News
Batal
KATEGORI
link has been copied
43
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e75930bc0cad739c93d4b72/cek-fakta-indonesia-dituding-bawa-masuk-semua-kasus-corona-baru-ke-china-nyelekit
China mengklaim kasus-kasus baru infeksi virus corona COVID-19 yang muncul di negara tersebut merupakan kasus impor, yang salah satunya berasal dari Indonesia. Klaim kasus infeksi impor tersebut dipaparkan pemerintah wilayah Shaanxi. "Dari 16 Maret hingga 8 Maret 2020, ada satu kasus pneumonia corona baru yang dikonfirmasi, yang diimpor dari luar negeri (Indonesia) di Shaanxi, tidak ada kasus
Lapor Hansip
21-03-2020 11:07

[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!

[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!

China mengklaim kasus-kasus baru infeksi virus corona COVID-19 yang muncul di negara tersebut merupakan kasus impor, yang salah satunya berasal dari Indonesia. Klaim kasus infeksi impor tersebut dipaparkan pemerintah wilayah Shaanxi.

"Dari 16 Maret hingga 8 Maret 2020, ada satu kasus pneumonia corona baru yang dikonfirmasi, yang diimpor dari luar negeri (Indonesia) di Shaanxi, tidak ada kasus baru yang dikonfirmasi di Shaanxi, 0 kasus baru, dan 1 (pasien) yang disembuhkan. Satu pasien meninggal," kata pemerintah wilayah tersebut dalam situs resminya, Kamis (19/3/2020).

Satu kasus infeksi impor atas nama Zhang Moumou, pria 35 tahun, berkebangsaan China. Pada 10 Maret, pasien mengalami gejala batuk dan demam. 

"Pada malam hari tanggal 13 Maret, dia mengambil penerbangan KA896 dari Indonesia melalui Hong Kong ke Bandara Pudong Shanghai untuk masuk dan tinggal di Vienna Hotel (Shiwan 6th Road) malam itu," lanjut pemerintah wilayah Shaanxi dalam keterangan persnya.

Pada pukul 14.00 tanggal 14 Maret, Zhang pergi dari hotel dengan mobil ke Bandara Pudong Shanghai. Dia lantas mengambil penerbangan MU2162 pukul 17.05 dari Terminal Bandara Pudong Shanghai ke Bandara Xi'an Xianyang. Dia tiba di Terminal T3 Bandara Internasional Xi'an Xianyang pukul 19.45.

"Memberitahu staf Bandara Xi'an bahwa dia tidak sehat," lanjut keterangan pemerintah Shaanxi.

"Setelah mengukur kelainan suhu tubuh, dia dipindahkan dari bandara ke Rumah Sakit Pusat Xi'an di Distrik Tangfang untuk isolasi dan perawatan pada pukul 23.50. Pada pagi hari tanggal 15 Maret, CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) Xi'an melakukan uji asam nukleat dan serologis, uji asam nukleat mencurigakan, dan tes serologis IgM dan IgG negatif."

Pada 16 Maret, melalui CDC Provinsi Shaanxi dan Xi'an, tes asam nukleat dua tingkat positif, yang dikombinasikan dengan gejala klinis, tes darah, tes pencitraan dan hasil konsultasi ahli, didiagnosis sebagai kasus pneumonia corona baru. Pada pukul 20.30 pada hari yang sama, pasien dipindahkan ke Rumah Sakit Kedelapan Xian untuk isolasi dan perawatan. "Saat ini, kontak dekat pasien telah terkonsentrasi dalam isolasi untuk pengamatan medis," imbuh keterangan pemerintah Shaanxi.

Covid-19

Sulit dipercaya! Pd masa2 suram spt ini msh bisa2nya ada berita ngaco yg berpotensi  merusak upaya2 penanganan outbreak


Narasi

Pada judul yg dipakai benar2 membakar hati bangsa Indonesia tatkala China seakan2 menuduh Indonesia, ini membuat komentar2 SARA bkn hny pd negara RRT tp juga pd etnis Cina

Benarkah tuduhan itu?

