• Beranda
  • ...
  • Bandung
  • [COC Regional : makanan tradisional] Kelezatan Tahu Bandung yang Istimewa

VitaArkanaAvatar border
TS
VitaArkana
[COC Regional : makanan tradisional] Kelezatan Tahu Bandung yang Istimewa
Tahu Bandung, kuliner tradisional yang tak lekang oleh jaman


Assalamualaikum Agan dan Sista di seluruh regional Indonesia, jumpa lagi dengan ane, VitaArkana yang tak patah semangat mengulik sisi Bandung. Kali ini, ane kembali membahas tentang kuliner. Mengapa kuliner? Karena tema kuliner itu gak ada habisnya untuk di ulik.


Jika Gansist berasal dari luar kota berkunjung ke Bandung, kira-kira oleh-oleh apa yang akan dibeli untuk buah tangan ke tempat asal? Pasti akan sangat bingung, saking banyaknya yang bisa dibawa. Nah, saat membeli yang kita incar adalah sesuatu yang khas kota Bandung. Salah satunya adalah Tahu Bandung. Meski Tahu Sumedang lebih dulu terkenal karena kelezatannya, namun Tahu Bandung juga tak kalah lezat.



Sumber : negerikuindonesia.com


Tahu Bandung sangat tersohor, citarasanya yang gurih dan enak, ditambah tekstur yang lembut dan lumer di mulut sangat membuat kita ketagihan. Tahu kuning dan Tahu putih adalah dua jenis Tahu Bandung yang paling laku dipasaran, meski ada juga jenis Tahu kulit dan Tahu bulat. Hal itulah yang membuat Tahu Bandung istimewa dan dianggap berbeda dengan Tahu di daerah lain. Sayangnya tahu Bandung tidak bertahan lama jika dibawa ke tempat yang jauh. Itu dikarenakan Tahu Bandung tidak mengandung bahan pengawet. Bahkan, jika kita membeli Tahu Bandung langsung di pabriknya, kita dapat langsung mengkonsumsinya tanpa harus dimasak, karena Tahu baru saja matang dari proses pengolahannya.


Tahu berasal dari Tiongkok. Menurut Wikipedia, Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Diperkirakan Tahu sudah ada di Nusantara pada abad ke 10, tapi hanya untuk kalangan elit saja.


Tahu kaya akan protein dan rendah sodium, kolesterol dan kalori. Tahu terbuat dari kedelai sehingga baik untuk kesehatan. Tak heran jika Tahu dianggap sebagai makanan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan bagi beberapa orang yang sedang menjalani diet, Tahu seringkali dianggap sebagai bahan makanan pengganti nasi yang mengenyangkan.


Sumber : kulinermama.com


Nah, jika Agan dan Sista berkunjung atau berwisata ke kota Bandung, Tahu sangat gampang ditemui. Biasanya dijajakan oleh para penjual keliling dengan menggunakan motor, atau pada kios di setiap pasar di penjuru kota Bandung. Tetapi ada juga gerai Tahu yang cukup menarik tempatnya.


Ada beberapa daerah pembuat Tahu yang cukup terkenal di Bandung. Yang paling dikenal antara lain :


1. Tahu Cibuntu
Cibuntu merupakan suatu daerah di kelurahan Warung Muncang, Kecamatan Bandung Kulon kota Bandung. Lokasinya dekat dengan pintu tol Pasir Koja. Di daerah ini adalah sentra pengrajin Tahu. Diperkirakan ada 60 pelaku usaha Tahu yang turun temurun dari generasi ke generasi. Ciri khas Tahu Cibuntu adalah tekstur lembut dan warna kuning alami dari kunyit. Citarasa Tahu ini masih tradisional dan original.



Sumber : pikiranrakyat.com


2. Tahu Lembang
Lembang adalah suatu kecamatan yang masuk di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Masih satu daerah dengan ane, nih. Tahu Lembang ada dua jenis, yaitu Tahu susu dan Tahu mentega. Sesuai namanya Tahu susu menambahkan susu dalam pengolahannya. Sementara Tahu mentega menggunakan mentega untuk rasa gurih dan asin, bukan menggunakan garam seperti pada umumnya. Tekstur kedua Tahu ini sangat lembut, jika digoreng terasa padat didalam namun penuh berisi dan garing di luar. Berbeda dengan Tahu Sumedang yang cenderung tidak padat atau kopong di dalamnya.



Sumber : PergiKuliner.com


Tahu Lembang lebih mahal daripada Tahu Cibuntu, tekstur juga lebih lembut dan halus. Biasanya Tahu Lembang dikonsumsi dengan cara yang lebih sederhana yaitu digoreng saja. Namun tahu Cibuntu juga tak kalah enak, hanya saja berbeda pada tekstur. Tahu Cibuntu sangat enak juga jika diolah dengan aneka bumbu. Pokoknya apapun masakannya Tahu tetap enak.


Jika berbicara tentang Tahu Bandung tak akan ada habisnya, aneka olahan dapat dimasak dengan bahan utama Tahu. Tak perlu dengan bumbu dan cara pengolahan yang rumit, hanya digoreng dan dicocol kecap atau dengan cabai rawit saja rasanya sudah luar biasa.


Demikian thread dari ane tentang Tahu Bandung. Semoga bermanfaat untuk Agan dan Sista semua. Sampai ketemu di thread ane selanjutnya.


Wassalam
Hatur Nuhun


miebaso
nona212
tien212700
tien212700 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
8.7K
237
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bandung
Bandung
icon
4.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.