• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain

Katakhoi
TS
Katakhoi
Yuk, Intropeksi Diri Dulu Sebelum Memberi Komentar Negatif pada Orang Lain


Selamat sore kaskuser dan pembaca setia akun katakhoi. Semoga tidak pernah lelah dalam berjuang dan semoga selalu bahagia.

Zaman sekarang kelihatannya orang-orang lebih berlomba-lomba dalam mengomentari hidup orang lain daripada mengomentari hidupnya sendiri. Selain itu, tidak sedikit dari mereka yang melontarkan komentar-komentar yang seharusnya tidak pantas untuk diucapkan, apalagi di khalayak umum. Namun, seperti tidak peduli terhadap apa pun yang ada di sekitarnya, komentar-komentar negatif selalu saja mengalir dari setiap mulut manusia yang tidak bisa dijaga.

Ketahuilah, saat kamu melontarkan komentar negatif pada orang lain saat itu juga kamu melupakan bahwa hidupmu sendiri belum sempurna dan belum tentu benar. Biarlah orang lain hidup dengan caranya sendiri, tidak perlu kita ikut campur dalam kehidupan orang lain. Dan ingat satu hal: sebelum melontarkan komentar negatif pada orang lain, lihat dulu apakah diri sendiri sudah baik atau malah sebaliknya. Itu akan lebih baik bagi hidupmu sendiri maupun hidup orang lain.




Dan inilah 5 hal yang harus kamu ingat lebih dulu sebelum memberikan komentar negatif pada orang lain.

1. Hidupmu sendiri belum tentu benar, tidak perlu mengomentari hidup orang lain



Memberikan saran dan masukan boleh boleh saja, tapi jika mengomentari hidup orang lain dengan ucapan-ucapan negatif, itu sepertinya tidak perlu dilakukan. Yang menjadi pertanyaan, "Untuk apa melakukan seperti itu? Apa hidupmu sendiri sudah tentu benar sampai berani memberikan komentar negatif pada orang lain?" Yang menjadi kerukunan dan kenyamanan dalam hidup bersosialisasi karena adanya rasa saling menghormati. Biarkan orang lain hidup dengan caranya, dan kamu hiduplah dengan caramu sendiri.

2. Jika mereka tidak merugikanmu maka biarkanlah, gak usah ikut campur apalagi sampai memberikan komentar negatif



Yang mereka lakukan adalah sesuatu yang akan mereka tanggung sendiri resikonya. Mereka tidak memintamu untuk menanggung segala resikonya, lalu untuk apa kamu mengomentari segala apa yang dilakukannya? Jika mereka tidak merugikanmu, lalu kenapa kamu harus memberikan komentar negatif pada hidupnya? Kamu tidak suka melihat apa yang dilakukannya? Ya udah, jangan dilihat, abaikan! Lebih baik intropeksi diri sendiri daripada buang-buang waktu untuk mengomentari hidup orang lain.

3. Mending intropeksi diri sendiri dulu sebelum memvonis orang lain buruk



Tahukah kamu, bahwa semakin kamu intropeksi dirimu sendiri maka tanpa sadar pintu hatimu dari keburukan akan semakin jauh. Yuk, kita intropeksi diri sendiri dan hidup sendiri dulu daripada memberikan komentar negatif pada orang lain, apalagi sampai memvonis orang lain buruk. Duh, jangan sampai deh. Ada begitu banyak cara untuk menikmati hidup dan mensyukuri segala nikmat Tuhan. Cobalah untuk menjaga lisan dan ucapan dari segala sesuatu yang tidak seharusnya diucapkan.

Quote:


4. Hak berbicara memang untuk setiap orang, begitu pun dengan hak menjaga ucapan adalah hak setiap orang juga



Memang tidak ada salahnya saat kamu mengomentari hidup orang lain. Memang tidak ada salahnya saat menjudge kehidupan orang lain. Memang tidak ada salahnya saat kamu melontarkan ucapan-ucapan negatif pada orang lain. Karena itu adalah hak setiap orang. Tetapi tahukah kamu bahwa selain itu ada hak yang telah kamu lupakan: bahwa menjaga ucapan adalah hak setiap orang juga, termasuk dirimu sendiri. Jika kamu berkata sesuai keinginanmu maka kamu punya hak untuk menjaga setiap perkataanmu.

5. Semakin sering kamu memberikan komentar negatif pada orang lain, maka semakin lama pintu hatimu untuk melihat kebaikan orang lain akan semakin tertutup



Orang-orang yang selalu memberikan komentar negatif pada orang lain adalah orang-orang yang tidak bisa melihat sedikit pun sisi kebaikan dari orang lain. Mereka hanya bisa memandang dari sisi keburukannya, padahal jika ditanya dirinya sendiri pun tidak mau dipandang buruk oleh orang lain. Semakin sering kamu memberikan komentar negatif pada orang lain, maka semakin lama pintu hatimu untuk melihat kebaikan orang lain akan semakin tertutup.

Nah, itulah penjelasan dari 5 hal yang harus kamu ingat lebih dulu sebelum memberikan komentar negatif pada orang lain. Intinya, sering-sering intropeksi diri biar menjadi orang tahu diri. Semoga kita adalah orang-orang yang bisa menjaga setiap lisan dan ucapan.

Narasi: murni imajinasi sendiri
Sumber gambar:
Cover
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
kumaniaksGimi96NadarNadz
NadarNadz dan 39 lainnya memberi reputasi
40
6.1K
143
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.