Pantankmoondoor
TS
Pantankmoondoor
Pemerintah Kaji Metode Rapid Test untuk Tangani Corona Seperti Korea


Merdeka.com - Pemerintah menyatakan akan mulai melakukan kajian untuk melakukan tes virus corona (COVID-19) dengan metode rapid test (tes cepat), seperti Korea Selatan. Alat itu digunakan sebagai pendeteksi awal penderita virus corona.

"Kami juga rapat pagi hari dengan Menkes dan jajaran untuk memulai melakukan kajian terkait seperti apa yang dilaksanakan di negara lain perlu dipahami, rapid test ini," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Kantor BNPB Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Selama ini, Balitbang Kemenkes memeriksa spesimen corona dengan metode genome sequencing dan Polymerase Chain Reaction (PCR). Yurianto menjelaskan bahwa metode rapid test memiliki cara yang berbeda dalam mendeteksi virus corona.
"Rapid test akan menggunakan spesimen darah tidak menggunakan lapisan tenggorokan atau kerongkongan. Tetapi menggunakan sampel darah," jelasnya.

Menurut dia, metode rapid test memiliki sejumlah keuntungan. Selain cepat, rapid test juga bisa dilaksanakan di hampir semua laboratorium kesehatan di rumah sakit yang ada di Indonesia.

Namun, "Hanya saja permasalahannya adalah karena yang diperiksa adalah imunoglobulin-nya, maka kita membutuhkan reaksi imunoglobulin dari seseorang yang terinfeksi paling tidak seminggu," tutur dia.

"Karena kalau belum terinfeksi atau terinfeksi dari kurang dari seminggu kemungkinan pembacaan imunoglobulin akan memberikan gambaran negatif," sambung Yurianto.

Seperti diketahui, Korea Selatan menggunakan metode rapid test dalam mendeteksi virus corona. Tes ini dinilai sangat efektif menekan penyebaran virus corona.

Hal itu terbukti membuat angka kematian di Korsel akibat virus corona hanya 0,1 persen atau 84 orang. Sementara, kasus corona di Korsel mencapai 8.413 kasus dan yang sembuh mencapai 1.540 atau 18,3 persen.

Reporter: Lizsa Egeham


Sumber : https://www.merdeka.com/peristiwa/pe...rti-korea.html

===============================================

jadi efektif apa ndak ini ya?
nomoreliessebelahblog4iinch
4iinch dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.8K
24
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.