prabowow8Avatar border
TS
prabowow8
DPR Dorong Jakarta Diisolasi, Perlambat Laju Penularan Virus Corona
Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta tadi malam (13/3) menggelar konferensi pers yang menerangkan bahwa kasus corona ditemukan di hampir seluruh wilayah Jakarta. Sebagai upaya untuk menahan laju penularan, Anies juga menerangkan bahwa beberapa tempat wisata akan ditutup dan meminta warganya untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Meski begitu, tindakan lockdown atau mengisolasi seluruh kota mulai disuarakan banyak pihak, mengingat begitu mudah dan cepatnya virus corona ini tersebar di udara terbuka. Salah satu pihak yang mendorong tindakan ini adalah legislator asal Tanjung Priok Jakarta Utara, Ahmad Sahroni.

"Saya mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk segera melakukan lockdown. Isolasi satu Jakarta. Dengan penyebaran yang sudah sampai di seluruh wilayah Jakarta ini, lockdown menjadi satu-satunya jalan bagi kita untuk memperlambat laju penularan ke provinsi lain, karena lokasi awal penularannya kan di Jakarta Selatan," ujar Sahroni hari ini (14/3).

Sahroni mencontohkan, lockdown ini perlu dilakukan secepat mungkin untuk menghindari makin banyaknya pasien yang positif corona. Hal ini juga berdasarkan dari pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut bahwa sebagian besar pasien positif corona ada di Jakarta.

"Pak Anies sendiri juga menyebut bahwa terbanyak kasus corona ada di Jakarta. Jadi tunggu apa lagi? Penyebaran virus ini tidak boleh dianggap remeh. Harus segera dilakukan lockdown," sambungnya.

Sahroni juga mencontohkan beberapa negara yang mengambil kebijakan untuk me-lockdown beberapa daerahnya untuk memperlambat laju penyebaran corona.

"Kita lihat ada China yang langsung me-lockdown Wuhan ketika angka positifnya masih di angka 400 orang, kini angka penyebaran corona di China sudah menurun sampai satu persen. Di sisi lain ada juga Italia yng baru lockdown setelah angka positif corona sudah mencapai ribuan dan penyebaran virus makin susah dikendalikan. Nah, mumpung angka kasus positif kita masih puluhan, lockdown harus segera dilakukan" sambungnya.

Sahroni mengingatkan, menunda lockdown berarti membiarkan penyebaran virus berjalan makin tak terkendali. Hal ini tentunya akan makin menyulitkan pemerintah dalam upaya penanggulangannya.

"Kalau pasien positif corona di Jakarta maupun Indonesia dibiarkan makin banyak, sistem kesehatan kita yang akan kewalahan. Rumah sakit akan overcapacity, tenaga kesehatan kita akan kerja 24 jam, angka pasien yang bisa diselamatkan juga makin rendah, cost-nya makin tinggi, jadi kalau kata saya; better safe than sorry," katanya.

https://www.google.com/amp/s/m.merde...us-corona.html

LOCKDOWN
gabener.edan
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.9K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.