TetyshebaAvatar border
TS
Tetysheba
Cara Bikin Asam Sunti


haii ....Sis, siapa yang tau belimbing wuluh? atau di sebut juga belimbing sayur, yang buahnya kecil lonjong warna ijo rasanya asam bikin seger. Apa lagi kalau di bikin manisan rasanya endol surendol deh. Belimbing wuluh juga bisa menggantikan asam Jawa di beberapa masakan. Selain bikin Manisan belimbing wuluh bisa juga di bikin asam sunti, kalau orang Aceh pasti tau namanya asam sunti. karena di setiap masakan Aceh ada tambahan asam suntinya. Asam sunti tuh kaya asam jawa kalau menurutku.

Belimbing wuluh juga ada manfaatnya : Mengontrol hipertensi, mengobati diabetes, mengobati demam dan flue dan masih banyak lagi. Tanaman ini gampang di tanam dan sekali berbuah banyak banget, kadang bingungkan sista, mau diapain tuh buah warna ijo lonjong itu yang asam saking banyaknya, jadilah terbuang tuh buahnya dengan sia-sia. Sedih deh jadi mubajir.

Oke, Sista gak perlu bingung lagi nih dan gak akan mubajir buahnya. Belimbing wuluh selain di bikin manisan atau just bisa di bikin asam sunti atau pengganti asam jawa di masakan.

Caranya:

1. Ambil belimbing wuluh dari pohonnya jangan yang masih kecil-kecil, kasihan masih kecil kalau udh di ambil, yang sedang-sedang aja seukuran jempol tangan.



2. Taruh belimbing wuluh di ember atau tempat apa aja kalau gak punya ember. Asal jangan di kulkas ya gaes lalu kasih air yang penuh sampai bener terendam belimbing wuluh nya dan diamkan semalaman.





3. Jemur belimbing wuluh di atas terik matahari, tapi sebelum di jemur kasih garam dulu ya secukupnya aja. karena akan terus berlanjut di kasih garam kalau belum kering.



4. Jemur lagi besoknya tapi sebelum di jemur taburi lagi pakai garam secukupnya. Sampai bener-bener kering kalau belum kering besoknya jemur lagi kasih garam lagi terus begitu sampai bener-bener kering. penjemuran ini membutuhkan waktu gak sedikit dua atau tiga hari tapi membutuhkan waktu lama, karena biar awet asam suntinya bisa satu tahun. Ini penampakan yang udah bener-bener kering ya ....



Gampangkan gaes bikinnya, semoga bermanfaat.

Sumber dan foto: pribadi
WardahRos
haz0204
nona212
nona212 dan 46 lainnya memberi reputasi
47
5.5K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)KASKUS Official
9KThread6.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.