uratkumbang
TS
uratkumbang
Viral ODP di Solo Keluyuran dan Pamer Hasil Tes, Polisi Turun Tangan




Solo - Seorang wanita berstatus orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus Corona (COVID-19) justru jalan-jalan di Pasar Singosaren Solo. Kejadian itu direkam dalam sebuah video yang kemudian viral.

Dalam video berdurasi 21 detik itu, terlihat wanita tersebut menunjukkan hasil deteksi dini virus Corona. Tampak hasil pemeriksaan menunjukkan wanita itu berstatus ODP yang artinya harus melakukan karantina mandiri.

Terlihat pula dalam formulir bahwa wanita berinisial V warga sebuah perumahan di Solo itu mengalami gejala batuk pilek tanpa demam ataupun sesak napas. Dia memiliki riwayat bepergian ke Singapura dan Malaysia.

Namun dalam obrolan di sebuah toko ponsel itu, terdengar mereka seperti menjadikan hasil pemeriksaan itu bahan bercandaan. Padahal status ODP bisa saja nantinya berubah menjadi Pasien dalam Pengawasan (PDP), bahkan positif COVID-19.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai mengatakan telah berkoordinasi dengan Polres Karanganyar. Rumah V diketahui berada di kawasan Colomadu, Karanganyar.

"Petugas sudah datang ke rumahnya dan mengedukasi agar mengkarantina diri di rumah," kata Andy saat dihubungi detikcom, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya, wanita tersebut kooperatif dan bersedia melakukan karantina mandiri. Selanjutnya, pemantauan akan dilakukan oleh petugas Pemkab Karanganyar.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pelaku Bisnis Pasar Singosaren, Puguh Ratyanto, membenarkan kejadian itu. V saat itu datang untuk mengambil barang yang dipinjam temannya di Pasar Singosaren.

"Jumat (20/3) itu dia (V) datang ke Singosaren setelah periksa ke RSUD dr Moewardi. Dia merasa flu setelah pergi ke luar negeri," ujar dia.

Karena telah terlanjur viral, dia telah meminta pembuat video meminta maaf. Selanjutnya, toko yang didatangi ODP itu disemprot disinfektan.


Sumur: https://m.detik.com/news/berita-jawa...from=wpm_nhl_4

Diubah oleh uratkumbang 22-03-2020 12:58
sebelahblog4iinchtien212700
tien212700 dan 76 lainnya memberi reputasi
73
65K
310
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.