Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
144
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6b377c88b3cb52162c5e0b/yuk-intropeksi-diri-dulu-sebelum-memberi-komentar-negatif-pada-orang-lain
Ketahuilah, saat kamu melontarkan komentar negatif pada orang lain saat itu juga kamu melupakan bahwa hidupmu sendiri belum sempurna dan belum tentu benar. Biarlah orang lain hidup dengan caranya sendiri, tidak perlu kita ikut campur dalam kehidupan orang lain. Dan ingat satu hal: sebelum melontarkan komentar negatif pada orang lain, lihat dulu apakah diri sendiri sudah baik atau malah sebaliknya.
Lapor Hansip
13-03-2020 14:34

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Selamat sore kaskuser dan pembaca setia akun katakhoi. Semoga tidak pernah lelah dalam berjuang dan semoga selalu bahagia.

Zaman sekarang kelihatannya orang-orang lebih berlomba-lomba dalam mengomentari hidup orang lain daripada mengomentari hidupnya sendiri. Selain itu, tidak sedikit dari mereka yang melontarkan komentar-komentar yang seharusnya tidak pantas untuk diucapkan, apalagi di khalayak umum. Namun, seperti tidak peduli terhadap apa pun yang ada di sekitarnya, komentar-komentar negatif selalu saja mengalir dari setiap mulut manusia yang tidak bisa dijaga.

Ketahuilah, saat kamu melontarkan komentar negatif pada orang lain saat itu juga kamu melupakan bahwa hidupmu sendiri belum sempurna dan belum tentu benar. Biarlah orang lain hidup dengan caranya sendiri, tidak perlu kita ikut campur dalam kehidupan orang lain. Dan ingat satu hal: sebelum melontarkan komentar negatif pada orang lain, lihat dulu apakah diri sendiri sudah baik atau malah sebaliknya. Itu akan lebih baik bagi hidupmu sendiri maupun hidup orang lain.


Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Dan inilah 5 hal yang harus kamu ingat lebih dulu sebelum memberikan komentar negatif pada orang lain.

1. Hidupmu sendiri belum tentu benar, tidak perlu mengomentari hidup orang lain

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Memberikan saran dan masukan boleh boleh saja, tapi jika mengomentari hidup orang lain dengan ucapan-ucapan negatif, itu sepertinya tidak perlu dilakukan. Yang menjadi pertanyaan, "Untuk apa melakukan seperti itu? Apa hidupmu sendiri sudah tentu benar sampai berani memberikan komentar negatif pada orang lain?" Yang menjadi kerukunan dan kenyamanan dalam hidup bersosialisasi karena adanya rasa saling menghormati. Biarkan orang lain hidup dengan caranya, dan kamu hiduplah dengan caramu sendiri.

2. Jika mereka tidak merugikanmu maka biarkanlah, gak usah ikut campur apalagi sampai memberikan komentar negatif

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Yang mereka lakukan adalah sesuatu yang akan mereka tanggung sendiri resikonya. Mereka tidak memintamu untuk menanggung segala resikonya, lalu untuk apa kamu mengomentari segala apa yang dilakukannya? Jika mereka tidak merugikanmu, lalu kenapa kamu harus memberikan komentar negatif pada hidupnya? Kamu tidak suka melihat apa yang dilakukannya? Ya udah, jangan dilihat, abaikan! Lebih baik intropeksi diri sendiri daripada buang-buang waktu untuk mengomentari hidup orang lain.

3. Mending intropeksi diri sendiri dulu sebelum memvonis orang lain buruk

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Tahukah kamu, bahwa semakin kamu intropeksi dirimu sendiri maka tanpa sadar pintu hatimu dari keburukan akan semakin jauh. Yuk, kita intropeksi diri sendiri dan hidup sendiri dulu daripada memberikan komentar negatif pada orang lain, apalagi sampai memvonis orang lain buruk. Duh, jangan sampai deh. Ada begitu banyak cara untuk menikmati hidup dan mensyukuri segala nikmat Tuhan. Cobalah untuk menjaga lisan dan ucapan dari segala sesuatu yang tidak seharusnya diucapkan.

Quote:
Baca juga:

Yuk, Cintai Diri Sendiri dengan Tidak Mencampuri Urusan Orang Lain

7 Tanda Rasa Kemanusiaan Seseorang Hampir Hilang Dalam Dirinya

Sebuah Teori Pengenalan Jati Diri: Teori Untuk Siapa Aku Hidup?


4. Hak berbicara memang untuk setiap orang, begitu pun dengan hak menjaga ucapan adalah hak setiap orang juga

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Memang tidak ada salahnya saat kamu mengomentari hidup orang lain. Memang tidak ada salahnya saat menjudge kehidupan orang lain. Memang tidak ada salahnya saat kamu melontarkan ucapan-ucapan negatif pada orang lain. Karena itu adalah hak setiap orang. Tetapi tahukah kamu bahwa selain itu ada hak yang telah kamu lupakan: bahwa menjaga ucapan adalah hak setiap orang juga, termasuk dirimu sendiri. Jika kamu berkata sesuai keinginanmu maka kamu punya hak untuk menjaga setiap perkataanmu.

