News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
197
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e7189a47e3a721f4474b46e/korea-selatan-turunkan-kasus-virus-corona-covid-19-tanpa-lockdown
Hingga Minggu (15/3/2020), jumah kasus COVID-19 di Korea Selatan mencapai 8.086 dengan 72 kematian. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), dalam dua pekan sebelumnya, rata-rata jumlah kasus tercatat 500 lebih setiap hari.
Lapor Hansip
18-03-2020 09:38

Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown

Past Hot Thread
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown

Liputan6.com, Jakarta - Korea Selatan menjadi salah satu negara dengan kasus positif Virus Corona COVID-19 terbanyak di luar China. Namun, kasus COVID-19 di Korea Selatan kini terus menurun.

Hingga Minggu (15/3/2020), jumah kasus COVID-19 di Korea Selatan mencapai 8.086 dengan 72 kematian. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC), dalam dua pekan sebelumnya, rata-rata jumlah kasus tercatat 500 lebih setiap hari.

Namun, sejak Jumat lalu, angka ini turun menjadi 438, kemudian 367 pada Sabtu, dan 248 pada Minggu. Angka kasus harian yang terkonfirmasi dilaporkan hari berikutnya.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengakui negaranya mengalami tren penurunan infeksi baru COVID-19. Namun, ia mengingatkan agar jangan puas dulu.

"Total jumlah kasus baru terkonfirmasi mengalami penurunan, tapi ada perhatian terhadap sejumlah kasus infeksi massal," kata Deputi Direktur CDC, Kwon Jun-wook.

Karena di antara beberapa kasus baru, lebih dari 60 orang terinfeksi saat bekerja berdekatan satu sama lain di pusat panggilan perusahaan asuransi.

Penurunan tajam ini disebabkan faktor beragam, termasuk tes massal, peningkatan komunikasi publik dan penggunaan teknologi. Tes ekstensif jemaat Gereja Yesus Shincheonji yang dikaitkan dengan lebih dari 60 persen kasus Virus Corona COVID-19 di negara itu juga telah rampung.

Pejabat Korea Selatan berbagi pengalaman mereka dalam melawan wabah dengan mengatakan, isolasi kota sebagaimana diterapkan China di Wuhan, sulit dilaksanakan dalam sebuah masyarakat terbuka.

China juga memberlakukan jarak sosial yang ketat, pemantauan warga secara meluas, dan memastikan kepatuhan mereka pada tindakan pencegahan dengan memberlakukan hukuman dan penghargaan, yang mengakibatkan penurunan signifikan dalam jumlah kasus baru.

"Tanpa melanggar prinsip masyarakat yang transparan dan terbuka, kami merekomendasikan sistem respons yang memadukan partisipasi publik sukarela dengan aplikasi kreatif teknologi canggih," kata Wakil Menteri Kesehatan Korea Selatan, Kim Gang-lip, dikutip dari South China Morning Post.

Kebijakan konvensional dan memaksa seperti isolasi wilayah yang terinfeksi memiliki sejumlah halangan. Kim mengatakan, kebijakan seperti itu dapat merusak semangat demokrasi dan meminggirkan masyarakat yang seharusnya secara aktif ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan.

Korea Selatan proaktif memberikan informasi yang dibutuhkan warganya agar tetap aman, termasuk pengarahan media dua kali sehari dan peringatan darurat yang dikirimkan melalui telepon seluler kepada mereka yang tinggal atau bekerja di distrik tempat kasus baru telah dikonfirmasi.

Rincian mengenai riwayat perjalanan pasien terkonfirmasi juga tersedia di situs web kota secara transparan, terkadang ada yang disertai informasi tempat tinggal atau nama pasien, yang dapat membuat mereka dapat diidentifikasi secara individual, yang mengarah ke masalah privasi.

Pentingnya meningkatkan higienitas juga ditekankan. Warga jarang keluar rumah tanpa menggunakan masker, karena banyak bangunan yang memasang tanda "Tanpa Masker Dilarang Masuk". Pekerja restoran dan supermarket menggunakan masker saat melayani konsumen.

Pemerintah juga menyediakan 50 stasiun pengujian virus Corona dengan konsep drive-thru di seluruh Korea Selatan, di mana hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mengikuti prosedur pengujian. Hasil tes akan tersedia dalam waktu beberapa jam.

Tes Virus Corona COVID-19 di banyak negara cukup mahal, tapi di Korea Selatan, semua tes digratiskan. Negara ini juga mampu memproses lebih dari 15.000 tes diagnostik dalam sehari, dan angka keseluruhan tes mencapai hampir 200.000.

Tes ini memudahkan negara itu untuk mengidentifikasi pasien sejak awal dan meminimalisasi dampak berbahaya, kata pakar kesehatan. Namun, ini juga yang membuat Korea Selatan menjadi negara kedua dengan angka terbesar kasus infeksi di dunia setelah China, walaupun telah disalip Italia pekan ini.

Korea Selatan juga mengeluarkan prosedur imigrasi khusus untuk memantau kedatangan dalam dua pekan tanpa memberlakukan larangan masuknya pelancong dari luar.

Mereka yang datang dari China, termasuk Hong Kong dan Makau, tidak termasuk Taiwan, menjalani pengecekan suhu tubuh, sementara informasi kontak domestiknya diverifikasi dan mereka wajib mengisi pernyataan kesehatan.

Mereka juga diminta mengunduh aplikasi diagnosa-diri di ponsel mereka dan ditangani secara intensif jika menunjukkan gejala.

Korea Selatan juga menggunakan teknologi IT mutakhir dan kamera pengawas di mana-mana untuk melacak sumber infeksi, mengidentifikasi pergerakan kasus yang dikonfirmasi berdasarkan transaksi kartu kredit, dan pelacakan ponsel, dan mengungkapkan informasi ini untuk membantu melacak siapa saja yang mungkin memiliki kontak dengan mereka.

Mereka yang berisiko ditempatkan dalam isolasi diri dan ditangani secara menyeluruh berdasarkan individu oleh otoritas kesehatan.

Untuk mengatasi kekurangan tempat tidur di rumah sakit, negara ini telah mengubah banyak pusat pelatihan kerja dan fasilitas publik lainnya menjadi pusat perawatan di mana pasien yang menunjukkan gejala ringan Virus Corona COVID-19 ditempatkan untuk menjalani karantina.

Profesor Kim Woo-joo dari Fakultas Kedokteran Universitas Korea mengatakan negara ini telah berpengalaman dengan krisis kesehatan darurat, seperti pandemi flu H1N1 pada 2009 dimana ada 750.000 kasus dan 180 kematian, dan wabah MERS pada 2015 yang menginfeksi 186 orang dan 39 kematian.

"Korea Selatan mendapat pelajaran berharga dari wabah-wabah ini," ujarnya.

"Kesadaran publik untuk pentingnya higienitas individu seperti mencuci tangan dan menggunakan masker juga meningkat pesat, berkat pengalaman mereka atas wabah-wabah di masa lalu."

Negara itu juga melatih petugas medis untuk melawan wabah pandemi, khususnya tes infeksi, penelusuran dan isolasi kontak.

"Tak banyak negara di dunia seperti Korea Selatan yang punya pemikiran dan fasilitas produk yang diperlukan untuk melawan wabah virus," kata profesor kesehatan masyarakat Universitas Nasional Seoul, Hwang Seung-sik.

Terlepas dari fasilitas ini, Kim mengatakan akan sulit bagi masyarakat terbuka seperti Korea Selatan untuk memberlakukan isolasi kota seperti di China.

Hong Ik-pyo terpaksa mengundurkan diri sebagai kepala juru bicara Partai Demokrat yang berkuasa setelah mendapat kecaman atas pernyataannya bahwa Kota Daegu, pusat wabah baru-baru ini, harus diisolasi.

Pernyataan itu datang pada waktu yang sensitif secara politik, dengan pemilihan parlemen akan diadakan pada 15 April.


Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown

Pembelajaran yang baik,,,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anasabila dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 8
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 10:24
Quote:Original Posted By aortanesia
Itu karena warganya NURUT,catat di negara ini masih banyak warga BEBAL yg minim literasi!!

Lockdown daerah2 terpapar jalan satu2nya..


ngaco!

ga akan bisa!!! emoticon-shakehand

nb: no offensive..
Diubah oleh khayalan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 10:40
Tingkat kedongoan Rakjat +62 emang unlimited.

tp kalo dikerasin tereak HAM, pemerintah rejim komunis, rejim otoriter..

susah.. rakjat +62 udah terlalu picik, biarkan hukum alam yg bekerja. Seleksi alam..

Biarkan Virus Corona masuk ke setiap sel2 darah manusia +62, Rakjat bebal sekali2 perlu dikasi pelajaran..

biar mamposss..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
natokh02 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 10:52
Quote:Original Posted By Schivver
Emang daerah agan ada tong sampahnya ?

Soalnya daerah ane tong sampah yang baru dipasang gak sampe seminggu uda gak nampak lagi.


Tempat ane banyak tempat sampah

Tapi sampah berserakan

Ane sih selalu bawa sampah ane, sampe ketemu tong sampah baru di buang
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 10:54
nila setitik,
kalo tar udah pada revocer, nila nya masih ada, eh nyebar lagi
0 0
0
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:00


Quote:Original Posted By Anyar.lik
Manusia najis lu, menjijikkan .... Kondisi kayak gini masih aja bahas politik, telek pitik, Taek koen



Kalo yang gak sependapat pasti di cap kadrun sama dia. Isi thread apa komen nya apa, emang orang gila tu gan.
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan lqmnnhkm memberi reputasi
2 0
2
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:02
ngaca lu pade bray. otak org sini mah gak bisa bedain work from home sama hari libur
0 0
0
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:31
Mantav juga nih korsel
0 0
0
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:32
"Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengakui negaranya mengalami tren penurunan infeksi baru COVID-19. Namun, ia mengingatkan agar jangan puas dulu."

Beda sama di sini, baru sembuh 3, udah seremonial dan bikin jumpa pers gede2 an
profile-picture
profile-picture
profile-picture
paganisme dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:33
Quote:Original Posted By Kamerad.Kaskus
@aortanesia

Virus Covid19 bisa bertahan lama di meja pintu kursi lemari buku rak dll. Mau di Lockdown sekalipun kalau kebiasaan orang indo tidak NURUT, pulang belanja makan langsung pegang makanan tanpa cuci tangan, ya tetap susah, virus akan tetap menyebar. Setelah masa Lockdown 14 hari, sisa-sisa virus akan kembali menginfeksi yang lain, muncul wabah season 2, trus balik lagi mau lockdwon, gitu terus ngak akan ada habisnya. Pemerintah ngak mungkin pake regulasi untuk control tangan setiap orang untuk jangan pegang makanan sebelum cuci tangan.

Jadi ngak ada gunanya Lockdown, makanya Singapore pun sampai sekarang juga ngak mau lockdown.

Lockdown akan lebih banyak negatifnya untuk Indonesia.

Makanya SELF ISOLATED nya digencarkan, jaga jarak 1m, rajin cuci tangan dll. Disiplin pribadi itu satu-satunya jalan. Edukasi keluarga masing-masing, jaga orang-orang yang kita sayangi.

Pada akhirnya terpulang pada kebiasaan dan disiplin kita masing-masing.


Setidaknya menunjukan ke rakyat yg bebal sok jagoan ini adalah masalah yg gawat,perubahan status juga bisa merubah pola pikir dan kebiasaan warga..apa yg diharepin sekarang?dianjurkan sholat di rumah saja,alasannya macam2 bikin eneg..ingat ga semua rakyat punya literasi yg baik menghadapi kasus ini.makanya harus dipaksa..
0 0
0
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:33
yah disana mah dikasih tau nurut, lah disini dikasih tau selalu punya pemikiran sendiri a.k.a pembenaran diri wkwkwkwkwk emoticon-Betty emoticon-Ngakak
0 0
0
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:35
Quote:Original Posted By lupis.manis
Ga bisa! emoticon-Mad

Pokoknya kadrun minta lockdown! emoticon-Mad

Kapan lagi bisa bermanja ria dibiayai pemerintah selama lockdown sesuai pasal 55 UU no. 6 tahun 2018? emoticon-Mad

Kalau ntar kadrun ga puas, kadrun lapar, kadrun bisa beringas dan ganas! emoticon-Mad

Bisa nuntut, rusuh, dan chaos nuntut pemerintah lengser! emoticon-Mad

2014 pilpres, jagoan kadrun keok!
2019 pilrpes, keok lagi! emoticon-Mad

Kapan lagi momentumnya, saat dibantu tentara Allah ini! emoticon-Mad


wkwkwkwkw
ini orang dibayar berapa sih jadi buzzer kaskus. gw mau dong. mayan buat tambahan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
1 0
1
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:39
seluruh korsel memang tidak, tapi daegu pusat penyebarannya kena isolasi kok. bahkan busan juga sempet kena sebentar tapi habis itu dibuka

semua negara top 5 corona itu sudah melakukan lockdown, ga ada yg engga
profile-picture
Nibrashilmy2 memberi reputasi
1 0
1
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:39
Indon juga negara maju kok, kata si donal bebek. Jadi gak perlu lokdon lokdon emoticon-army
0 0
0
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:41
Quote:Original Posted By lupis.manis
Ga bisa! emoticon-Mad

Pokoknya kadrun minta lockdown! emoticon-Mad

Kapan lagi bisa bermanja ria dibiayai pemerintah selama lockdown sesuai pasal 55 UU no. 6 tahun 2018? emoticon-Mad

Kalau ntar kadrun ga puas, kadrun lapar, kadrun bisa beringas dan ganas! emoticon-Mad

Bisa nuntut, rusuh, dan chaos nuntut pemerintah lengser! emoticon-Mad

2014 pilpres, jagoan kadrun keok!
2019 pilrpes, keok lagi! emoticon-Mad

Kapan lagi momentumnya, saat dibantu tentara Allah ini! emoticon-Mad


Wkwk.. vangke skenarionya emoticon-Ngakak
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1 0
1
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:41
Quote:Original Posted By moek...moek
wkwkwkwkw
ini orang dibayar berapa sih jadi buzzer kaskus. gw mau dong. mayan buat tambahan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Lumayan dibayar 500 perak perpostingan.......makin goblok postingannya makin banyak tawarannya
0 0
0
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:42
di negara kita, ane sndiri bingung dah, pada kek gak takut atau ngeyel sama otoritas pemerintah. padahal ini udah darurat, masih aja ngelanggar aturan yg udah ditetapin,
work or study from home, kok malah jadi liburan plesiran emoticon-Cape d...
semoga belom terlambat ya perilaku warga negara +62 berubah
0 0
0
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:43
budaya pali pali
budaya ngebut
0 0
0
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:45
Quote:Original Posted By aortanesia
Itu karena warganya NURUT,catat di negara ini masih banyak warga BEBAL yg minim literasi!!

Lockdown daerah2 terpapar jalan satu2nya..


Setuju gan, mau d lock down juga klo masyarakatnya anarki rewel kebnyakan tingkah gak nurut y susah gan.. mau di awasin pake tentara polisi yg patroli tiap hari juga klo kesadran masyarakat rendah cuman buang2 tenaga aja sama waktu
0 0
0
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:45
pikir negara indo lain ... kita negara kepulauan, mau lock down dr sabang sampai merauke emangnya ekonomi merata? berapa banyak rakyat yg kerja sektor informal, seperti driver online ? nga kerja mereka penghasilan dr mana ? mau makan pakai apa? mikir oi yg pro lock down.
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown
18-03-2020 11:46
Quote:Original Posted By jualalprazolam
kata trump, indonesia negara maju loh emoticon-Wakaka

Korea Selatan Turunkan Kasus Virus Corona COVID-19 Tanpa Lockdown


Kebayang gak pentilnya warna apa?
0 0
0
Halaman 2 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Teror Virus Corona!
teror-virus-corona
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia