Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
219
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6df2dc9a972e239f40022d/perlukah-indonesia-menetapkan-darurat-covid-19-dan-menerapkan-lockdown
Indonesia telah menghadapi penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 sejak 2 Maret 2020 silam, bersama 140 negara lainnya di seluruh dunia. Kini, 8 provinsi telah melaporkan kasus COVID-19. Opsi untuk melakukan penguncian terhadap wilayah terdampak (lockdown) dan deklarasi keadaan darurat menyeruak. Perlukah hal tersebut dipertimbangkan?
Lapor Hansip
15-03-2020 16:18

Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?

Indonesia telah menghadapi penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 sejak 2 Maret 2020 silam, bersama 140 negara lainnya di seluruh dunia. Kini, 8 provinsi telah melaporkan kasus COVID-19. Opsi untuk melakukan penguncian terhadap wilayah terdampak (lockdown) dan deklarasi keadaan darurat menyeruak. Perlukah hal tersebut dipertimbangkan?

Virus SARS-CoV-2 kali pertama menyeruak di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok, pada 31 Desember 2019. Penyebaran diduga telah dimulai sejak 17 November 2019. Pasien bekerja di sebuah pasar penjualan makanan laut yang telah ditutup pada 1 Januari 2020. Peningkatan drastis jumlah kasus di Wuhan menyebabkan kota tersebut diisolasi sejak 23 Januari 2020. Sebelumnya, kematian pertama akibat COVID-19 dilaporkan pada 11 Januari 2020.

Tak berhenti di Tiongkok, virus ini juga menyebar ke beberapa negara lain. Pada 13 Januari 2020, seorang wanita asal Wuhan yang sedang berada di Thailand menjadi pasien COVID-19 pertama di luar Tiongkok. Kematian pertama akibat COVID-19 di luar Tiongkok dilaporkan di Filipina pada 2 Februari 2020. Korea Selatan, Iran, dan Italia menjadi negara dengan penyebaran penyakit COVID-19 yang masif. WHO pun telah menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020.

Ekonomi global pun terguncang akibat wabah ini. Minggu lalu, pasar ekuitas mengalami guncangan terhebat sejak puncak Great Recession 2008. Manufaktur di beberapa negara, terutama Tiongkok, terganggu oleh wabah ini. Permintaan minyak mentah global juga menurun bahkan ikut memicu perang harga minyak mentah antara Arab Saudi dan Rusia.

Tak berhenti di situ, beberapa acara olahraga dan hiburan, yang biasanya membuat orang berkumpul dalam jumlah banyak, ditunda atau dibatalkan demi mencegah potensi penyebaran. 5 liga sepakbola top Eropa sudah ditangguhkan sampai awal April 2020.

Panic buying juga melanda masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Permintaan akan masker dan cairan pembersih tangan meningkat. Saya sendiri telah menyaksikan sebuah antrean panjang di sebuah supermarket dengan troli yang penuh dengan barang-barang kebutuhan sehari-hari pada hari kedua COVID-19 mencapai Indonesia.

Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?

Saat ini, beberapa negara telah mengambil langkah mitigasi penyebaran wabah COVID-19 dengan melakukan pembatasan tertentu. Seluruh Italia telah diisolasi total mulai 10 Maret hingga 3 April 2020, dengan jumlah orang yang terinfeksi melampaui 10.000 jiwa. Pemerintah AS telah melarang kedatangan bagi orang yang baru saja berpergian ke negara yang termasuk Schengen Area, Britania Raya, dan Irlandia dalam tempo 14 hari sebelumnya. Kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah banyak juga dilarang di banyak negara. Pengecekan suhu tubuh juga diberlakukan di berbagai tempat umum. Penutupan tempat umum seperti sekolah dan fasilitas publik juga telah dilakukan.

Berkaca dari itu, muncul wacana lockdown terhadap beberapa kota yang sudah melaporkan kasus COVID-19 dan penetapan darurat nasional di Indonesia.

Bila hal ini diberlakukan, ada dampak positif dan negatif yang terjadi. Dampak positifnya adalah pemerintah dapat mengerahkan sumber daya secara maksimal untuk menanggulangi wabah ini dan penyebaran dari manusia ke manusia dapat dikendalikan agar tidak merembet ke wilayah yang belum terkena. Namun, dampak negatifnya adalah orang-orang akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, beberapa orang mungkin saja tidak bisa bertemu kerabat yang berada di wilayah yang dikenakan lockdown, dan ada pula kemungkinan bahwa lockdown bisa meningkatkan jumlah kasus COVID-19, seperti yang terjadi di atas kapal pesiar Diamond Princess.

Bagaimana menurut Anda. Apakah lockdown dan status darurat perlu diberlakukan? Bagikan pendapat Anda di sini.

Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
Referensi I
Referensi II
Referensi III
Referensi IV
Referensi V
Referensi VI
Referensi VII
Referensi VIII
Referensi IX
Referensi X
Referensi XI
Referensi XII
Referensi XIII
Referensi XIV
Referensi XV

Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
Polling
188 Suara
Apakah Langkah yang Sebaiknya Diambil Pemerintah RI Sehubungan dengan Wabah COVID-19? 
Diubah oleh gilbertagung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakolihakbar dan 19 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 11
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:07
diawali dengan kajian yg matang. Baru di lockdown. atau semi lockdown klo masih gak yakin en ragu2.
0 0
0
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:07
Ya rugi kita gak dapet duit kalo di lockdown emoticon-Ngakak
0 0
0
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:09
Ane masih kegiatan seperti biasa
Anak2 ane sudah diliburkan oleh pihak sklh

Menurut ane perlu
Dengan segala konsekuensinya



emoticon-Cool
profile-picture
haroldjordan memberi reputasi
1 0
1
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:09
Diliat aja dari situasi dan kondisi daerah lu masing-masing, trus juga ya koreksi diri aja, kalo lu masih pada punya rutinitas yang jorok ya ubah dong jangan nunggu virus-virus gini baru lu bersih-bersih.
0 0
0
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:10
liburkan paa bos, kaskus libur ya ini
0 0
0
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:11
kurang gercep. terlambat
profile-picture
haroldjordan memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:12
kantor ane tetep masuk ko.. lalalalilili.. tetep naek kereta tiap hari..
0 0
0
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:13
Hhhhh
Diubah oleh fippo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:15
lokdon harus melihat juga sifat orang indonesia. beda dong sama negara lain, bukannya rasis atau gmn. kalau bener lokdon pasti pada panik, serbu semua market2 kecil sampai besar, bisa ke arah penjarahan, apakah keamanan bs mengatasi kalau sudah begini? banyak sisi negatif lainnya juga. lokdon bukan tidak mungkin tapi itu opsi terakhir jika memang pemerintah sudah optimal
profile-picture
profile-picture
nogae dan ekaputra19 memberi reputasi
2 0
2
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:16
Quote:Original Posted By 3770372
mungkin udh lockdown, tp diem2 bae... biar ga panik emoticon-Ngacir

bawang bombay aja hilang dr pasar


Ane pecinta bawang bombay...sejak 1 bulan ini bau ane udah ga bau bawang lg, gara2 bombay mahal n ga ad barang di pasar...emoticon-Malu emoticon-Malu

Terakhir ane beli 180rb/kg..abis itu ga ad barangemoticon-Nohopeemoticon-Nohope

0 0
0
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:16
lockdown itu biasanya pertimbangan peningkatan prevalensi dan gejala ekonominya. klo seperti italy wajib itu, prevalensinya luar biasa dan tdk ada gejala ekonomi, industri manufactur tetap jalan dan jg kesadaran warganya. klo dsini pengambilan keputusan sebagai bencana nasional sdh tepat, pengucuran dana bs lebih cepat (yg korupsi dana ini tembak mati aja), pemilihan penanggungjawab presiden langsug dan pelaksana tugas dr militer. gejala ekonomi sdh mulai terlihat, penurunan perputaran uang ditempat yg seharusnya ramai, tp belim masive. klo ditetapkan lockdown gejala ekonomi akan lebih buruk dan penyebaran corona bs jd tambah masive, di work from home malah pikirannya libur, pdhl kerja dr rumah. klo ane sih jgn lockdown.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:18
Lockdown = ekonomi anjlok, byk org gak gajian, pengusaha semua tutup toko dll, demi kesehatan

Tp Puncak malah rame, orang pada buang duit disana emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan falin182 memberi reputasi
2 0
2
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:18
orang indonesia itu kan ngeyel, tetangga ane aja ane saranin jangan kemana2 malah bilang " ah umur di tangan Tuhan"
profile-picture
nogae memberi reputasi
1 0
1
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:18
IMHO
lockdown ga perlu
tapi work from home aja..
ngeliat china yg dibanyakin food delivery gitu..
jd ekonomi ga lumpuh total
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan oktavian29 memberi reputasi
2 0
2
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:25
Pemkot daerah (kecuali Jakarta) dengan pemkot pusat sudah ada kerjasamanya, buat gak ng-lockdown. Kenapa? di sumbar pasien yang terinfeksi corona sudah sampai 100an, tapi masih belum ada lockdown. Waras gak? dan lagi, data nya itu juga dirahasiakan tapi akhirnya bocor juga. Aneh kan?
profile-picture
profile-picture
nogae dan ekaputra19 memberi reputasi
0 2
-2
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:27
Buset brow tapi gue sih owh aja
emoticon-Imlek
0 0
0
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:28
gak tahu gan. emoticon-Bingung

nurut para dokter & pemerintah aja. sekarang disuruh rebahan di rumah ya udah di rumah aja deh. emoticon-Malu
0 0
0
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:29
Quote:Original Posted By gilbertagung
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?

Indonesia telah menghadapi penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 sejak 2 Maret 2020 silam, bersama 140 negara lainnya di seluruh dunia. Kini, 8 provinsi telah melaporkan kasus COVID-19. Opsi untuk melakukan penguncian terhadap wilayah terdampak (lockdown) dan deklarasi keadaan darurat menyeruak. Perlukah hal tersebut dipertimbangkan?

Virus SARS-CoV-2 kali pertama menyeruak di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok, pada 31 Desember 2019. Penyebaran diduga telah dimulai sejak 17 November 2019. Pasien bekerja di sebuah pasar penjualan makanan laut yang telah ditutup pada 1 Januari 2020. Peningkatan drastis jumlah kasus di Wuhan menyebabkan kota tersebut diisolasi sejak 23 Januari 2020. Sebelumnya, kematian pertama akibat COVID-19 dilaporkan pada 11 Januari 2020.

Tak berhenti di Tiongkok, virus ini juga menyebar ke beberapa negara lain. Pada 13 Januari 2020, seorang wanita asal Wuhan yang sedang berada di Thailand menjadi pasien COVID-19 pertama di luar Tiongkok. Kematian pertama akibat COVID-19 di luar Tiongkok dilaporkan di Filipina pada 2 Februari 2020. Korea Selatan, Iran, dan Italia menjadi negara dengan penyebaran penyakit COVID-19 yang masif. WHO pun telah menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global pada 11 Maret 2020.

Ekonomi global pun terguncang akibat wabah ini. Minggu lalu, pasar ekuitas mengalami guncangan terhebat sejak puncak Great Recession 2008. Manufaktur di beberapa negara, terutama Tiongkok, terganggu oleh wabah ini. Permintaan minyak mentah global juga menurun bahkan ikut memicu perang harga minyak mentah antara Arab Saudi dan Rusia.

Tak berhenti di situ, beberapa acara olahraga dan hiburan, yang biasanya membuat orang berkumpul dalam jumlah banyak, ditunda atau dibatalkan demi mencegah potensi penyebaran. 5 liga sepakbola top Eropa sudah ditangguhkan sampai awal April 2020.

