kekoreaanAvatar border
TS
kekoreaan
Para Leader Inspiratif dari Industri K-Pop

(Foto: kolase Koreaboo)

Dalam industri K-Pop kita pasti akrab dengan istilah leaderya gan. Posisi leader biasanya dipegang oleh mereka yang usianya paling tua diantara member lain, atau bisa jadi memang dipercayakan para mereka yang memiliki aura kepemimpinan yang paling kuat. Tapi tidak menutup kemungkinan, leader yang terpilih adalah mereka yang paling bijak dalam mengambil keputusan.

Tugas jadi seorang leader pastinya bukan perkara mudah. Mereka harus memimpin para member dalam setiap kegiatan, mereka juga harus menjadi ‘jembatan’ antara para member dengan pihak agensi, serta berbagai hal lainnya yang gak kalah ribetnya. Diantara para leader yang ada saat ini, Kekoreaan udah pilih 8 leader untuk masuk ke dalam list bagian satu nih guys. Siapa aja ya mereka? Let’s go!

Leeteuk ‘SUPER JUNIOR’



(Foto: twitter @teukbar)


Dimulai dari yang paling tua dulu ya. Leeteuk adalah leader dari salah satu grup legendaris bentukan SM Entertainment, Super Junior. Leeteuk dipercaya jadi leader untuk grup tersebut sejak tahun 2005. Belasan tahun memangku jabatan jadi leader, pastinya Leeteuk mengalami berbagai hal ya gan. Mulai dari gosip-gosip tentang member-nya, tindakan member-nya yang berimbas pada reputasi grup, sampai ditinggal sama member-nya juga udah dialami sama Leeteuk. Tapi gak ada kata menyerah dalam kamus Leeteuk. Dia bertahan memimpin Super Junior sampai saat ini. Para member juga gak pernah complainsoal gaya kepemimpinan Leeteuk. Mereka malah selalu bersyukur karena mereka punya leader kayak Leeteuk yang benar-benar mengerti mereka layaknya kakak kandung. Walaupun udah jadi salah satu senior yang dihormati, tapi Leeteuk punya banyak teman dari kalangan junior loh. Dia memperlakukan semuanya dengan baik dan bikin mereka nyaman buat temenan sama doski, Keren!

Onew ‘SHINee’


(Foto: twitter super noona)

Berikutnya ada grup legendaris asal SM Entertainment lagi nih! Yes, ada si leader menggemaskan, Onew! Meskipun mukanya imut banget (bahkan sampai sekarang masih imut padahal udah kepala tiga(‘emoticon-Smilie, Onew berhasil berperan jadi leader yang mengayomi buat grup yang debut tahun 2008 itu. Para member selalu bilang kalau Onew adalah tipe leader yang kalem dan selalu memposisikan diri ditengah para member kapanpun itu. Onew juga berhasil menjaga grupnya tetap utuh dan melewati kutukan tujuh tahun dengan sukses. Tapi cobaan terbesar justru datang setelah itu. Pertengahan tahun 2017, Onew terseret skandal untuk pertama kalinya. Ia dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita (yang untungnya terbukti tidak benar). Saat itu Onew sempat menarik diri dari dunia hiburan. Belum juga reda perihal skandal, Onew harus kehilangan sahabat sekaligus member-nya, Jonghyun. Sebagai leader, Onew tentu harus jadi pilar tegak buat para member SHINee yang lain. Dia berusaha menguatkan ketiga membernya yang lain dan menarik mereka untuk kembali bangkit pasca kepergian Jonghyun. Onew membuktikan diri sekali lagi bahwa dirinya memang leader yang baik. SHINee berhasil bangkit dan terus berkarya sampai hari ini. Salut! 


G-Dragon ‘BIGBANG’


(Foto: twitter @with_gdragon)

Next ada leader yang paling fiercediantara para leader yang lain, G-Dragon! Dipercaya memimpin BIGBANG sejak 2006, G-Dragon masih berdiri kokoh bersama BIGBANG sampai hari ini. Grup legendaris asuhan YG Entertainment ini bisa dibilang cukup sering diterpa badai gosip dan pastinya G-Dragon sebagai leader udah kenyang banget sama ocehan netizen. Meskipun penampilan luarnya dingin, cuek dan cenderung slengean kadang-kadang, tapi G-Dragon berhasil memimpin BIGBANG dengan baik loh. Bahkan Yang Hyun Suk juga mengakui kalau G-Dragon adalah tonggak yang membawa YG bisa sampai seperti sekarang. G-Dragon juga adalah salah satu leader paling supportive buat para membernya. Dia datang beberapa kali ke konser-konser solo member BIGBANG untuk kasih semangat ke mereka. Dia juga mengakui kalau saat dia liat membernya di atas panggung mereka sendiri, dia merasa senang. G-Dragon juga berpartisipasi langsung dan membimbing membernya ketika mereka rekaman. Memang panutan banget mas GD ini astaga.

Doo Joon ‘HIGHLIGHT’





(Foto: twitter @loving__du)



Selanjutnya ada leadernya HIGHLIGHT, Doo Joon! Dipercaya jadi leader di grupnya yang sebelumnya bernama BEAST dan debut di tahun 2009 dibawah naungan CUBE Entertainment. Doo Joon sukses mempertahankan grupnya ketika mereka sempat berselisih paham dengan pihak agensi karena masalah nama ‘BEAST’ yang ingin tetap mereka gunakan meskipun mereka hengkang dari CUBE. Para member memutuskan untuk cabut bareng dari CUBE. Meskipun begitu, Doojoon berhasil mempertahankan grupnya walaupun kehilangan satu anggota. Kelima anggota yang tersisa sepakat membangun agensi baru dengan nama Around US Entertainment. Doojoon juga tetap memimpin grupnya dengan nama baru, yaitu HIGHLIGHT. Meskipun wajah Doojoon terkesan dingin dan galak, tapi Doojoon sebenarnya adalah pribadi yang kocak dan juga seorang leader yang baik. Terbukti keempat membernya yang lain tetap memilih untuk berjalan bersama meskipun mereka harus menanggalkan nama ‘BEAST’. Doojoon berhasil membuat para member mempercayainya dan ini bukti nyata kalau dia benar-benar leader yang patut diacungi jempol!


Suho ‘EXO’





(Foto: twitter @partynoodle522)



Next, ada leader kesayangannya EXO-L dong! Yes, ada Suho nih! Si ganteng ini dipercaya memimpin EXO sejak 2012. Sama seperti yang lain, Suho sudah merasakan bagaimana rasanya kehilangan member dan menghadapi terpaan gosip yang melibatkan membernya, yang kemudian berefek pada reputasi. Kepribadian Suho yang lembut bikin para membernya nyaman kalo ada di dekat Suho. Image Suho yang lembut, sopan dan tampan tentu saja, bikin banyak kaum hawa jatuh hati sama doski. Meskipun jatuh bangun, tapi Suho berhasil memimpin EXO sampai bisa jadi salah satu grup dengan fandom terbesar di dunia. Gak jarang dia mengorbankan diri sendiri buat membernya. Tindakan seperti duduk di ujung kursi biar membernya bisa duduk dengan nyaman selalu Suho lakukan. Selain Leeteuk, Suho juga adalah leader yang punya banyak teman di kalangan artis K-Pop. Dia gak sungkan buat berteman sama para juniornya. Suho terlihat akrab sama para member NCT dan memperlakukan mereka selayaknya adik-adiknya sendiri. Nggak cuma sama rekan satu agensi, Suho juga terlihat akrab sama V ‘BTS’. Mereka bahkan pernah pelukan pas ketemu di salah satu acara akhir tahun. Memang pantas Suho dijadikan panutan!


RM ‘BTS’





(Foto: twitter @MoNiJunNi)



Selanjutnya kita punya leader dari salah satu grup dengan popularitas tertinggi saat ini, RM! RM mulai debut bareng BTS tahun 2013. Tapi jauh sebelum BTS terbentuk, RM memang sudah bertindak jadi leader untuk grup ini. Bahkan maknae BTS, Jungkook, memutuskan untuk bergabung sama Big Hit karena dia melihat RM ngerap. Meskipun sempat diremehkan dan menghadapi serangkaian cercaan dari banyak pihak, tapi RM benar-benar membuktikan kalau dia bisa memimpin BTS sampai bisa sekuat sekarang. RM juga pernah dikerjain sama member & Bang Si Hyuk, CEO Big Hit Entertainment. Saat ditanya, mana yang akan dia pilih, BTS atau solo karier, tanpa perlu jeda untuk berpikir, RM langsung menjawab BTS. Bang PD kemudian mengulangi pertanyaannya dengan kalimat bahwa RM bisa menjadi solois jika dia mau. Saat itu BTS masih jauh dari kata sukses. Maka mungkin solo adalah tawaran yang cukup menarik bagi sebagian orang. Tapi RM lagi-lagi langsung menjawab tanpa berpikir. Jawabannya tetap BTS. RM juga pernah berkata bahwa ia yakin kalau BTS akan menang pada akhirnya. Saat itu BTS juga masih berada di bawah. Kalimat RM itu sudah terbukti sekarang. Dia berhasil membimbing BTS & akhirnya menang atas segala cacian & keraguan yang dilimpahkan pada mereka selama bertahun tahun. Thumbs up for you, sir!


S.Coups ‘SEVENTEEN’





(Foto: twitter @MM_Scoups)



Selanjutnya ada S.Coups kesayangannya SEVENTEEN dan carats nih! S.Coups memimpin SEVENTEEN sejak tahun 2015. Mengurus salah satu grup dengan anggota terbanyak yaitu 13 orang termasuk dia sendiri, pasti sama sekali gak gampang ya. Sama nih kayak Leeteuk dan Suho! Tapi S.Coups mampu memperlihatkan kemampuannya sebagai pemimpin yang baik dong tentu saja! S.Coups terbiasa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan sama member lainnya, kecuali bungee jumping! Hahaha. Meskipun dia bilang kalau dia bukan orang yang lahir dengan sisi leadership yang tinggi, tapi S.Coups mau terus belajar untuk menjadi leader yang baik demi para membernya yang lain. Kalau ada member yang bikin kesalahan, S.Coups berusaha untuk nggak menyalahkan mereka dan berkata, “nggak apa-apa. Semua orang bisa melakukan kesalahan yang sama”. S.Coups juga selalu berusaha memposisikan diri sebagai support systembuat membernya kalau mereka lagi down. Sekarang S.Coups lagi absen dari kegiatan SEVENTEEN karena masalah kesehatan. Tapi katanya kondisinya udah jauh lebih baik sekarang! Cepat sehat ya, S.Coups!






Taeyong ‘NCT’





(Foto: twitter @tyrantsyndrome)



Last but not least, ada Taeyong, leader kesayangannya NCTzen! Beda sama grup yang lain, NCT ini totalnya ada 18 orang (kalo sama WayV jadi 21) dan jumlah ini masih bisa bertambah karena konsep grup tersebut yang memang nggak ada batasan jumlah. Taeyong memimpin grup ini sejak tahun 2016 dan sejak saat itu juga dia mengemban tanggung jawab besar untuk memimpin 17 orang di bawahnya (belum sama WayV karena 3 member WayV yang baru belum pernah terlihat beraktivitas di bawah kepemimpinan Taeyong langsung). Seperti yang kita tahu, jarak umur yang ada di NCT itu jauh. Anggota tertua mereka, Taeil lahir tahun 1994 sementara anggota termudanya, Jisung, lahir tahun 2002. Pastinya, Taeyong harus bisa memposisikan diri diantara mereka semua supaya semua berjalan dengan baik sebagai tim. Taeyong tentu sudah membuktikan kemampuannya dong! Dia selalu jadi yang terakhir duduk atau masuk ke mobil karena harus memastikan semua membernya lengkap. Waktu SMTown 2018, Taeyong harus mengawasi 18 member sekaligus. Karena rasa tanggung jawabnya itu, jangan heran kalo Taeyong sering kali terlihat berhitung untuk memastikan jumlah membernya. Meskipun wajahnya dingin, tapi Taeyong bisa dekat sama semua member loh! Bahkan dia beberapa kali terlihat memangku Jisung, si maknae. Sama seperti yang lain, Taeyong juga nggak segan buat mengalah demi kepentingan membernya. Meskipun susah, tapi cowok kelahiran 1995 ini berhasil memimpin dengan baik dan membimbing NCT sampai hari ini. Selalu salut sama Taeyong!



Ada leader favorit kalian?















tuyim1234p
yourkive
kikin24
kikin24 dan 12 lainnya memberi reputasi
9
7.1K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.