yrartAvatar border
TS
yrart
MATERI GELAP/ DARK MATTER

Ada yang tahu seberapa luas alam semesta ?. ( mbah goog, seberapa luas alam semesta ?.), emoticon-Shakehand2

Tutorial Lengkap : Cara Kalibrasi $ Mengatasj Error Gyro Di Semua Smartphone Android

Alam semesta kita begitu luas, terdiri dari milyaran bintang , planet dan galaksi. Pernah dengar lagu "butiran debu" ?, itu ibarat bumi diantara milyaran bintang dan galaksi.

Segala sesuatu yang ada di alam semesta , yang dapat kita lihat seperti bintang ,galaksi dan teman2nya, termasuk bumi dan negara tercinta +62, serta materi normal lainnya ,ini ternyata hanya menghasilkan kurang dari 5% massa dari alam semesta kita. 95% kemana ?

95% sisanya merupakan materi yang tidak tampak oleh mata manusia , materi-materi ini bergerak cepat di setiap sudut alam semesta, materi-materi berupa zat misterius, yang di kenal sebagai materi gelap / dark matter

Baca juga : Mengenal Mobil Self-Driving dan Teknologi Canggih Di Baliknya

Pada awalnya , materi gelap ditemukan secata teoritis yang belum bisa di buktikan oleh para ilmuan secara langsung. Pada tahun 1933, para ilmuan astronomi berhasil mendeteksi gaya yang lebih besar dari pada gaya gravitasi , gaya ini ditemukan di sebuah galaksi yang bernama galaksi Abell 3827. Dalam temuan tersebut terdapat respon gaya yang sangat kuat melebihi gaya gravitasi , para ilmuan memperkirakan hal tersebut merupakan gaya yang di hasilkan dari materi gelap.

Materi gelap tidak dapat di lihat dengan alat apapun, Untuk dapat membuktikan hal ini , para ilmuan mempelajari gerakan-gerakan pada benda langit, karna efek yang di timbukan oleh materi gelap dapat di lihat dari gerakan benda-benda yang ada di dekatnya.

sc: pinterest
Materi gelap pada prinsipnya menyebabkan alam semesta kita ini berkembang ,dan terus berkembang tanpa adanya tanda-tanda akan melambat, tapi bisa juga sebaliknya materi gelap dapat menghentikan berkembangnya alam semesta. Saat berkembangnya alam semesta, semua materi akan bergerak dan pada akhirnya materi-materi alam semesta akan terbawa pada big crunch atau rengkuhan besar ( Rengkuhan besar merupakan salah satu dari 3 sekenario berakhirnya alam semesta).

Pengalaman Ngeblog Dari Nol| Sampai Pernah Ditolak 42 Kali Oleh Adsense

Apakah materi gelap ada di bumi ?.

Materi gelap dapat melaju dengan sangat cepat, jika ada benda atau materi lain yang tertabrak oleh materi gelap, maka benda yang di tabrak akan terdapat tanda- tanda berupa goresan atau bahkan jika materi ini menabrak mahluk hidup, bisa menimbulkan kerusakan fatal.

Para ilmuan pernah mencari keberadaan materi gelap dengan melihat tanda-tanda goresan yang terdapat pada bebatuan. Tidak hanya itu , beberapa rumah sakit juga di datangi oleh para ilmuan untuk mencari data pasien yang pernah mengalami kejadian yang tidak wajar. Sampai sekarang , belum pernah atau tidak terdapatnya bukti bahwa materi gelap pernah menabrak manusia.

Mereka beranggapan bahwa materi-materi gelap ini ada di antara manusia, jika diilustrasikan dengan sebuah gambar, materi ini seperti helaian rambut yang beregak cepat.

Gimana ,Udah dapat jawaban seberapa luas alam semesta ?... kalau gak dapat ya bagus 😂


Cara Ampuh Meningkatkan Page Authority dan Domain Autorithy
Adnow Native Ads 2020

Alternatif adsense terbaik 2020 Untuk Blogger Pemula

Selengkapnya : lebih dalam darkmatter dan dark energy

Rocket : Jenis-Jenis Mesin Rocket Dan Cara Kerjanya

10 Tahapan Pembuatan Motor Rocket Nasa

10 Fakta Menarik Perkembangan Rocket

Propulsi : ION THRUSTER & CARA KERJANYA

Referensi : materi gelap-wikipedia
Home.cern
Diubah oleh yrart 28-07-2021 18:10
KRAVZHENKO
Daniswara92
indramamoth
indramamoth dan 15 lainnya memberi reputasi
16
9.2K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread•10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.