Penjelasan

Saat ini ada sktr 269 imported case di RRC yg terdeteksi, di berita kagak ada 1 pun kalimat yg menuduh Indonesia sbg pengimpor semua 200 kasus corona baru

Itu di Shaanxi hny 1 kasus dr 269 dan kagak ada yg menyebut itu berasal dr Indonesia

Yg ada hny klmt ini

"Pada malam hari tanggal 13 Maret, dia mengambil penerbangan KA896 dari Indonesia melalui Hong Kong ke Bandara Pudong Shanghai untuk masuk dan tinggal di Vienna Hotel (Shiwan 6th Road) malam itu,"

Tdk ada keterangan bhw suspek membawa msk covid-19 dr Indonesia scr bs saja suspek hny transit lwt Indonesia saat menuju Hong Kong

Di artikel2 asli yg bahasa Inggris tertulis abroad yg berarti dr luar negeri bkn tertulis Indonesia

Selebihnya keterangan hny soal rwyt perjalanan suspek setibanya di China, smcm trace yg lazim dilakukan semua negara

Kesimpulan

Berita dgn judul tsb tdk benar

Berita2 yg hny clickbait judul ini bahaya sbb muatannya SARA scr bnyk org Indonesia yg sll dikampanyekan anti China

Blm lg kl smp ada motif politis intrik internasional dlm dunia pers yg kagak memperhatikan kode etik jurnalisme dan efeknya ke msyrkt awam

emoticon-Nyepi
Diubah oleh 47ronin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 12:04
Quote:Original Posted By delia.adel
Ih pinter banget nih omnya..hai apa kabarnya om? Wkkwkw


Baik sis


Hati hati stay safe dirumah emoticon-Malu
profile-picture
delia.adel memberi reputasi
1 0
1
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 12:05
klo di novel satu generasi abis, tp cm di sono emoticon-Embarrassment
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 12:13
Permainan kata wartawannya tuh
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 12:30
tuduh menuduh tidak menghilangkan virus mauun menyembuhkan pasien.
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 12:56
Quote:Original Posted By 47ronin
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!



Hhhhhh

emoticon-Rusia


Hhhhhh
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 12:57
Berita yg misleading. Bisa dimanfaatkan buat menyebar hoaks. Jurnalis macam apa ini
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 12:57
Maksudnya bukan virus jenis baru. Virusnya sama. Tp kasus2 covid di china sekarang ini bukan dari orang lokal yg berdiam di china. Tapi dari orang china yg dari luar negeri. Mungkin di antaranya orang china dr indonesia. Ini sekedar data sja kalee..

Makanya baiknya jangan ada lalu lintas manusia antar negara dulu deh.



0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 12:57
Kalo covid-212 memang asli dari indo.
profile-picture
lustyrose memberi reputasi
1 0
1
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 13:08
imported new corona case from china
semua fine2 aja

sekalinya ada istilahimported new corona case from indonesia...
dan kita tersinggung..

la apa istilahnya kalo gitu.. buat org china yg baru pulang dari indo ??

yg gw liat sih sejauh ini sih china masih anggap indo sahabat.. bantu obat dll...
tapi nyenggol dikit.. aja ujung2nya SARA...
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 13:11
ga fitnah ga makan
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 13:53
Padahal bisa aja pas transit di hk, atau malah ada carrier dalam satu pesawat yang bisa berasal darimana mana.
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 14:03
Ane kira dari judul, setelah masuk Indonesia virusnya bermutasi menjadi jenis baru : Covid-Cardroon emoticon-Leh Uga
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 15:26
Dari cina
Bersama cina
Untuk cina

emoticon-Selamat
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 15:32
sesuai T&C di alibaba..boleh return asal garansi masih ada segel ada..kalo bisa di tambah dan ongkir ditanggung pembeli
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 15:49
Quote:Original Posted By kamujahat21
ini malah kita yg dituduh, bukanya awal kasus itu orangnya lagi dipasar


Yg ini hu?

[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
Diubah oleh Betjanda
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 16:02
Quote:Original Posted By kamujahat21
Baik sis


Hati hati stay safe dirumah emoticon-Malu


Iya om kau juga hati-hati ya
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 16:25
Ini mah beritanya yg punya muatan ngehasut dan ngebakar, berita2 kayak gini sumbernya kudu diancurin.

Fakta, kalau cina ribut masalah datangnya virus, lah covid19 sendiri mulainya dari cina nyebar ke seluruh dunia, pastinya mereka ga bakal mau nyalahin yg lain, bakal dibalikin abis2an kalo gitu.

Konteks tentunya dalam hal keilmuan, tapi si pembikin berita baik emang tukang ngadu domba laknat.
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 16:55
hmm tinggal nunggu awakabin bongkar muatan nih emoticon-Belo
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 17:20
Binatang gak hoax gak makan emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Ngamuk
0 0
0
[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!
21-03-2020 20:49
Quote:Original Posted By Betjanda
Yg ini hu?

[Cek Fakta] Indonesia Dituding Bawa Masuk Semua Kasus Corona Baru ke China, Nyelekit!


Iya kaya gitu kan awalnya

Jejak pasien pertama di wuhan
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia