News
Batal
KATEGORI
link has been copied
185
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e700af8c82084549f0936f2/anies-kena-kritik-gegara-warga-menumpuk-di-transportasi-publik
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk mengubah jadwal operasional bus TransJakarta, MRT, dan LRT dengan mempersingkat waktu layanan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Keputusan itu menimbulkan sejumlah permasalahan di lapangan, tak hanya itu, keputusan Anies pun menuai kritik dari sejumlah pihak.
Lapor Hansip
17-03-2020 06:25

Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik

Past Hot Thread
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk mengubah jadwal operasional bus TransJakarta, MRT, dan LRT dengan mempersingkat waktu layanan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Keputusan itu menimbulkan sejumlah permasalahan di lapangan, tak hanya itu, keputusan Anies pun menuai kritik dari sejumlah pihak.
Anies mengumumkan jadwal operasional bus TransJakarta, MRT, dan LRT dipersingkat pada Minggu (15/3/2020). Tak hanya itu, rute operasional TransJakarta juga dipotong untuk mengurangi interaksi publik.

"TransJakarta yang saat ini melayani 248 rute akan dikurangi secara signifikan hanya 13 rute. Hanya 13 rute yang beroperasi. TJ yang semula 24 jam, jadi jam 6 pagi sampai jam 6 sore," ujar Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI, Gambir, Jakarta Pusat.

Selain itu, jadwal keberangkatan MRT juga diubah. Anies mengatakan MRT akan berangkat setiap 20 menit.

"Jadi jadwal MRT, misalnya, semula keberangkatannya tiap 5 menit dan 10 menit, sekarang akan diubah mulai besok jadi tiap 20 menit. Rangkaian MRT yang setiap hari beroperasi tiap 16 rangkaian, tinggal 4 rangkaian. Waktunya yang semula jam 5 pagi sampai jam 24 00, sekarang hanya jam 6 pagi sampai jam 6 sore," tuturnya.

Pada penerapannya, Stasiun MRT Fatmawati terjadi antrian panjang pada Senin (16/3/2020) pagi. Antrian penumpang terjadi saat memasuki pintu masuk stasiun. Sebab jadwal operasional MRT dipersingkat sesuai perintah Gubernur DKI Anies Baswedan.

Salah satu penumpang yang hendak masuk ke Stasiun Fatmawati, Unung Putra mengatakan dirinya sudah mengantre sejak 30 menit. Dia akan berangkat kerja di wilayah Senayan.

"Mungkin sudah 30 menit, mau kerja ke wilayah Senayan. Rugi (waktu) sih ini tapi ya sudah kan lagi virus corona ya jadi maklum," katanya kepada detikcom di lokasi.

Antrean panjang penumpang juga terjadi di Halte TransJakarta Puri Beta 2 Ciledug viral. Seorang penumpang, Yasmin, mengatakan hanya satu rute yang dilayani di halte tersebut.

"Puri Beta 2, yang dibuka cuma satu rute, Ciledug-Blok M," ujar Yasmin saat dihubungi, Senin (16/3/2020).

Yasmin mengaku harus menunggu sekitar 30 menit lebih. Ia menduga antrean di halte itu terjadi sejak pagi tadi

"Kalau dari jam berapanya aku kurang tahu. Mungkin udah dari subuh kali ya. Tapi tadi aku sampai halte jam 08.13 WIB baru naik bus jam 9 kurang 10," ujarnya.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi mengkritik kebijakan pemangkasan jam operasional MRT, LRT dan TransJakarta, bahkan rute TransJakarta dipotong. Hal ini, menurut Pras, panggilan akrab Prasetio malah menimbulkan masalah baru yang perlu diselesaikan.

"Ini kebijakan sebenarnya justru memicu penumpukan. Karena itu harus dan wajib petugas-petugas di sana turun langsung untuk mengurai terjadinya penumpukan yang terjadi," kata Pras, dalam keterangannya, Senin (17/3/2020).

Senin pagi itu, cukup banyak yang mengeluhkan sedikitnya bus TransJ yang tersedia. Calon penumpang TransJ mengantre ke luar halte.

Pras berpesan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta harus membuat kebijakan tepat dalam kondisi penanganan virus Corona (COVID-19).

"Betul bahwa masyarakat tidak perlu panik. Oleh karena itu tugasnya pemerintah bekerja, untuk memastikan tidak adanya kepanikan," kata Pras.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan transportasi publik tetap beroperasi meski wabah virus Corona melanda. Jokowi meminta pemerintah pusat dan daerah tetap menyediakan angkutan massal dengan sejumlah catatan.

"Transportasi publik tetap harus disediakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dengan catatan meningkatkan tingkat kebersihan moda pengguna transportasi tersebut," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Transportasi publik yang dimaksud mulai dari kereta api hingga MRT. Jokowi ingin tingkat kerumunan hingga antrean bisa diantisipasi.

"Baik itu kereta api, bus kota, MRT, LRT bus Trans, yang penting bisa mengurangi tingkat kerumunan, mengurangi antrean dan mengurangi tingkat kepadatan orang di dalam moda transportasi tersebut sehungga kita bisa menjaga jarak satu dengan lainnya," sebut Jokowi.


sumber

banyakan cari panggung mulu takut kehilangan moment sih. tapi gak mikirin dampak nya dan kurang koordinasi maupun pertimbangan.

yang kayak gini disuruh urus satu negara bisa2 chaos semua.

Tambahan kaskuser:
Quote:Original Posted By hawk

Update: TERNYATA DISENGAJA ORG JAHAT UTK MEMBERIKAN EFEK KEJUT BAHWA JKT SDH GENTING emoticon-Busa
?s=20
Jadi 2 mata pisau. Malah memperdekat jarak penularan, aplg saat antri brjam2 panas2an ga minum tenggorokan kering lbh rentan terinfeksi lg emoticon-Takut (S)Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi PublikAnies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik

Dan lbh hina lagi media milik asing yg berteman baik dgn antek lulusan universitas AS buat berita propaganda buat serang pusat emoticon-Busa
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi PublikAnies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi PublikAnies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi PublikAnies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
Media propaganda barat Si En En bikin judul berita suka2 penulis emoticon-Tai

Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi PublikAnies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publikpenting banget yah sampe dibold merah gede2 namanya emoticon-Gila

Diubah oleh DPRD
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 32 lainnya memberi reputasi
29
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:02
Quote:Original Posted By firman0723
Yg kaya begini mau mimpin indonesia ??
baru mau maju udah mau mundur lagi emoticon-Cape d...


lu baca di ig jakarta, bikin geleng- geleng. Armada ditambah kareja anies katanya. Terus jelekin jokowi. Buzzer nya masih main emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan ekaputra19 memberi reputasi
2 0
2
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:03
Quote:Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
0 0
0
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:05
mungkin tujuan awalnya dapat mengurangi mobilitas orang2 di luaran, yg terjadi malah memicu penumpukan 🙄
profile-picture
nandaps memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:09
yuk di kaji dan evaluasi lagi kebijakannya.. karena antrian yang panjang gini bikin ga efektif dan ga produktif
0 0
0
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:13
Kasian bener pak anies.emoticon-Malu. Segera di revisi pak, supaya semua aman terkendali.
0 0
0
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:13

Quote:Original Posted By topantita
mungkin tujuan awalnya dapat mengurangi mobilitas orang2 di luaran, yg terjadi malah memicu penumpukan 🙄


iya bener tujuannya mah baik.. tapi kurang di analisis lebih dalam aja kali ya.. karena kan ga semua orang WFH. makanya perlu di evaluasi lagi
profile-picture
topantita memberi reputasi
1 0
1
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:13
anis yesss
0 0
0
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:14
mampus aja lo dongo
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan Nyorzz memberi reputasi
2 0
2
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:14
Quote:Original Posted By DPRD
bisa dimana aja gan, soal nya ane kan kaum rebahan alias yang tidak butuh ngantor yang penting ada internet dan laptop sudah bisa kerja darimana saja dan dimana saja


Uenak bener gan, buzzer kah?
emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:28
yg penting konferensi pers...
biar dikira kerja padahal ga guna..gabener terbodoh
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan Nyorzz memberi reputasi
2 0
2
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:30
seharusnya masyarakat juga sadar sih alasan pemerintah meliburkan kantor dan sekolah itu gunanya buat kurangin mobilitas, jadj kalo gaada kepentingan yang urgent masyarakat lebih baik di rumah jadinya ga akan numpuk antrian kek gituemoticon-Traveller
profile-picture
denino3 memberi reputasi
1 0
1
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:30
Sebaiknya pemerintah pusat jangan melibatkan anies dalam menangani masalah virus corona krn bisa semakin amburadul. Gobloknya sdh masuk kategori high level
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan areszzjay memberi reputasi
2 0
2
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:31
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik

Udah paling pas si mbah gugel ngasih julukan wan corona
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:41
Biasa itu, org kita emang terbiasa manja, jalan kaki ogah, antri malas...emoticon-Big Grin
0 0
0
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:42
Pantesan kemaren macet banget emoticon-Cape d...
0 0
0
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:43
gak ada yg bener anies di kaskus HT emoticon-Hammer2
profile-picture
Nyorzz memberi reputasi
1 0
1
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:54
Aduuh, anis riwayatmu penuh kontrasepsi [kontra-persepsi]emoticon-Ngakak
0 0
0
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 11:58
Quote:Original Posted By bodico
gunanya tim tegukpepek itu apa selain habisin anggaran?
asubanget.


Quote:Original Posted By DPRD
Gak ada keliatan kerja dan hasil nya. Banyakan ngasih masukan aneh bin ajaib kayak air hujan di tahan selama mungkin sebelum di alirin ke laut. Makan tuh banjir


Kalo ngomong yg bener dong
Tim hore bukan suruh tahan
Tapi di tangkap air
trs bawah si ipul banjir yg di nikmati aja ....


Tim hore guna nya biar cuan dapat ,lolos dr rompi oren emoticon-Cool
0 0
0
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 12:00
Liat komuknya pengen gw tampol, tolol max ni bangkeee... emoticon-Big Grin
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
1 0
1
Anies Kena Kritik Gegara Warga Menumpuk di Transportasi Publik
17-03-2020 12:00
Emang lumayan blunder sih keputusan membatasi transportasi umum, tapi emang kalo lagi kyk gini emang lebih mudah buat nyalahin satu orang daripada mengevaluasi diri masing-masing
0 0
0
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia