dicoersa
TS
dicoersa
Harga Masker Mahal? Yuk Buat Masker Sendiri di Rumah
Sehubungan dengan semakin mewabahnya virus COVID-19 atau virus corona, banyak pihak yang menyarankan masyarakat untuk mulai menggunakan masker, khususnya untuk mereka yang sedang sakit flu atau batuk. Bahkan belakangan ini orang-orang yang sehat pun merasa perlu menggunakannya karena merasa was-was. Selain digunakan untuk orang yang sedang sakit, penggunaan masker juga disebut dapat mencegah virus corona tertular kepada penggunanya. Namun yang menjadi masalah adalah harga masker mahal dan sulit dicari.


Dokter Kosmetologis, Indira Tranggono menyarankan agar masyarakat membuat masker sendiri di rumah. "Mending bikin masker sendiri. Gampang kok. Kita bisa cuci sendiri," kata Indira ditemui dikawasan Menteng, beberapa waktu lalu.

Kamu hanya perlu menyiapkan kain katun untuk kemudian digunakan sebagai bahan pembuatan masker. Kain tinggal digunting sesuai pola masker kebanyakan lalu diikat dengan tali. Ia menjelaskan bahwa fungsi masker yang paling penting adalah untuk menyaring dan membatasi kulit wajah dari debu juga kontak langsung dengan orang yang sedang sakit.

"Yang penting kan menyaring, membatasi kontak kita saat sedang batuk, pilek. Kalau dulu kita pakai saputangan kan? Ya pakai aja, digunting terus jadiin masker. Kalau pakai (masker bedah) yang biasa, sebenarnya hanya untuk membatasi kok," paparnya. Dokter Indira mengakui, jika membuat masker sendiri dari kain tidak akan ada lapisan penyaring kuman seperti pada masker bedah.


Karenanya ia hanya menyarankan pemakaian masker tersebut untuk orang sehat yang sekadar menghindari kontak langsung dengan orang sakit. Ia juga mengingatkan sebaiknya penggunaan masker diganti setiap hari. 

Karena masker yang dipakai berulang berpotensi menjadi sarang kuman, bakteri, dan virus. "Daripada kita pakai masker berpenyakit mending kita pakai masker itu, bisa kita cuci. Kita bikin tiga nih, kan ada polanya terus pakein tali yang lucu. Itu bisa menghindari dari radikal bebas, di sini polusi kan," tutupnya.




Sumber: http://ayolahteman.blogspot.com/2020...asker.html?m=1

Baca Juga: Cara Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Baca Juga: Patut Dicoba Nih Gan! Makanan Yang Ampuh Mencegah Virus Corona
Diubah oleh dicoersa 18-03-2020 07:35
Gimi96NadarNadznona212
nona212 dan 26 lainnya memberi reputasi
25
9.1K
101
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It Yourself
icon
1.5KThread1.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.