Panic buying juga melanda masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Permintaan akan masker dan cairan pembersih tangan meningkat. Saya sendiri telah menyaksikan sebuah antrean panjang di sebuah supermarket dengan troli yang penuh dengan barang-barang kebutuhan sehari-hari pada hari kedua COVID-19 mencapai Indonesia.

Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?

Saat ini, beberapa negara telah mengambil langkah mitigasi penyebaran wabah COVID-19 dengan melakukan pembatasan tertentu. Seluruh Italia telah diisolasi total mulai 10 Maret hingga 3 April 2020, dengan jumlah orang yang terinfeksi melampaui 10.000 jiwa. Pemerintah AS telah melarang kedatangan bagi orang yang baru saja berpergian ke negara yang termasuk Schengen Area, Britania Raya, dan Irlandia dalam tempo 14 hari sebelumnya. Kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah banyak juga dilarang di banyak negara. Pengecekan suhu tubuh juga diberlakukan di berbagai tempat umum. Penutupan tempat umum seperti sekolah dan fasilitas publik juga telah dilakukan.

Berkaca dari itu, muncul wacana lockdown terhadap beberapa kota yang sudah melaporkan kasus COVID-19 dan penetapan darurat nasional di Indonesia.

Bila hal ini diberlakukan, ada dampak positif dan negatif yang terjadi. Dampak positifnya adalah pemerintah dapat mengerahkan sumber daya secara maksimal untuk menanggulangi wabah ini dan penyebaran dari manusia ke manusia dapat dikendalikan agar tidak merembet ke wilayah yang belum terkena. Namun, dampak negatifnya adalah orang-orang akan kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari, beberapa orang mungkin saja tidak bisa bertemu kerabat yang berada di wilayah yang dikenakan lockdown, dan ada pula kemungkinan bahwa lockdown bisa meningkatkan jumlah kasus COVID-19, seperti yang terjadi di atas kapal pesiar Diamond Princess.

Bagaimana menurut Anda. Apakah lockdown dan status darurat perlu diberlakukan? Bagikan pendapat Anda di sini.

Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
Referensi I
Referensi II
Referensi III
Referensi IV
Referensi V
Referensi VI
Referensi VII
Referensi VIII
Referensi IX
Referensi X
Referensi XI
Referensi XII
Referensi XIII
Referensi XIV
Referensi XV

Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?


Italy itu penderitanya sudah 250an orang/1jt penduduk. Bahkan jauh lebih besar dari wuhan.

Dr kriteria jml penderita/1jt penduduk aja indo masih sangat jauh dibandingkan itali, bahkan masih dibawah negara2 lain yg sampai saat ini blm lockdown. Malaysia, singapura, jepang, jerman, korsel jg cm 1 kota.
Warga sana masih bisa jalan2 keluar negri.... emoticon-Hammer

Belum lagi mempertimbangkan kesiapan mental warga indo, kesiapan ekonomi warga miskin, yg hidup mengandalkan penghasilan hari perhari.

Kalo warga yg kurang beruntung kelaparan apa yg terjadi? Chaos, ditunggangi pihak yg tdk bertanggungjawab.

Hasilnya korban justru lebih besar krn efek lockdownnya drpd krn virusnya.
Belum lagi penyakit lain yg terabaikan.
Skrg aja yg meninggal krn dbd lebih banyak.....

Ane pribadi bersedia jk ada keputusan lockdown, kapanpun.
Tap abe paham jika pemerintah mikir keras sblm memutuskan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nogae dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Perlukah Indonesia Menetapkan Darurat COVID-19 dan Menerapkan Lockdown?
16-03-2020 09:32
Utk ibukota kayaknya persiapan2 kearah itu udh mulai, gan.
pentupan tempat2 wisata, sekolah, acara2 yg melibatkan banyak orang berkumpul. Slow but sure, agar gejolak sosial bisa diminimalisir,
jika saatnya sdh pas, tinggal umumkan secara resmi.
0 0
0
Halaman 2 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Teror Virus Corona!
teror-virus-corona
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia