News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
234
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e71cfeba2d195490e73a245/eks-panglima-tni-gaungkan-makmurkan-masjid-dan-salat-berjemaah-lawan-corona
Pernyataan tersebut disampaikan Gatot lewat akun Instagram-nya @nurmantyo_gatot seperti dilihat detikcom, Rabu (18/3/2020). Akun ini bercentang biru atau verified alias terverifikasi sebagai akun resmi. detikcom juga telah mengkonfirmasi langsung kepada Gatot dan mendapat persetujuan untuk mengutip pernyataannya tersebut.
Lapor Hansip
18-03-2020 14:38

Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona

Past Hot Thread
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona

Quote:
Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menggaungkan gerakan memakmurkan masjid dan salat berjemaah di tengah meningkatnya wabah virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Dia mengajak umat Islam meminta pertolongan kepada Allah.

Pernyataan tersebut disampaikan Gatot lewat akun Instagram-nya @nurmantyo_gatot seperti dilihat detikcom, Rabu (18/3/2020). Akun ini bercentang biru atau verified alias terverifikasi sebagai akun resmi. detikcom juga telah mengkonfirmasi langsung kepada Gatot dan mendapat persetujuan untuk mengutip pernyataannya tersebut.

"Sepertinya ada yang keliru..?? Di negeri asalnya covid-19-cina, yg penganut paham komunis dan sebagian besar tdk beragama beramai-ramai mendatangi Masjid dan Belajar Berwudhu hingga mengikuti Sholat Berjamaah," tulis Gatot.

Namun, lanjut Gatot, di negeri mayoritas muslim justru sebaliknya, malah ramai-ramai menggaungkan fobia terhadap masjid. Ini seakan-akan masjid sebagai sumber penularan COVID-19. Lantas, menurutnya, apakah mal, gereja, vihara, kelenteng, hingga lift sarana umum 'lebih aman' daripada masjid?

Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona

Gatot mengatakan seharusnya semua belajar pada pengurus gereja, vihara, hingga kelenteng yang menurutnya tak pernah melarang umatnya beribadah di sana.

"Padahal di sana mereka tidak pernah berwudhu..?? Ada apa ini dan pikiran siapa yang mengajak demikian ??? Hingga Umat Islam lupa bahwa Masjid adlh Tempat yang Paling Aman untuk Berlindung dari Segala Bencana..??," lanjut Gatot.

Gatot pun mempertanyakan mengapa umat Islam tidak menggaungkan imbauan agar selalu menjaga wudu dan salat berjemaah. "Wa Allahu'alam bii showab.. Semoga Allah SWT Menjaga dan Memberi Petunjuk Umat dari Segala Kekeliruan. Aamiiin. Yaa Robbal 'Alamiin." tulisnya.

"AYO MAKMURKAN MASJID & GALAKKAN GERAKAN SHOLAT BERJAMA'AH UNTUK MINTA PERTOLONGAN ALLAH..!! (Jadikan Sholat & Sabar Sebagai Penolongmu..!!) Virus Corona (covid-19) adalah ciptaan Allah dan yg kena pasti juga atas ketetapan Allah," sambungnya.

Pemerintah Minta Warga Jangan Keluar dari Rumah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta masyarakat menerapkan social distancing guna mencegah penularan virus Corona atau COVID-19. Hal itu disampaikan Jokowi pada Minggu (15/3/2020).

Jokowi juga meminta agar masyarakat tidak panik. Kegiatan yang biasa dilakukan di luar, seperti bekerja, belajar, hingga beribadah, bisa dilaksanakan di dalam rumah. Masyarakat juga diminta menjauhi tempat-tempat keramaian, seperti mal dan tempat wisata. Di DKI Jakarta sendiri, Pemprov juga menutup sementara tempat wisata, seperti Monas hingga Ragunan.

"Saat ini yang penting social distance, menjaga jarak. Dengan kondisi itu, kita kerja dari rumah, belajar dan ibadah di rumah," ujar Jokowi.


Arab Saudi Batasi Umroh dan Setop Salat Jumat

Wabah COVID-19 sendiri telah memaksa otoritas Arab Saudi menghentikan sementara ibadah salat berjemaah di seluruh masjid di wilayahnya, kecuali Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Penghentian sementara dimaksudkan untuk mengurangi penyebaran virus Corona di wilayah Saudi.

Seperti dilansir AFP dan Arab News, Selasa (18/3), laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA) yang mengutip Dewan Ulama Senior--lembaga keagamaan tertinggi di Kerajaan Saudi--menyatakan bahwa masjid-masjid di Saudi akan ditutup sementara untuk ibadah salat lima waktu dan salat Jumat.

Namun, disebutkan SPA dalam laporannya, keputusan menghentikan sementara salat berjemaah di masjid-masjid ini tidak berlaku untuk Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Ditambahkan SPA bahwa masjid-masjid setempat juga masih akan mengumandangkan azan. "Pintu-pintu masjid akan ditutup sementara, tapi masjid-masjid masih akan diizinkan mengumandangkan panggilan untuk salat," demikian laporan SPA.

SPA dalam laporannya juga menyebut penyesuaian dilakukan terhadap panggilan salat, dari yang sebelumnya menggunakan kalimat 'marilah salat' diganti menjadi 'salatlah di rumah'. Kalimat baru itu juga bisa berarti 'salatlah di mana kamu berada'.

Lebih lanjut, SPA juga menyebut keputusan ini dimaksudkan untuk mengarahkan jemaah agar menjalankan salat di rumah masing-masing, demi menghindari penularan virus Corona. Tidak disebut lebih lanjut sampai kapan penghentian sementara ini akan dilakukan.

Sumber Berita

Gatot for R1 2024
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 11
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:14
panggung maning
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:14
Lebih arab dari arab
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:19
Oh ok
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:21
emoticon-No Hope
Diubah oleh rajkapoor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andhikap0287 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:23
Yaelah pak nyari sensasi aja

Arab aja bubarin umroh sementara sampai corona abis
lah ini ada ada aja usulannya emoticon-Wkwkwk
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:23
makanya semangat keagamaan tuh harus dibarengi dengan pemahaman keagaamaan

Kok otak gw langsung berfikir negatif ya, buat merebut simpati kaum 212 dan monaslimin di 2024 kah... emoticon-Ngakak
profile-picture
xcqtor memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:25
Tot ini barisan sakit hati smaa jokowi,, pecatan.. karna uda ketauan rencana busuk nya..
Yg lucu nya seorang ex panglima tiba2 jadi agamais... wowwww... dia berpikir jualan agama ini mah paling enak digoreng nya.. padahal si tot kan role nya fighter
Si brizique aja yg role nya mage, mendukung tidak boleh ada ngumpul2
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:26
Quote:Original Posted By rajkapoor
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona


Mantaab bet analoginya
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:29
kaya gini mantan PANGLIMA ?
wtf
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:30
cari celah untuk tampil kembali walopun di sosmed emoticon-Embarrassment
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:32
kayak doa lu bakal dikabulin aja emoticon-DP
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:35
Mungkin dia mau supaya kadrun pada banyak yang mampus kali wkwkwkwk
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:36
meneng wae, mbah...wis pengsion penake ngangon putu ning umah
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:36
ikhtiar itu penting untuk hidup sehat, dan langkah2 untuk menjaga diri itu ga dilarang oleh agama.. lagipula Tuhan itu Maha Tau kok, karena ngga Ibadah ditempat publik bukan karena kita ngga mau tapi karena kondisi
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:37
Quote:Original Posted By nitefly
gatot saingan sama anies nih. cari panggung ke pemilih tertentu yang berbau agama


Issue agama + issue komunis paling laku disini...mau angkat issue urusan ekonomi ato tehnologi dll ( diluar 2 diatas ) otaknya pada nggak kuat...issue agama ya referensinya kitab suci, komunis ya referensinya taun 65...ngomong" ni pak gatot prestasinya apa sih pas jadi panglima emoticon-Bingung
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:38
tidak ada yg keliru pak...
cara bapak berpikir yang mungkin sudah sengklek karena lama tidak bertugas emoticon-Malu
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:39
yaelahhh orang di agama aja diajarin untuk menjauhi wabah dan boleh beribadah di rumah kok...
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:40
Yah sudah di laksanakan saja!


CAPEEEE DEH!


karena presentase Kesembuhan dari COVID-19 ini lebih tinggi dari presentase Angka kematian dari COVID-19
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 12:52
Quote:Original Posted By pizzahat
Lumayan Bos buat kampanye, membangkitkan isu agama cepat mendapatkan suara dari para massa 212, tapi sayang ga liat negara Arab and ga konsul sama MUI, akhirnya jadi keliatan Goblok emoticon-Ngakak


Kasih tau sharkman sono bisa jadi majikan baru emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Eks Panglima TNI Gaungkan Makmurkan Masjid dan Salat Berjemaah Lawan Corona
19-03-2020 13:00
pemilu masih lama, malah udah kampanye aja emoticon-Cape d...
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Halaman 8 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia