News
Batal
KATEGORI
link has been copied
224
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e71044d349d0f60fc485517/ini-bahan-pokok-yang-pembeliannya-dibatasi-mulai-hari-ini
Adapun, sejumlah bahan pokok itu antara lain beras, gula, minyak goreng, dan mie instan Masyarakat dibatasi membeli beras maksimal 10 kilogram, gula maksimal dua kilogram, minyak goreng maksimal empat liter, dan mie instan maksimal dua dus.
Lapor Hansip
18-03-2020 00:09

Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini

Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri meminta pembelian sejumlah bahan pokok dibatasi demi menjaga stok di tengah wabah virus corona atau Covid-19.

Adapun, sejumlah bahan pokok itu antara lain beras, gula, minyak goreng, dan mie instan

Masyarakat dibatasi membeli beras maksimal 10 kilogram, gula maksimal dua kilogram, minyak goreng maksimal empat liter, dan mie instan maksimal dua dus.

Hal itu tertuang dalam surat bernomor B/1872/III/Res.2.1/2020/Bareskrim tertanggal 16 Maret 2020.

"Tadi malam kami keluarkan surat itu agar juga tidak ada yang memanfaatkan situasi," kata Ketua Satgas Pangan Polri Brigjen (Pol) Daniel Tahi Monang ketika dihubungi, Selasa (17/3/2020).

Surat tersebut ditujukan kepada ketua sejumlah asosiasi pengusaha seperti, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Pusat Koperasi Pedagang Pasar (Puskoppas) DKI Jakarta, Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), dan Induk Koperasi Pedagang Pasar (INKOPAS).

Daniel menuturkan, ketentuan tersebut mulai berlaku pada Selasa hari ini hingga situasinya dinilai membaik

Namun, sejauh ini, Satgas Pangan belum menemukan indikasi permainan harga bahan pokok.

"Bahan-bahan pokok itu bukan melonjak, naik saja, karena permintaannya tambah. Karena kita lihat ibu-ibu yang belanja itu sepertinya panik, jadi akhirnya penawaran pasar naikin, tapi belum tentu melonjak," tuturnya.

Oleh karena itu, Daniel mengimbau masyarakat tidak melakukan panic buying. Ia memastikan stok bahan pokok mencukupi.
sumber

**************

Yakin berhasil?
Masyarakat Indonesia selama ini memang terlihat santai dan agak tidak mempedulikan adanya wabah virus covid-19 ini. Namun untuk urusan panik, mereka bisa mendadak panik. Dan biasanya kepanikan itu dipicu oleh kabar dari sosial media serta media berita, baik online maupun tv. Sementara kita pasti tahu tv mana yang suak melebih-lebihkan berita agar terlihat beda.

Jadi, sebelum ada peraturan yang membatasi pembelian sembako, ada baiknya pemerintah menekan terlebih dahulu media-media berita yang doyan menggoreng isu-isu di masyarakat agar tidak menambah kisruh suasana di masyarakat.

Sementara jika kita mau jujur, pembatasan seperti itu tak akan bisa meredam gejolak panic buying di masyarakat. Masyarakat Indonesia sendiri bukan masyarakat modern yang lebih suka datang belanja di mini market,super market atau retail grosir besar. Mereka sudah terbiasa belanja di pasar-pasar tradisional. Apakah pembatasan itu akan berhasil?

Ini sekedar contoh :

Sebuah keluarga dengan 3 orang anak beserta ayah ibu, bisa membeli beras hingga puluhan liter di tempat berbeda. Taruhlah ada 5 toko. Dari 1 toko sembako saja, 1 keluarga jika perorang membeli 10 liter beras, sudah bisa membeli 50 liter
beras.Jikaa mereka membeli di 5 toko sembako berbeda, mereka sudah bisa membeli 250 liter beras. Jika sehari mereka menghabiskan 1 liter beras untuk menanak nasi, maka mereka sudah bisa aman menimbun beras untuk 8 bulan!

Diatas itu hanya simulasi. Tidak mungkin juga 1 keluarga membeli beras hingga 250 liter. Tapi pola itu bisa dipakai di masyarakat dan dipakai untuk membeli sembako lain. Karena sangat mustahil tiap pemilik toko tahu 1 keluarga, apalagi jika toko tersebut berada di pasar.

Jadi, jika mau berhitung, pembatasan yang telah dilakukan hanya akan berakhir sia-sia.

Dan jika kita mau blak-blakan mengenai langkah Anies di Jakarta ini, mungkin bagi masyarakat luar Jakarta akan terlihat hebat bak pahlawan. Benarkah seperti itu kenyataannya? Tidak semanis yang Anies katakan. Covid-19 tetap leluasa berpindah kesana-sini. Bahkan wilayah zona merah pandemi Covid-19 di Jakarta, tepatnya Jakarta Selatan, tepatnya lagi di Mampang Prapatan, masyarakat tetap beraktifitas seperti biasa. Tak ada 1 pun jajaran Dinas Kesehatan yang turun ke masyarakat, ke RW-RW untuk mensosialisasikan bahaya Covid-19 ini. Padahal ini penting, karena masyarakat Jakarta terkenal kopig, ndableg, semaunya. Biarpun berita corona telah banyak beredar di media, berita hanyalah berita menurut mereka. Kalau tidak digetok kepalanya dengan timbangan berat badan digital, mereka tak akan sadar. Ini berlaku bagi mereka yang tinggal di pemukiman padat penduduk.

Nah, terakhir.
Yakin langkah ini akan berhasil? Semua berpulang ke masyarakat. Akan tetapi, meminta kesadaran masyarakat itu ibarat menegakkan benang basah. Teramat sulit dilakukan.

Nanti dilihat saja sama-sama.




Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 34 lainnya memberi reputasi
35
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 9
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 14:54
Panic Buying...gak perlu...!sediakan sembako & obat2an seperlunya...
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 14:55
Quote:Original Posted By aceng.fani
Jahe merah di super market ludes cuy
Padahal harganya mahal banget
Jahe putih sekilo 80rb emoticon-Ngakak
Mau ngapain anjir ?


Njir mending nanem bre. Di ane gratis tuh tinggal nyabutemoticon-Big Grin
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:02
Yg Ts utarakan itu benar,

Harus ada sistem nih, bagusnya di distribusikan ke RT aja lah. Biar lebih rata dan tepat sasaran.. Kasian warga miskin yg ga tau apa apa.. Jadi tiap warga belinya ke RT. ( stok buloq di distribusikan ke Rt dulu ) jangan ke pengecer atau dep store.
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:06
Quote:Original Posted By fa.uz
Njir mending nanem bre. Di ane gratis tuh tinggal nyabutemoticon-Big Grin


Gw nanem baru sebulan emoticon-Ngakak
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:06
Quote:Original Posted By panjul1993
Panik itu terjadi (mungkin) karena sebagian besar orang hanya melihat tingkat penyebaran kasus Corona yang terbilang cukup tinggi dan sangat pesat. Hanya dalam beberapa bulan saja, kasus Corona yang terjadi di dunia saat ini mencapai 198.241. Melihat itu, pasti yang ada dipikiran sebagian manusia adalah panik. Dan itu wajar.

Tapi, kalau ditelisik lebih lanjut, kasus Corona ini tidak separah saat SARS melanda. Dari 198.241 kasus, yang meninggal hanya 7.965. Dan rata-rata yang meninggal itu sebagian besar adalah orang yang sudah berumur (60 tahun ke atas dan kalaupun ada umur dibawahnya yg meninggal, orang tersebut memiliki history penyakit kronis).

Oke, mari kita lihat perbandingan di bawah ini:

Virus Corona (data hingga 18 Maret 2020)
Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Kasus terkonfirmasi: 198,241
Kematian: 7,965
Negara berkasus: 141
Tingkat kematian: 4.1% (kurang lebih)

MERS (data 2012-2019)
Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV)

Kasus terkonfirmasi: 2.494
Kematian: 858
Negara berkasus: 27
Tingkat kematian: 34,4%

SARS (data epidemi 2002-2003)
Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus (SARS-CoV)

Kasus terkonfirmasi: 8.098
Kematian: 774
Negara berkasus: 26
Tingkat kematian: 9,6%

Ebola (data wabah 2014-2016)
Ebola Virus Disease (EVD)

Kasus terkonfirmasi: 28.616
Kematian: 11.310
Negara berkasus: negara-negara Afrika Barat
Tingkat kematian: bervariasi antara 25% – 90% saat wabah

So, kesimpulannya... Sebenarnya, Corona itu tidak mematikan dan bisa disembuhkan (buktinya banyak yg sembuh kan emoticon-Big Grin). Kalau kalian telisik lebih jauh tentang update Corona ini, maka bisa gw pastikan, kepanikan kalian akan berkurang jauh.

Maka dari itu, banyak berdoa, dan ikuti langkah-langkah dari WHO atau info-info yang sudah banyak beredar di internet dalam mengantisipasi virus Corona. Akhir kata, semoga kita semua selalu dalam perlindungan-Nya. GBU guys, and stay alive emoticon-Nyepi

Info:
https://www.worldometers.info/coronavirus/
https://www.kompas.com/tren/read/202...5829-meninggal
https://www.kompas.com/tren/read/202...agai-negara-36
https://www.cnnindonesia.com/interna...n-virus-corona


Wihh mantap datanya
Thanx sharingnya gan 👍

Tp dr data agan, ada 1 hal jg yg mesti kt waspadai (bkn brrti panik, tp ttp waspada, jgn tllu nyante), yaitu jumlah kasus dan jumpah negara yg terkena kasus.
Brrti penyebarannya tuh cepat dan sulit terdeteksi, persentase kematian kecil (kurleb 4% ya). Tp klo dr 1jt orang 4% itu udh 40rb.
Jd ya, tidak bgtu mematikan tp cepat penyebarannya.
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:13
semua tergantung dari para pedagang nya
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:15
moga2 virusnya bisa segera teratasi dan semoga Indonesia lockdown biar yang kerja pada libur . bisa push rank , amin.
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:22
nah kan apa gue bilang, pemerintah mah gak bisa d andelin, borong2 lah persediaan mulai detik ini, selama kamu masih bisa veli dan daya beli masih bisa stok yg bnyak, blm tau kedepannnya gmn, coba bayangin kalo harga makin naek dan barang sembako susah d dapet trus lu pada d liburin kerja gak di gaji. masih mau bilang gak boleh egois? gak boleh panik?

pemerintah aja gak becus kasih stok kalo memang nanti d lockdown

coba klo d lockdown ya, pasar buka? supermaket buka? trus mau nyari dmn lu pada? ngerampok sawah nya orang?
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:28
iyalah kebanyakan indomie cancer
kebanyakan gula diabetes
lebih mematikan itu
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:32


Quote:Original Posted By aceng.fani
Jahe merah di super market ludes cuy
Padahal harganya mahal banget
Jahe putih sekilo 80rb emoticon-Ngakak
Mau ngapain anjir ?


kalo dibuat minuman hangat emang dipercaya bs ningkatin imunitas gan
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:32


Quote:Original Posted By aceng.fani
Masyarakat kita ini panik tp ga waspada

Media cuma nakut2in doang

Bayangin, td pagi gw pergi kerja, jalanan kosong parah kaya hari sabtu pagi

Eh pas pulang gawe, bis TJ penuh sesak pe buru2 pengen balik gawe emoticon-Ngakak

Gw klo jadi mereka, mending jalan kaki atau naik ojol aja

Yg biasa makan di warteg mesti bener2 waspada, biasanya di warteg itu ga ada tempat cuci tangan

Meski pake sendok, tetep aja kadang ga sadar kita nyentuh makanan secara langsung

Atau di nasi padang, yg cuci tangan pake air kobokan doang tanpa sabun

Waspada boleh
Panik jangan


the last bars tho, memang benar. harus bijaksana dlm ngadepin masalah ini.. waspada harus, panik jangan.
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:33


Quote:Original Posted By therminust
Mie instan sdh masuk dalam bahan pokok sekarang emoticon-Matabelo


secara ga langsung, bener juga sih gan... krn rata2 penduduk indo pasti ngestock mie instan juga
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:34


Quote:Original Posted By mows
Wah pembatasan lagi pembatasan lagi.
Ini cara era milenial yang kurang efektif.

Seharusnya Bulog dan Kemendag yang bertanggung jawab ini. Tapi adem2 aja.
Tidak akan efektif di harganya, malah nanti dimainkan oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab buat bikin makin langka padahal dibatasi.


ini juga jadi salah satu yg ane takutin gan, harganya jd naik sesuai permintaan
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:38
Quote:Original Posted By aceng.fani
Jahe merah di super market ludes cuy
Padahal harganya mahal banget
Jahe putih sekilo 80rb emoticon-Ngakak
Mau ngapain anjir ?


Jiaaah burjo naik dah emoticon-Hammer2
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:44
Waspada boleh yaaa.. panik jangan yaaa hahaha
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:46
sudah mulai panic buying jadi memang harus dibatasi dari pada ada overstock di konsumen yang nggak rasional. ketika situasi normal kembali, overstock itu mau diapakan? kalau dijual lagi ke pasar dengan harga beli, jarang ada yang mau beli. tapi kalau dijual murah, ganggu harga di pasar.
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:48
ayo agan2 udh pada nyetok apa dirumah..sebelum keabisanemoticon-Malu

Gw cukup mie instan dan bbrapa makanan kaleng....cm.dikit.ngeri pengawet
Diubah oleh luluvi
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:52
yo nasbung nasbungemoticon-Big Grin
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 15:52
gua g borong sih
cm gua sedih..beras yg biasa gua makan habis di supermarket deket rumah.... (Beras HOKI)
sisanya tinggal valueplus...aihhhh
0 0
0
Ini Bahan Pokok yang Pembeliannya Dibatasi Mulai Hari Ini
18-03-2020 16:07
Quote:Original Posted By ecchi.senpai
padahal selama ini yg menyebabkan panic buying itu ya statemen dari pusat

- contoh yg pertama waktu pengumuman pasien positif pertama oleh menkes, malanya orang rame2 borong ke supermarket

- ketika kemenkes mengeluarkan anjuran untuk sering cuci tangan atau memakai hand sanitizer langsung kosong tuh barang (masker udah duluan di diborong pas kasus pertama muncul)

- lalu presiden bilang untuk minum jahe dan empon2 (jahe langsung diburu orang2)

setiap ucapan pejabat pusat selalu menimbulkan reaksi panic buying di masyarakat, bahkan hal sepele sekalipun

anis? statemen anis apa yg bikin panic buying selain dia di bully oleh buzzer 72M? bahkan ketika keluar bocoran zona merah KRL JKT-BGR orang2 masih naik KRL, ketika dia bilang orang terinfeksi bisa mencapai 6000 orang2 cuma menganggapnya angin lalu, lebih2 dia malah dibully sama buzzer 72M dibilang bikin panik. padahl di akar rumput ga ada kepanikan sama sekali

jadi gue bingung ketika anis dikatakan bikin warga panik padahal fakta di lapangan statemen pejabat pusat yg justru menggerakkan orang2 untuk memborong barang. kenapa tidak minta tanggung jawab presiden padahal gara2 dia harga jahe dan bahan jamu lainnya jadi naik ga karuan dan langka dipasaran. padahal itu termasuk bumbu dapur penting

otak mana otak


Sbnrnya ya gan ane bukannya gmn ya gan no hard feeling ya, tp ane kurang suka sm yg model agan gini. Fanboi2an sm satu kubu. Sama aja bre mau pak anies mau pemerintah pusat dr presiden sm bawah2nya sama aja bro. Ga ada yang mending kok bro. Contoh pemerintah pusat mestinya sudah begini mau tunggi apa lagi kalo ga mau lockdown ya buatlah masyarakat kita tertib dengan tidak panic buying, social distance, dll jgn cmn himbau2 cmn wacana aja bro. Udh gt penanganan force major gini kaya ga siap sama sekali. Seperti bingung harus gmn. Buat pak anis sama aja beliau kalo ane liat sepak terjang nya semenjak jadi gubernur maaf ya gan beliau ini terlalu pragmatis orgnya, intinya ane tau buat pak anis yang penting ambisi dan lust for power. Sehingga semua cara dilakuin termasuk berbuat yang tearitikal di masyarakat bukan sinergi ma pusat jg. Kenapa harus tearitikal? Supaya looks good kan buat org awam. So bro saran ane ga perlu fanboi2 an sm salah satu kubu. 1 word. Sama aja semua jg.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia