News
Batal
KATEGORI
link has been copied
235
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e71cfeba2d195490e73a245/eks-panglima-tni-gaungkan-makmurkan-masjid-dan-salat-berjemaah-lawan-corona
Pernyataan tersebut disampaikan Gatot lewat akun Instagram-nya @nurmantyo_gatot seperti dilihat detikcom, Rabu (18/3/2020). Akun ini bercentang biru atau verified alias terverifikasi sebagai akun resmi. detikcom juga telah mengkonfirmasi langsung kepada Gatot dan mendapat persetujuan untuk mengutip pernyataannya tersebut.
Lapor Hansip
18-03-2020 14:38

Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona

Past Hot Thread
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona

Quote:
Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menggaungkan gerakan memakmurkan masjid dan salat berjemaah di tengah meningkatnya wabah virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Dia mengajak umat Islam meminta pertolongan kepada Allah.

Pernyataan tersebut disampaikan Gatot lewat akun Instagram-nya @nurmantyo_gatot seperti dilihat detikcom, Rabu (18/3/2020). Akun ini bercentang biru atau verified alias terverifikasi sebagai akun resmi. detikcom juga telah mengkonfirmasi langsung kepada Gatot dan mendapat persetujuan untuk mengutip pernyataannya tersebut.

"Sepertinya ada yang keliru..?? Di negeri asalnya covid-19-cina, yg penganut paham komunis dan sebagian besar tdk beragama beramai-ramai mendatangi Masjid dan Belajar Berwudhu hingga mengikuti Sholat Berjamaah," tulis Gatot.

Namun, lanjut Gatot, di negeri mayoritas muslim justru sebaliknya, malah ramai-ramai menggaungkan fobia terhadap masjid. Ini seakan-akan masjid sebagai sumber penularan COVID-19. Lantas, menurutnya, apakah mal, gereja, vihara, kelenteng, hingga lift sarana umum 'lebih aman' daripada masjid?

Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona

Gatot mengatakan seharusnya semua belajar pada pengurus gereja, vihara, hingga kelenteng yang menurutnya tak pernah melarang umatnya beribadah di sana.

"Padahal di sana mereka tidak pernah berwudhu..?? Ada apa ini dan pikiran siapa yang mengajak demikian ??? Hingga Umat Islam lupa bahwa Masjid adlh Tempat yang Paling Aman untuk Berlindung dari Segala Bencana..??," lanjut Gatot.

Gatot pun mempertanyakan mengapa umat Islam tidak menggaungkan imbauan agar selalu menjaga wudu dan salat berjemaah. "Wa Allahu'alam bii showab.. Semoga Allah SWT Menjaga dan Memberi Petunjuk Umat dari Segala Kekeliruan. Aamiiin. Yaa Robbal 'Alamiin." tulisnya.

"AYO MAKMURKAN MASJID & GALAKKAN GERAKAN SHOLAT BERJAMA'AH UNTUK MINTA PERTOLONGAN ALLAH..!! (Jadikan Sholat & Sabar Sebagai Penolongmu..!!) Virus Corona (covid-19) adalah ciptaan Allah dan yg kena pasti juga atas ketetapan Allah," sambungnya.

Pemerintah Minta Warga Jangan Keluar dari Rumah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta masyarakat menerapkan social distancing guna mencegah penularan virus Corona atau COVID-19. Hal itu disampaikan Jokowi pada Minggu (15/3/2020).

Jokowi juga meminta agar masyarakat tidak panik. Kegiatan yang biasa dilakukan di luar, seperti bekerja, belajar, hingga beribadah, bisa dilaksanakan di dalam rumah. Masyarakat juga diminta menjauhi tempat-tempat keramaian, seperti mal dan tempat wisata. Di DKI Jakarta sendiri, Pemprov juga menutup sementara tempat wisata, seperti Monas hingga Ragunan.

"Saat ini yang penting social distance, menjaga jarak. Dengan kondisi itu, kita kerja dari rumah, belajar dan ibadah di rumah," ujar Jokowi.


Arab Saudi Batasi Umroh dan Setop Salat Jumat

Wabah COVID-19 sendiri telah memaksa otoritas Arab Saudi menghentikan sementara ibadah salat berjemaah di seluruh masjid di wilayahnya, kecuali Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Penghentian sementara dimaksudkan untuk mengurangi penyebaran virus Corona di wilayah Saudi.

Seperti dilansir AFP dan Arab News, Selasa (18/3), laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA) yang mengutip Dewan Ulama Senior--lembaga keagamaan tertinggi di Kerajaan Saudi--menyatakan bahwa masjid-masjid di Saudi akan ditutup sementara untuk ibadah salat lima waktu dan salat Jumat.

Namun, disebutkan SPA dalam laporannya, keputusan menghentikan sementara salat berjemaah di masjid-masjid ini tidak berlaku untuk Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Ditambahkan SPA bahwa masjid-masjid setempat juga masih akan mengumandangkan azan. "Pintu-pintu masjid akan ditutup sementara, tapi masjid-masjid masih akan diizinkan mengumandangkan panggilan untuk salat," demikian laporan SPA.

SPA dalam laporannya juga menyebut penyesuaian dilakukan terhadap panggilan salat, dari yang sebelumnya menggunakan kalimat 'marilah salat' diganti menjadi 'salatlah di rumah'. Kalimat baru itu juga bisa berarti 'salatlah di mana kamu berada'.

Lebih lanjut, SPA juga menyebut keputusan ini dimaksudkan untuk mengarahkan jemaah agar menjalankan salat di rumah masing-masing, demi menghindari penularan virus Corona. Tidak disebut lebih lanjut sampai kapan penghentian sementara ini akan dilakukan.

Sumber Berita

Gatot for R1 2024
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 26 lainnya memberi reputasi
17
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 10 dari 11
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 14:40
Tapi gw diliat di insta nya malah banyak yang dukung tuhemoticon-No Hope
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 14:50
link IGnya https://www.instagram.com/nurmantyo_gatot

ane baca rada miris.. tujuannya baik sih, namun agak gimana begitu pak..

sholat jamaah kan ga harus di masjid, bisa di rumah juga..

ane masih belum yakin ini yg pegang IG nya bapak sendiri.. bukan admin atau makhluk lain kan?
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 14:53
gua heran warga +62
ketika kagak ada apa2 dengar azab santai aja,
malah dengan enteng nya ngomong
ntr2 aja deh sholat nya
atau d rumah aja deh sholat nya

nah, ketika sholat d mesjid d larang,
malah dia marah-marah,
mengatakan pemerintahan zalim, pki, de el el
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 14:56
Duh pak, pak,
anda yang kerja di pemerintahan, yang dalam 4 tahun pasti naik jabatan meskipun ga mikir apa2 dan ga ngelakuin apa2, mending diem aja lah pak emoticon-Big Grin


Nabi muhammad mau perang aja ga asal Allahuakbar
masi susun strategy, minta pendapat sana sini, semua dipikirkan matang2


Mentang-mentang dah punya pangkat hasil 4 tahun pasti naik, kalo ngomong dipikir dulu lah.,
dah sangat jelas sekali seperti apa dampaknya klo kita ngelakuin apa yang lu suruh


Nih ya, sekilas info tentang Islam
Daging babi aja bisa jadi halal kalau kita berada di posisi yang "memaksa" kita untuk memakan daging babi


Ayolah, sebelum mengatasnamakan islam, belajar dikiiiiiiiiiit aja dulu tentang islam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 15:05
hadeh tar klo ketularan teriak2 apa lg nih dan nama siapa lg yg bakal di bawa2....ibadah di rumah jg bisa oi....Tuhan di mana mana ada asal yakin dan percaya....wah kacau nih orang2
Diubah oleh Enumaelish
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 15:11
gagal total pansos lu wahai orang tua politikus busuk.
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 15:20
kata katanya propaganda banget......
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 15:21
T O L O L K E T U L A N G
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 15:24
Gatot harus diblacklist dari politik Indonesia....ini orang sangat berbahaya...mau mengorbankan apa saja untuk tujuan politiknya...