5. Semakin sering kamu memberikan komentar negatif pada orang lain, maka semakin lama pintu hatimu untuk melihat kebaikan orang lain akan semakin tertutup

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Orang-orang yang selalu memberikan komentar negatif pada orang lain adalah orang-orang yang tidak bisa melihat sedikit pun sisi kebaikan dari orang lain. Mereka hanya bisa memandang dari sisi keburukannya, padahal jika ditanya dirinya sendiri pun tidak mau dipandang buruk oleh orang lain. Semakin sering kamu memberikan komentar negatif pada orang lain, maka semakin lama pintu hatimu untuk melihat kebaikan orang lain akan semakin tertutup.

Nah, itulah penjelasan dari 5 hal yang harus kamu ingat lebih dulu sebelum memberikan komentar negatif pada orang lain. Intinya, sering-sering intropeksi diri biar menjadi orang tahu diri. Semoga kita adalah orang-orang yang bisa menjaga setiap lisan dan ucapan.

Narasi: murni imajinasi sendiri
Sumber gambar:
Cover
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 8
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:06
ngapain jangan ngasih komentar negatif ke orang, gak penting juga.
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:09
duh setuju banget sih sama poin kedua, kalo ngga ada hubungannya sama kita mah ngga usah ikut campur. nanti malah capek sendiri, urusin urusan hidup masing masing aja
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:15
kalo ane liat dulu orang yang di hadapi seperti apa, kadang ada beberapa orang juga membutuhkan komentar untuk menjadi lebih baik emoticon-Shakehand2
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:18
Emang bener nih... Harus introspeksi dulu kalo mau ngomong
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:18
mantap sangat insiratif
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:18
Quote:Original Posted By Katakhoi
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Selamat sore kaskuser dan pembaca setia akun katakhoi. Semoga tidak pernah lelah dalam berjuang dan semoga selalu bahagia.

Zaman sekarang kelihatannya orang-orang lebih berlomba-lomba dalam mengomentari hidup orang lain daripada mengomentari hidupnya sendiri. Selain itu, tidak sedikit dari mereka yang melontarkan komentar-komentar yang seharusnya tidak pantas untuk diucapkan, apalagi di khalayak umum. Namun, seperti tidak peduli terhadap apa pun yang ada di sekitarnya, komentar-komentar negatif selalu saja mengalir dari setiap mulut manusia yang tidak bisa dijaga.

Ketahuilah, saat kamu melontarkan komentar negatif pada orang lain saat itu juga kamu melupakan bahwa hidupmu sendiri belum sempurna dan belum tentu benar. Biarlah orang lain hidup dengan caranya sendiri, tidak perlu kita ikut campur dalam kehidupan orang lain. Dan ingat satu hal: sebelum melontarkan komentar negatif pada orang lain, lihat dulu apakah diri sendiri sudah baik atau malah sebaliknya. Itu akan lebih baik bagi hidupmu sendiri maupun hidup orang lain.


Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Dan inilah 5 hal yang harus kamu ingat lebih dulu sebelum memberikan komentar negatif pada orang lain.

1. Hidupmu sendiri belum tentu benar, tidak perlu mengomentari hidup orang lain

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Memberikan saran dan masukan boleh boleh saja, tapi jika mengomentari hidup orang lain dengan ucapan-ucapan negatif, itu sepertinya tidak perlu dilakukan. Yang menjadi pertanyaan, "Untuk apa melakukan seperti itu? Apa hidupmu sendiri sudah tentu benar sampai berani memberikan komentar negatif pada orang lain?" Yang menjadi kerukunan dan kenyamanan dalam hidup bersosialisasi karena adanya rasa saling menghormati. Biarkan orang lain hidup dengan caranya, dan kamu hiduplah dengan caramu sendiri.

2. Jika mereka tidak merugikanmu maka biarkanlah, gak usah ikut campur apalagi sampai memberikan komentar negatif

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Yang mereka lakukan adalah sesuatu yang akan mereka tanggung sendiri resikonya. Mereka tidak memintamu untuk menanggung segala resikonya, lalu untuk apa kamu mengomentari segala apa yang dilakukannya? Jika mereka tidak merugikanmu, lalu kenapa kamu harus memberikan komentar negatif pada hidupnya? Kamu tidak suka melihat apa yang dilakukannya? Ya udah, jangan dilihat, abaikan! Lebih baik intropeksi diri sendiri daripada buang-buang waktu untuk mengomentari hidup orang lain.

3. Mending intropeksi diri sendiri dulu sebelum memvonis orang lain buruk

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Tahukah kamu, bahwa semakin kamu intropeksi dirimu sendiri maka tanpa sadar pintu hatimu dari keburukan akan semakin jauh. Yuk, kita intropeksi diri sendiri dan hidup sendiri dulu daripada memberikan komentar negatif pada orang lain, apalagi sampai memvonis orang lain buruk. Duh, jangan sampai deh. Ada begitu banyak cara untuk menikmati hidup dan mensyukuri segala nikmat Tuhan. Cobalah untuk menjaga lisan dan ucapan dari segala sesuatu yang tidak seharusnya diucapkan.



