finalbossAvatar border
TS
finalboss
Mengungkap Fakta Mencengangkan di Balik Kostum Dokter Wabah


Apakah agan sista pernah melihat kostum di atas? Kostum dengan ciri khas topeng yang berbentuk burung serta setelan yang serba hitam, membuat kostum tersebut sangatlah ikonik.

Kostum tersebut ternyata digunakan oleh seorang dokter Eropa pada abad pertengahan, mereka biasanya disebut dengan dokter wabah atau sebutan kerennya plague doctor.

Pada thread kali ini saya akan membahas tentang alasan di balik terciptanya kostum ini. Yuk simak pembahasan berikut.

Quote:

Saat mewabah pada abad ke-14, black death menewaskan 50 juta orang dan jumlah ini mengurangi 60 persen populasi Eropa pada saat itu.

Cepatnya penyebaran wabah black death pada itu sudah sampai ke berbagai penjuru negara-negara Eropa, pengetahuan para dokter tentang dunia kesehatan pada saat itu tidak sebaik sekarang. Mereka awalnya tidak tahu darimana wabah ini berasal dan bagaimana cara penyebaran wabah ini.

Bahkan saat itu muncul berbagai macam teori tentang bagaimana penyebaran wabah ini, teori yang paling terkenal adalah teori racun. Teori ini mengatakan bahwa wabah ini ditularkan melalui udara yang juga dikenal sebagai night air atau bad air.

Kepercayaan para dokter terhadap teori ini membuat mereka berpikiran bahwa setiap ada udara yang berbau tidak sedap, maka mereka akan menganggapnya sebagai suatu wabah.

Pada saat itu banyak cara yang dilakukan guna terhindar dari wabah ini, salah satunya dengan para dokter wabah yang menggunakan kostum ini saat berkontak dengan orang yang terpapar wabah.

Quote:

Setelah beberapa tahun berlalu yang tepatnya pada tahun 1880, kemudian ditemukan fakta bahwa wabah black death ini tidak ditularkan melalui udara ataupun kontak fisik seperti apa yang diyakini oleh para dokter sebelumnya.

Wabah ini sebenarnya disebarkan oleh gigitan kutu dan hewan pengerat yang dalam kasus ini berupa tikus.

Kostum dokter wabah ini sebenarnya tidak sepenuhnya gagal, karena kostum ini juga mampu menghindarkan para dokter dari gigitan kutu dan hewan pengerat tadi, jadi kostum ini cukup bekerja dengan baik.

Quote:

Quote:

Bagaimana agan sista, ternyata di balik terciptanya kostum ini ada peristiwa besar dalam sejarah umat manusia yang tak mungkin bisa dilupakan.

Sama seperti kepanikan yang terjadi belakangan ini akibat corona, beruntungnya pada zaman sekarang pengetahuan tentang dunia medis sudah berkembang jauh dan kabarnya sudah ditemukan vaksin untuk virus corona ini.

Silahkan untuk agan sista jika ingin menambahkan atau berdiskusi terkait hal ini bisa tulis di kolom komentar, sampai jumpa di thread lainnya.


Spoiler for SUMBER:
infinitesoul
pakolihakbar
tien212700
tien212700 dan 46 lainnya memberi reputasi
45
14.8K
164
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.