Sekelas Jenderal mantan panglima menyebarkan hoax Orang Cina belajar wudhu & masuk masjid....ini jelas segmen masyarakat Islam konservatif yg dituju....
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 15:28
keren
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 15:42
weleh pak totot ,., corona itu virus,.BAHAYA pak,
kalo penyebar ada di mesjid kan ngeri,.,
sama aja misal gini nih di masjid ada banyak ULeR KING COBRA,.masuk ke sana,coba pak GUATOT mau ga sholat di masjid yang ada ULER KING COBRA,.kan gak mungkin deh tu uler jilatin kita..yang jelas biasanya matuk pasti,.ya kalo kena patuk kan MOODIYAR kalo gak NINGGAL,

Mekah ..MEKAH ,KA'BAH tutup pak, knp tutup ya gegara corona ini,
Halah halah pak totot,.,

Allah jg maha tau pak,

kalo aneh sih mending shalat di rumah,.minta panjang umur supaya bisa lama tobat ngurangin dosa kita,.toh kita semua kan bakal mati,.tapi kita di ciptakan lahir di dunia oleh allah untuk hidup supaya berbuat baik jaga umur panjang dan kesehatan juga kan,
insya allah wabah ini cepet kelar pak,

cobalah kita jangan kisruh,.,ini tentang umat manusia pak, jangan dalih ke politik,.DUOSAH
Diubah oleh bunkie.junk
profile-picture
profile-picture
liee dan saya.kira memberi reputasi
2 0
2
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 15:54
Quote:Original Posted By sonoffallen
belajar tarikh woy.
kanjeng nabi itu dulu pernah mengosongkan masjid ketika kondisi darurat seperti hujan deras.

ada lepra disuruh lari

ada wabah disuruh jangan mendekat.

nabi aja gak gini amat.
sok sokan nyaingin nabi


nabi nya kaum mereka rizieq bray
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 16:03
Yg ga beragama pada suka ke masjid ...masjidnya dibikin kapan pak ?
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 16:07
Quote:Original Posted By dickyb21
Duh pak, pak,
anda yang kerja di pemerintahan, yang dalam 4 tahun pasti naik jabatan meskipun ga mikir apa2 dan ga ngelakuin apa2, mending diem aja lah pak emoticon-Big Grin


Nabi muhammad mau perang aja ga asal Allahuakbar
masi susun strategy, minta pendapat sana sini, semua dipikirkan matang2


Mentang-mentang dah punya pangkat hasil 4 tahun pasti naik, kalo ngomong dipikir dulu lah.,
dah sangat jelas sekali seperti apa dampaknya klo kita ngelakuin apa yang lu suruh


Nih ya, sekilas info tentang Islam
Daging babi aja bisa jadi halal kalau kita berada di posisi yang "memaksa" kita untuk memakan daging babi


Ayolah, sebelum mengatasnamakan islam, belajar dikiiiiiiiiiit aja dulu tentang islam


Akhirnya ada uclim yg msh ada akal sehat

Salut buat ente bray
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 16:11
emoticon-Leh Uga aa gatot kumat
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 16:34
di tujukan ke muslim 😀 jangan ada kelojotan dan kebencian di antara kita 😀
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 16:51
ingin mengikuti jejak seniornya yang menjabat KSP emoticon-Big Grin

go pablik terus pak emoticon-Recommended Seller
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 17:26
Di Saudi aja mesjid mesjid ditutup sementara
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 18:04
???. Pertanyaannya ???
1. Apakah mungkin dia duta penyebaran virus dgn membungkus agama?
2. Apakah dia cinta islam, nkri?
3. Dia status pensiunan, bebas aja dia nge job sama siapa pun?
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 18:53
#gagaltotalmulailagi
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Halaman 10 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia