• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kalau Bentuk Motor China Seperti Ini, Honda Sama Yamaha Bisa Ditinggalin Deh

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Kalau Bentuk Motor China Seperti Ini, Honda Sama Yamaha Bisa Ditinggalin Deh


Sepertinya pabrikan Jepang harap pasang warning, karena pergerakan pabrikan otomotif China belakangan ini mulai serius dan agresif.

Contohnya yang akan kita bahas kali ini, motor berikut diduga merupakan paten desian yang didaftarkan oleh pabrikan motor asal Tiongkok bernama Zongshen. Nantinya produk ini diberi nama Zongshen RX6 yang sekilas memiliki desian yang sangat gagah dan sporty.



Rencananya motor ini akan ditempatkan di segmen kelas middle untuk bersaing dengan rivalnya seperti Kawasaki Versys 650 dan Yamaha Tracer 700.

Sebelumnya motor ini sempat muncul versi prototype-nya di ajang pameran otomotif di China. Wujud utuhnya boleh diakui sangat ganteng, gagah dan gak kalah dengan motor-motor Jepang lainnya.

Meski sering dipandang sebelah mata sebagai pabrikan yang sering menjiplak motor lain…sepertinya Zongsheng ingin memberikan signature yang khas di motornya satu ini. Bahkan pabrikan ini sudah menggandeng kerja sama dengan produsen motor asal Eropa seperti KTM serta Aprilia…dan di model RX6 ini konon mereka akan menggandeng pabrikan motor Norton untuk mensuplai mesinnya.



Nantinya mesin yang dipakai memiliki kubikasi sebesar 650cc dan tentunya bakal jadi top of the line produk Zongshen di segmen motor adventure.

Kalau dilihat dari fisik luarnya, Zongshen RX6 ini akan menggunakan fitur yang berlimpah. Seperti sektor penerangan semuanya sudah full LED, kemudian shock depan model upside down, rem depan double disc, dan tentunya sudah ABS.

Tapi yang disayangkan adalah model dibawahnya RX4 sudah pakai rangka model twinspar tapi di tipe RX6 ini justru pakai rangka model trails biasa.

Sedikit bocoran di sektor mesin, motor ini mengusung mesin 649cc DOHC 2 silinder berpendingin cairan, mesin memiliki raisoa kompresi mencapai 11,45:1 dengan tenaga sebesar 52kw / 8500rpm, dan torsi maksimum 62Nm / 7000rpm.



Mesin ini diduga mengambil basis mesin milik Norton Atlas 650…sepertinya perusahaan Norton gak jadi bangkrut nih, beruntung ada Zongshen yang bersedia untuk menjalin kerjasama dalam memproduksi sebuah motor.

Jadi Zongshen RX6 ini bisa dibilang mocin rasa Eropa ya hehe.

Referensi : warungasep.net(4/3/2020).
alphajoe.
nona212
tien212700
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
16.5K
179
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.