ncuz08
TS
ncuz08
Jembatan Ter Indah di Dunia
1. Jembatan Banpo (Korea Selatan) : Jembatan Air Mancur


9 September 2008, Jembatan Banpo di Seoul (Korea Selatan) menjalani operasi facelift besar-besaran: air mancur 10.000 selang di kedua pinggirnya. Setelah dipasang, jembatan ini berubah menjadi atraksi turis besar, ketika jembatan ini menembakkan 190 ton air per menit menggunakan air sungai di bawahnya.

2. Jembatan Millau (Perancis) : Jembatan Tertinggi di Dunia


Setinggi 1.125 kaki di atas Lembah Tarn di selatan Perancis, mengarungi Jembatan Millau bisa dikatakan seperti terbang. Karya Foster & Partners ini sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, memakan tiga tahun untuk pembangunan dan dibuka pada umum tahun 2004.

Selain memberikan pemandangan lembah di bawahnya, ketika awan terbentuk di bawah jembatan, Millau bukanlah rute bagi orang yang takut ketinggian! Jembatan

Millau memiliki panjang 8.071 kaki dengan rentangan tunggal terpanjang 1.122 kaki dan kejelasan maksimum di bawah adalah 886 kaki.

Dek jembatan ditopang oleh 7 pilon dan berbobot 36.000 ton. 7 menara, masing-masing setinggi 292 kaki dan berbobot 700 ton, dipasang ke pilon penopang.

3. Henderson Waves (Singapura) : Jembatan Pejalan Kaki Terindah 


Jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura, dengan tinggi 36 meter atau 12 tingkat dari permukaan jalan. Jembatan sepanjang 300 meter ini menghubungkan taman di Mount Faber dan Telok Blangah Hill.

4. Jembatan Teluk Hangzhou (Cina) : Jembatan Lintas Lautan Terpanjang di Dunia


Melintasi Teluk Hangzhou, jembatan lintas lautan terpanjang di dunia dengan panjang 35,673 kilometer (22 mil) dengan enam lajur jalan tol dua arah. Jembatan ini dibangun untuk menangani kemacetan lalu lintas di wilayah yang sedang berkembang pesat, memotong waktu tempuh antara Shanghai dan Ningbo dari empat jam menjadi 2,5 jam.

5. Rolling Bridge (Britania Raya) : Jembatan yang dapat menggulung sendiri


Dirancang oleh Heatherwick Studio, Rolling Bridge pemenang penghargaan ini terletak di Paddington Basin, London. Rolling Bridge menggulung diri hingga dua ujungnya bertemu untuk membolehkan kapal lewat

Ketika dalam posisi horizontal, jembatan ini merupakan jembatan pejalan kaki besi dan kayu normal; terbuka penuh, jembatan ini membentuk lingkaran di satu sisi yang berbeda dari posisi lurusnya.

Panjangnya 12 meter, jembatan ini dibuat oleh delapan bagian besi dan kayu, dan dibuat melengkung oleh tenaga hidrolik yang dipasang di handrail setiap bagian.

6. Jembatan Oliveira (Brazil) : Jembatan kabel berbentuk X pertama di dunia


Jembatan Octavio Frias de Oliveira yang melintasi Sungai Pinheiros di São Paulo, Brazil dibuka bulan Mei 2008. Setinggi 138 meter (450 kaki), dan menghubungkan Marginal Pinheiros dengan Jornalista Roberto Marinho Avenue. Desainnya unik dengan 2 dek melengkung melintas satu sama lain melalui menara penopang berbentuk X.


7. Wind and Rain Bridge (Cina) : Jembatan Bangsa Dong


Wind and Rain Bridge adalah simbol arsitektor bangsa minoritas Dong. Wind and Rain Bridhe di Diping adalah yang terbesar dalam jenisnya di Provinsi Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar Cina menetap.


Panjang jembatan 50 meter dan pertama dibangun tahun 1894 selama Dinasti Qing 100 tahun yang lalu. Tetapi, struktur aslinya terbakar dalam kebakaran besar 1959 dan yang dilihat pengunjung saat ini adalah pembuatan ulangnya yang selesai tahun 1964.

Merupakan arsitektur kayu murni yang terdiri dari pilar, purlin dan baluster dalam berbagai ukuran dan bentuk. Badan jembatan terbagi menjadi tiga bagian, yang terbesar di tengah berbentuk menara drum Cina tradisional. Pilaster dan eave jembatan dihiasi dengan bunga dan pahatan dan jembatan ini sangat unik.

8. Tower Bridge (Britania Raya) : Jembatan Victorian Paling Terkenal dan Terindah 


Selesai tahun 1894 oleh Horace Jones dan Wolfe Barry. Tower Bridge (dinamai sesuai dua menara mencolok setinggi 141 kaki dan Tower of London di dekatnya) adalah salah satu markah tanah terkenal di London dan salah satu yang terindah di dunia.


Jembatan sepanjang 800 kaki ini memiliki spasi 28 kaki bila tertutup tapi terbuka di tengahnya hingga mencapai 140 kaki yang membolehkan kapal berlayar di Thames. Di hari-hari dimana barang lebih sering dipindahkan melalui laut daripada udara, jembatan ini dinaikkan sekitar 50 kali setiap harinya.

Tower Bridge menggunakan 432 pekerja yang membangunnya selama 8 tahun. Pada waktu itu mereka menenggelamkan 70.000 ton beton ke dalam 2 pier besar, menempatkan 2 struktur penopang ke tempatnya yang masing-masing berbobot 1.000 ton dan menghiasi seluruh jembatan dengan batu Portland dan granit Cornish untuk menutupi 11.000 ton besi di bawahnya.

9. Jembatan Air Magdeburg (Jerman) : Jembatan Air Terbesar di Eropa


Jembatan Air Magdeburg menghubungkan bekas Jerman Timur dan Barat di Sungai Elbe, dan dibangun sebagai bagian dari proyek penyatuan kembali Jerman.


Sepanjang 1 km, jembatan air senilai 500 juta euro ini membolehkan kapal angkut sungai menghindari kanal panjang yang padat di sepanjang Elbe.

10. Ponte Vecchio (Italia) : Jembatan Tertua dan Terkenal


Ponte Vecchio di Florence dianggap sebagai jembatan lengkung batu tertua di Eropa, meskipun banyak bagian yang lebih tua. Sebenarnya dibangun dari kayu hingga akhirnya dihancurkan oleh banjir tahun 1333, dan 12 tahun kemudian jembatan dibangun kembali menggunakan batu.

[url=https://1.bp.blogspot.com/-IysctPgneF8/V4N0S E N S O RRcI/AAAAAAAABLI/p14iZ1mPIV0wcLXotIoIOUyAlywmic4BACLcB/s1600/crop.jpg][color=#f47e26][img]https://1.bp.blogspot.com/-IysctPgneF8/V4N0S E N S O RRcI/AAAAAAAABLI/p14iZ1mPIV0wcLXotIoIOUyAlywmic4BACLcB/s640/crop.jpg[/img][/color][/url]

11. Jembatan Erasmus ( Belanda ) 



Erasmusbrug (“Erasmus Bridge”) adalah sebuah jembatan kabel, yang menghubungkan bagian utara dan selatan kota Rotterdam , The Belanda . Erasmusbrug ini dirancang oleh Ben van Berkel dan selesai pada 1996 . memiliki panjang 808 meter dan tinggi 139 meter. Dengan bentuk tiangnya yang asimetris dan unik, jembatan ini mendapat julukan “The Swan”.

12. Jembatan Confederation (New Brunswick, Kanada)


Jembatan Konfederasi (Perancis: Pont de la Confederation)adalah jembatan yang membentang dari NorthumberlandStrait, yang menghubungkan Prince Edward Island dengan daratan New Brunswick, Kanada. Konstruksi berlangsungdari musim gugur 1993 sampai musim semi tahun 1997, dengan biaya C $ 1,3 miliar. Jembatan ini mempunyai panjang 12,9kilometer (8 mil) dan dibuka pada tanggal 31 Mei 1997.

13. Jembatan Akashi-Kaikyō (Kobe, Jepang) 


Jembatan Akashi-Kaikyō merupakan jembatan gantung di atas selat Akashi yang menghubungkan Maiko di kota Kobe dengan kota Awaji di pulau Awaji, Jepang. Jembatan ini panjangnya 1990 meter dan pernah menjadi jembatan terpanjang di dunia.

Jembatan Akashi-Kaikyō dirancang untuk dilewati kendaraan bermotor dan kereta api, tapi pada saat proyek pembangunan diumumkan pada bulan April 1986 ternyata jembatan hanya untuk dilewati kendaraan bermotor saja (semuanya ada 6 jalur). Pembangunan fisik dimulai tahun 1988 dan jembatan dibuka untuk umum pada tanggal 5 April 1998.

14. Jembatan Helix (Singapura) 


Jembatan Helix, sebelumnya dikenal sebagai JembatanDouble Helix, adalah sebuah jembatan penyeberangan yang menghubungkan Marina Centre dengan Marina Selatan di daerah Marina Bay di Singapura. Secara resmi dibuka pada 24 April 2010, Jembatan ini terletak di samping Benjamin Sheares Bridge dan disertai dengan jembatan kendaraan, yang dikenal sebagai Bayfront Bridge. Jembatan dibukaseluruhnya pada 18 Juli 2010 untuk menyelesaikan seluruhjalan sekitar Marina Bay.


Jembatan ini melengkapi proyek-proyek pembangunan besar lainnya direncanakan di daerah tersebut, termasuk Resortterpadu Marina Bay Sands, Singapore Flyer, taman, bisnis dan pusat keuangan.

15. Jembatan Oresund (Denmark-Swedia)


Jembatan Oresund (Øresundsbroen Denmark, Swedia Öresundsbron, nama bersama Øresundsbron) adalah dua-jalur rel gabungan dan empat jalur jalan melintasi jembatan selat Oresund. Jembatan-terowongan adalah gabungan jalan dan jembatan kereta api terpanjang di Eropa dan menghubungkan dua wilayah metropolitan Daerah Oresund: ibukota Denmark Kopenhagen dan kota Malmö Swedia. E20 rute internasional Eropa berjalan menyeberangi jembatan dan melalui terowongan melalui motorway jalur dua, seperti halnya Oresund Railway Line. Jembatan ini adalah jembatan penyeberangan perbatasan terpanjang di dunia, baik dibangun dan dimiliki pribadi.

16. Jembatan Suramadu (Indonesia)


Mungkin Jembatan Suramadu karya anak bangsa Indonesia juga bisa masuk dalam daftar ini, dengan catatan kalau 2-3 tahun kedepan, baut-bautnya masih lengkap hehee. Sadarlah Indonesiaku . . .



denbagoes01nurulnadlifanona212
nona212 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.3K
12
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.