4. Hak berbicara memang untuk setiap orang, begitu pun dengan hak menjaga ucapan adalah hak setiap orang juga

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Memang tidak ada salahnya saat kamu mengomentari hidup orang lain. Memang tidak ada salahnya saat menjudge kehidupan orang lain. Memang tidak ada salahnya saat kamu melontarkan ucapan-ucapan negatif pada orang lain. Karena itu adalah hak setiap orang. Tetapi tahukah kamu bahwa selain itu ada hak yang telah kamu lupakan: bahwa menjaga ucapan adalah hak setiap orang juga, termasuk dirimu sendiri. Jika kamu berkata sesuai keinginanmu maka kamu punya hak untuk menjaga setiap perkataanmu.

5. Semakin sering kamu memberikan komentar negatif pada orang lain, maka semakin lama pintu hatimu untuk melihat kebaikan orang lain akan semakin tertutup

Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Orang-orang yang selalu memberikan komentar negatif pada orang lain adalah orang-orang yang tidak bisa melihat sedikit pun sisi kebaikan dari orang lain. Mereka hanya bisa memandang dari sisi keburukannya, padahal jika ditanya dirinya sendiri pun tidak mau dipandang buruk oleh orang lain. Semakin sering kamu memberikan komentar negatif pada orang lain, maka semakin lama pintu hatimu untuk melihat kebaikan orang lain akan semakin tertutup.

Nah, itulah penjelasan dari 5 hal yang harus kamu ingat lebih dulu sebelum memberikan komentar negatif pada orang lain. Intinya, sering-sering intropeksi diri biar menjadi orang tahu diri. Semoga kita adalah orang-orang yang bisa menjaga setiap lisan dan ucapan.

Narasi: murni imajinasi sendiri
Sumber gambar:
Cover
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar


Betul.
Apalagi yang sering menghina gubernur jakarta yang sekarang.
emoticon-Ngamuk

Belum tentu beliau itu pinter. Ya toh.


emoticon-Ngakak

0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:20
bner bnget gan
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:20
santai, kita di jelek2in orang ga masalah

ingat karma itu ada, kelak kalau anda ga diomongin orang ya anak anda yg diomongin temannya

BATA!
Diubah oleh red.bezos
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:23
talk is cheap & lie so expensive brohh emoticon-Ngakak
profile-picture
darxze memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:25
Quote:Original Posted By embunsuci
Hu'um. Kangen lho, ke mana ajah, dik?



Dipanggang ajah dah



Waah ini malaikat Kaskus ada di mari jugaemoticon-Ngakak


Saya lagi sakit, kak. Demam tinggi, parah. Sejak 2 hari yang lalu. emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
srusuut dan embunsuci memberi reputasi
2 0
2
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:43
Prinsipnya ga ganggu yang udah ga akan ngegangguemoticon-Ngakak
Toh ane tau diri kokemoticon-Ngakak
Semakin komen negatif semakin tertutup........ane malah semakin ga liat orangnya walopun didepan aneemoticon-Ngakak
Bukan komen negatif gan,maksud membangun tapi dia tuh ga mau dibangunemoticon-No Hopeyaudah ane suruh tidur ajaemoticon-Ngakak
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:44
Quote:Original Posted By Katakhoi
Saya lagi sakit, kak. Demam tinggi, parah. Sejak 2 hari yang lalu. emoticon-Frown


Ya Allah sayang, kok ndak cerita. Dah sembuh? Emm? emoticon-Turut Berduka
profile-picture
srusuut memberi reputasi
1 0
1
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:47
orang suka nyinyir biasanya panjang umur tapi banyak menderita karena menurut mereka semua serba salah emoticon-Big Grin
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:55
mau positif atau negatif, klo ane pribadi si jarang komentar gan
soalnya ane sendiri aja belom ngerasa bener si
emoticon-Malu

Tolong ane dibata, untuk bikin rumah gan ~
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 11:57
Sapa suruh share hidup lo di medsos?

Siap dipuji2 ya siap dihina2
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 12:02
Klo ga ingin dikomentari tinggal dihutan...
Hidup ditengah masyarakat yg macam2 pasti ada aja yg berkomentar.
Apalagi klo ente public figur... Sudah pastilah itu terjadi...
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 12:05
Quote:Original Posted By swiitdebby
Gue sih mendingan diem

Daripada mengomentari orang lain yang bentuk nya negatif

Iyaa yg ada malah ngegazz jadinya..
Quote:Original Posted By Katakhoi
Saya lagi sakit, kak. Demam tinggi, parah. Sejak 2 hari yang lalu. emoticon-Frown

Gws yaa khoi.. emoticon-Nyepi
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 12:16
5 hal di atas benar-benar jadi pengingat yang baik
0 0
0
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain
18-03-2020 12:22
Lagi baper y
0 0
0
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
Hobby & Community
tipe-tipe-pembaca-novel
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia