News
Batal
KATEGORI
link has been copied
149
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e71513709b5ca28e65a1bbf/buntut-viral-wna-kemnaker-usir-49-tka-ilegal-asal-tiongkok-di-sultra
Hasilnya, sebanyak 49 dinyatakan tidak memiliki izin kerja dari Kemenaker, dan mereka terpaksa harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja pada Selasa malam (17/3).
Lapor Hansip
18-03-2020 05:37

Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra

Past Hot Thread


Jakarta, IDN Times - Kementerian Tenaga Kerja memeriksa puluhan warga negara asing (WNA) asal Tiongkok yang bekerja di perusahaan tambang yang berada di kawasan Konawe, Sulawesi Tenggara.

Hasilnya, sebanyak 49 dinyatakan tidak memiliki izin kerja dari Kemenaker, dan mereka terpaksa harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja pada Selasa malam (17/3).

Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dita Indah Sari mengatakan, puluhan TKA asal Tiongkok itu hanya memiliki visa kunjungan, sehingga menyalahi aturan ketenagakerjaan.

1. Sebanyak 49 TKA asal Tiongkok hanya memiliki visa kunjungan

Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
Dita mengatakan, puluhan TKA asal Tiongkok itu tidak memiliki visa kerja, sehingga menyalahi aturan ketenagakerjaan. Mereka harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja malam ini juga.

"(Sebanyak) 49 warga negara China yg ada di situ tidak memiliki izin kerja dari Dir PTKA Kemnaker. Mereka hanya mengantongi visa kunjungan," tulis Dita dalam akun Twitternya, @Dita_Sari_, Selasa.

Kemenaker juga akan menelusuri pihak mana yang mendatangkan puluhan WNA asal Tiongkok itu, untuk bekerja di Indonesia. "Nanti akn terungkap saat disidik," kata Dita.
 
2. TKA asal Tiongkok harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja


Dalam kultwit tersebut, Dita menyebutkan, puluhan TKA ilegal tersebut harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja. Karena sudah jelas, mereka melanggar hukum.

"Keberadaan warga negara asing di lokasi kerja, tanpa visa kerja, jelas menyalahi aturan. Oleh karena itu malam ini mereka semua diperintahkan meninggalkan lokasi perusahaan," tulis Dita.

3. Perusahaan terancam mendapat sanksi hukum karena mempekerjakan TKA ilegal

Selain TKA asal Tiongkok harus menjalani karantina, Dita menyatakan, perusahaan yang mempekerjakan mereka juga terancam dijatuhi sanksi hukum, karena mempekerjakan tenaga kerja ilagal.

"Setelah meninggalkan lokasi, mereka harus dikarantina dengan benar. Sementara perusahaan yang mempekerjakan mereka akan disidik dengan ancaman pidana sesuai bunyi di UU 13 Pasal 42 dan 43," tulis dia.

Selain harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja, puluhan TKA itu juga bekal dijatuhi sanksi berupa deportasi ke asal negaranya. Kemenaker akan berkoordinasi dengan Imigrasi terkait masalah ini.
"Utk tindakan deportasi dsb adl wewenang imigrasi. Kemnaker akan berkoordinasi dng imigrasi," ucap dia.

4. Kapolda Sultra diminta mundur akibat masalah ini


Sebelumnya, warga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, sempat digegerkan dengan viralnya sebuah video yang merekam kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang mengenakan masker dan membawa koper di Bandara Haluoleo Kendari, pada Minggu (15/3) malam.

Dalam video berdurasi 58 detik tersebut, puluhan TKA tampak mengenakan masker. Seseorang yang diduga mengambil video tersebut juga menyebutkan bahwa puluhan TKA itu adalah pembawa virus corona yang baru datang dari Tiongkok.
"Corono bro, satu pesawat corona baru datang, corona bro, luar biasa. Di bandara Haluoleo Kendari," sebut seseorang di dalam video. Video itupun lantas viral di media sosial, khususnya di grup WhatsApp dan Facebook.

Menyusul peristiwa tersebut, media sosial Twitter diramaikan dengan tagar #copotkapoldasultra, bahkan tagar tersebut menjadi trending topic pada Selasa (17/3) pagi. Warganet berbondong-bondong menuliskan tagar tersebut agar Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Merdisyam turun dari jabatannya.
Merdisyam pun angkat bicara. Menurut dia, TKA tersebut berada di Sulawesi Utara setelah memperpanjang visa dan kontrak kerja di Jakarta, bukan dari negara asalnya yakni Tiongkok.

"Kami sudah melakukan pengecekan bahwa benar video itu. Akan tetapi, mereka adalah TKA yang bekerja di salah satu perusahaan smelter di Morosi, Kabupaten Konawe yang kembali setelah memperpanjang visanya di Jakarta," kata Merdisyam seperti dikutip dari Antara, Senin (16/3).

Namun keterangan dari Brigjen Pol Merdisyam berbeda dengan keterangan Kantor Imigrasi Kelas l TPI Kendari. Dikutip dari media lokal setempat, sultra.inikata.com, 49 orang asal Tiongkok tersebut adalah orang yang baru masuk ke Indonesia.
Mereka tidak seperti yang dikatakan oleh Kapolda Sultra, yakni sebagai TKA yang telah lama bekerja dan baru selesai melakukan perpanjangan visa di Jakarta.
"Orang baru dari China, provinsi Henan, bukan habis dari Jakarta memperpanjang visa atau izin kerja,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham RI Sulawesi Tenggara, Sofyan.

Kantor Imigrasi Kelas l TPI Kendari menjelaskan bahwa 49 WN Tiongkok yang masuk ke Sulawesi Utara pada Minggu (15/3) berasal dari Provinsi Henan dan menggunakan visa kunjungan yang diterbitkan pada 14 Januari 2020 di KBR Beijing untuk kegiatan calon TKA dalam rangka uji coba kemampuan kerja.

Berdasarkan cap tanda masuk, mereka tiba di Thailand pada 29 Februari 2020. Selain itu berdasarkan surat sehat pemerintah Thailand sejak 29 Februari hingga 15 Maret mereka telah dikarantina di sana dan keluar pada tanggal tersebut.
Petugas Imigrasi Soekarno Hatta juga telah memberikan izin masuk pada 15 Maret 2020. Kantor imigrasi juga membenarkan bahwa mereka datang pada pukul 20.00 WITA dengan penerbangan Garuda GA-696. Sebanyak 49 WN Tiongkok tersebut juga memiliki dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku.


  https://www.idntimes.com/news/indone...di-sultra/full


kalau tdk ketahuan gmn ya






profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 11:16
Quote:Original Posted By dickyb21
Korea Utara
-> Menteri kena corona = ga banyak bacot langsung di Dor
-> Seluruh negara takut


Indonesia
-> Kapolda kerja ga bener, membahayakan seluruh rakyat = Sebelum dipecat, banyak administrasi yang harus diselesaikan, syukur sukur setelah 10 tahun melakukan administrasi kita masi ingat kasus yang dilakukan
-> Bahan lelucon negara didunia
-> Rakyat tetep santuy, Rakyat ga peduli seberapa banyaknya kekayaan Indonesia dikeruk, rakyat ga peduli seberapa memalukannya Indonesia dibikin lelucon negara tetangga, masyarakat sudah sangat puas dengan julukan kosong Indonesia macan asia emoticon-Big Grin

Mana berani seperti itu, yang narkoba aja katanya mau hukum mati mana kali itu realisasinya?!
Banyak ketangkep karna kasua narkoba bisa keluar-masuk rehabemoticon-Nohope
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 11:16
AYOOOOO WAKTUNYA CEBONG DAN PARA PEMAKAN DAGING emoticon-babiWAKTU DAN TEMPAT DIPERSILAHKAN, KEMARIN ADA YANG TERIAK TERIAK HOAX AYOLAH SINI DATANG WKKWKWKW

CEBI TOLOL emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
checkedusername dan davinof memberi reputasi
2 0
2
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 11:19
Nastaik silahkan kejet kejet yang rapih....emoticon-army

Hari ini Nasbung pesta pora! emoticon-Leh Uga

Sekelas Kapolda nyebar hoax? Pasti kapolda hasil didikan revolusi mental ala si nganu yang sukses menjual 7000 unit mobil ghoib sampe meroket.....

emoticon-Matabelo
profile-picture
elanglangit25 memberi reputasi
1 0
1
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 11:27
iya lah, kita gak tau mereka bersih dari corona atau tidak, lebih baik pulang dulu ke negara nya
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 11:27
ada kesalahan dari pemerintah dan bagian imigrasinya juga sih, masa iya bisa lolos. perusahaannya juga....
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 11:47
Quote:Original Posted By davinof
Nastaik silahkan kejet kejet yang rapih....emoticon-army

Hari ini Nasbung pesta pora! emoticon-Leh Uga

Sekelas Kapolda nyebar hoax? Pasti kapolda hasil didikan revolusi mental ala si nganu yang sukses menjual 7000 unit mobil ghoib sampe meroket.....

emoticon-Matabelo

Mobil apaan sampe meroketemoticon-Ngakak
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 11:51
Sikat dah yg ilegal2
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 11:53
kita nggak bisa ngungkapkan apa yang ada di pikiran lagi sekarang.... karena kalau merugikan kepentingan golongan tertentu langsung bisa dituduh hoaxx...
.... Yang Hoax itu sebenarnya adalah yg melakukan framing sesuatu berita yg salah... dan yg punya kemampuan memframing itu ya salah satunya adalah Buzzer.... dan Media....
profile-picture
checkedusername memberi reputasi
1 0
1
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 12:24
Quote:Original Posted By greenology
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra


Memang ndablek pemerintah,negara eropa sudah tutup perbatasan,di sini karena cuan pintu dibukaemoticon-Hammer2
profile-picture
checkedusername memberi reputasi
1 0
1
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 12:27
masi sepii tar balik lgemoticon-Traveller
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 12:38
Kasih sanksi seyltegas tegasnya pada perusahaan yang mempekerjakan mereka
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 12:49
nah loh ilegal
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 12:52
Quote:Original Posted By matt.gaper


Jakarta, IDN Times - Kementerian Tenaga Kerja memeriksa puluhan warga negara asing (WNA) asal Tiongkok yang bekerja di perusahaan tambang yang berada di kawasan Konawe, Sulawesi Tenggara.

Hasilnya, sebanyak 49 dinyatakan tidak memiliki izin kerja dari Kemenaker, dan mereka terpaksa harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja pada Selasa malam (17/3).

Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dita Indah Sari mengatakan, puluhan TKA asal Tiongkok itu hanya memiliki visa kunjungan, sehingga menyalahi aturan ketenagakerjaan.

1. Sebanyak 49 TKA asal Tiongkok hanya memiliki visa kunjungan

Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
Dita mengatakan, puluhan TKA asal Tiongkok itu tidak memiliki visa kerja, sehingga menyalahi aturan ketenagakerjaan. Mereka harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja malam ini juga.

"(Sebanyak) 49 warga negara China yg ada di situ tidak memiliki izin kerja dari Dir PTKA Kemnaker. Mereka hanya mengantongi visa kunjungan," tulis Dita dalam akun Twitternya, @Dita_Sari_, Selasa.

Kemenaker juga akan menelusuri pihak mana yang mendatangkan puluhan WNA asal Tiongkok itu, untuk bekerja di Indonesia. "Nanti akn terungkap saat disidik," kata Dita.
 
2. TKA asal Tiongkok harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja


Dalam kultwit tersebut, Dita menyebutkan, puluhan TKA ilegal tersebut harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja. Karena sudah jelas, mereka melanggar hukum.

"Keberadaan warga negara asing di lokasi kerja, tanpa visa kerja, jelas menyalahi aturan. Oleh karena itu malam ini mereka semua diperintahkan meninggalkan lokasi perusahaan," tulis Dita.

3. Perusahaan terancam mendapat sanksi hukum karena mempekerjakan TKA ilegal

Selain TKA asal Tiongkok harus menjalani karantina, Dita menyatakan, perusahaan yang mempekerjakan mereka juga terancam dijatuhi sanksi hukum, karena mempekerjakan tenaga kerja ilagal.

"Setelah meninggalkan lokasi, mereka harus dikarantina dengan benar. Sementara perusahaan yang mempekerjakan mereka akan disidik dengan ancaman pidana sesuai bunyi di UU 13 Pasal 42 dan 43," tulis dia.

Selain harus meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja, puluhan TKA itu juga bekal dijatuhi sanksi berupa deportasi ke asal negaranya. Kemenaker akan berkoordinasi dengan Imigrasi terkait masalah ini.
"Utk tindakan deportasi dsb adl wewenang imigrasi. Kemnaker akan berkoordinasi dng imigrasi," ucap dia.

4. Kapolda Sultra diminta mundur akibat masalah ini


Sebelumnya, warga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, sempat digegerkan dengan viralnya sebuah video yang merekam kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang mengenakan masker dan membawa koper di Bandara Haluoleo Kendari, pada Minggu (15/3) malam.

Dalam video berdurasi 58 detik tersebut, puluhan TKA tampak mengenakan masker. Seseorang yang diduga mengambil video tersebut juga menyebutkan bahwa puluhan TKA itu adalah pembawa virus corona yang baru datang dari Tiongkok.
"Corono bro, satu pesawat corona baru datang, corona bro, luar biasa. Di bandara Haluoleo Kendari," sebut seseorang di dalam video. Video itupun lantas viral di media sosial, khususnya di grup WhatsApp dan Facebook.

Menyusul peristiwa tersebut, media sosial Twitter diramaikan dengan tagar #copotkapoldasultra, bahkan tagar tersebut menjadi trending topic pada Selasa (17/3) pagi. Warganet berbondong-bondong menuliskan tagar tersebut agar Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Merdisyam turun dari jabatannya.
Merdisyam pun angkat bicara. Menurut dia, TKA tersebut berada di Sulawesi Utara setelah memperpanjang visa dan kontrak kerja di Jakarta, bukan dari negara asalnya yakni Tiongkok.

"Kami sudah melakukan pengecekan bahwa benar video itu. Akan tetapi, mereka adalah TKA yang bekerja di salah satu perusahaan smelter di Morosi, Kabupaten Konawe yang kembali setelah memperpanjang visanya di Jakarta," kata Merdisyam seperti dikutip dari Antara, Senin (16/3).

Namun keterangan dari Brigjen Pol Merdisyam berbeda dengan keterangan Kantor Imigrasi Kelas l TPI Kendari. Dikutip dari media lokal setempat, sultra.inikata.com, 49 orang asal Tiongkok tersebut adalah orang yang baru masuk ke Indonesia.
Mereka tidak seperti yang dikatakan oleh Kapolda Sultra, yakni sebagai TKA yang telah lama bekerja dan baru selesai melakukan perpanjangan visa di Jakarta.
"Orang baru dari China, provinsi Henan, bukan habis dari Jakarta memperpanjang visa atau izin kerja,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham RI Sulawesi Tenggara, Sofyan.

Kantor Imigrasi Kelas l TPI Kendari menjelaskan bahwa 49 WN Tiongkok yang masuk ke Sulawesi Utara pada Minggu (15/3) berasal dari Provinsi Henan dan menggunakan visa kunjungan yang diterbitkan pada 14 Januari 2020 di KBR Beijing untuk kegiatan calon TKA dalam rangka uji coba kemampuan kerja.

Berdasarkan cap tanda masuk, mereka tiba di Thailand pada 29 Februari 2020. Selain itu berdasarkan surat sehat pemerintah Thailand sejak 29 Februari hingga 15 Maret mereka telah dikarantina di sana dan keluar pada tanggal tersebut.
Petugas Imigrasi Soekarno Hatta juga telah memberikan izin masuk pada 15 Maret 2020. Kantor imigrasi juga membenarkan bahwa mereka datang pada pukul 20.00 WITA dengan penerbangan Garuda GA-696. Sebanyak 49 WN Tiongkok tersebut juga memiliki dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku.


  https://www.idntimes.com/news/indone...di-sultra/full


kalau tdk ketahuan gmn ya








cuma bisa nyengir aja
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 12:57
Kalau gak ketauan mungkin lanjut gan sampe mreka nganu dan beranak pinak
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 12:57
kapoldanya asbun, masalah orang asing lebih baik diserahkan ke imigrasi dan untuk ketenagakerjaan asing ya diserahkan aja ke kemnaker. kapoldanya padahal tinggal bilang nanti dikordinasikan dengan pihak terkait mengenai status kedatangan org2 tsb dan org2 tersebut selalu dipantau oleh polisi, kan lebih enak dengernya. mungkin doi punya sifat ABS, biar ga dianggep kecolongan.
tp kalo masalah videonya emang mancing2 sih, bayangin lu br dtg udh disebut2 bawa2 korona. karena yg menentukan lu kena korona atau engga bukan yg mideoin.
tau sendiri orang +62 sense of crisis'nya itu hampir ga ada, selama ini banyak krisis yang malah dijadikan bahan candaan.
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 12:58
Setelah rame baru diusir coba kalau gak ketauan
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 13:08
kok bisa masuk penerbangan dari cina?? emoticon-Kemana TSnya?

wah wah maskapai yg bersangkutan harus di bombardir... seenak jidat cari untung disaat kritis

pemdanya juga idiot emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 13:25
baguslah, kaya gini jadi keliatan hal2 lain biar pada ketahuan semuanya
profile-picture
UriNami memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 13:53
Lagi virus gini... masuk ilegal pulakk.. ckckck
0 0
0
Buntut Viral WNA, Kemnaker Usir 49 TKA Ilegal Asal Tiongkok di Sultra
18-03-2020 13:55
Tembak mati aja TKA asing.
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia