahasa Indonesia itu turunan dari bahasa Melayu, bukan dari bahasa Jawa, sunda, bugis, dayak.. Padahal mayoritas penduduk indonesia berasal dari suku Jawa, dan para pendiri bangsa juga mayoritas dari jawa.. Tapi orang jawa gk pernah protes, ikhlas lillahi taalla yg dipake dari bhsa melayu.. emoticon-No Sara Pleaseemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Hidayat Nur Wahid Bilang 'Orang Jawa Tak Mau Kalah', Warganet: Rasis
23-03-2020 09:41
emoticon-Entahlah bukan rasis, sebenarnya orang ini emang "cupet" dalam bahasa jawa maksudnya "pas-pasan" cenderung gak nyampe, "sumbu pendek"..

Justru suku jawa itu paling toleran sedunia, apapun silakan masuk mau bahasa, bangsa apapun silakan, tapi jawa akan selalu mewarnai semua itu.
Tradisi jawa dalam musyawarah apapun " Iya", kalaupun "tidak" itu akan disampaikan pada kata berikutnya setelah "iya",,,
contoh: ".. inggih, nanging langkung prayogi menawi mekaten..." ".. Iya, tapi lebih bijak kalau begini.."..

Kira² siapa yang mau denger ucapannya Pak Rizal Ramli yang selalu mengkritik dengan penyampaian yg sering kali gak enak didengar.. Nah kalau yg ini siapapun/apapun sukunya pasti ogah dengerlah, orang betawi punya falsapah? silat? " Loe jual guwa beli", dst..

profile-picture
crusaders2003 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia