pujanggasenja
TS
pujanggasenja
Maenan PS 4 Dari Masa Depan!! Tertarik?


Manusiaadalah ciptaan yang sempurna dimuka bumi ini, mampu menciptakan suatu realitas. Hal itu membuktikan manusia hidup dan berkembang dengan potensi dan kemampuan yang dinamis, menciptakan banyak penemuan baru yang dapat berguna dan bermanfaat untuk kemudian hari dalam berbagai hal maupun bermanfaat di dalam berbagai bidang pekerjaan.


Salah satu yang menarik perhatian adalah manusia mampu menciptakan alat yang dapat memudahkan pekerjaan, seperti mampu membuat sebuah robot untuk menjadi asisten yang dapat melaksanakan kerja bersih-bersih rumah, atau hanya untuk sekedar menghidupkan lampu secara otomatis dari jarak jauh. Namun robot tidak dapat bekerja begitu saja tanpa dimasukan sebuah Kecerdasan Buatan atau Ai (Artificial intelligence) Ai merupakan sebuah program dasar yang memiliki kemampuan untuk dapat menjalankan suatu perintah, seperti Google Assitant, Amazon alexa, dan Siri Iphone.


Namun apa jadinya ketika Ai mampu melebihi kemampuan penciptanya? Seperti dapat melakukan pekerjaan menjadi seorang detektif!! Hal tersebut sebernarnya sudah disimulasikan oleh sebuah games PlayStasion 4 yang fenomenal.





Detroit Become Human,game ber-genre petualangan para android yang dapat melakukan pekerjaan seperti manusia pada umumnya. Sekedar info maksud dari android disini, ia adalah tubuh sintetis buatan manusia ditanamakan dengan motor penggerak dengan kercerdasan buatan yang dimasukan Ai sebagai otak dari android tersebut. Namun menjadi menarik ketika para android tersebut dalam game ini tiba-tiba memiliki perasaan layaknya manusia, seperti rasa cemas, sedih dan bahagia.


Game ini dimainkan dengan cara memilih premis dari sebuah plot-twist alur cerita, yang nantinya premis tersebut  ditarik menjadi suatu kesimpulan diakhir game sebelum naik ke level berikutnya. KARA, karakter dalam game ini yang berperan sebagai android asisten rumah tangga dalam sebuah keluarga. Ternyata dalam alur ceritanya Kara memiliki majikan yang kasar, awalnya biasanya saja bagi Kara, hingga akhirnya android tersebut menyadari bahwa dalam keluarga tersebut ada seorang anak yang selalu mengalami kekerasan. Hingga tiba saatnya karakter android tersebut muncul sebagai wanita penolong yang menyelamatkan anak dari majikan yang kasar tersebut.


Dalam gameplay game ini, kita bisa memilih untuk menentukan setiap alur kejadian dari cerita. Seperti lari dengan membawa anak tersebut atau memilih untuk mengakhiri hidup juragan kasarnya dengan cara menggunakan pistol.



Game ini sejatinya seperti sebuah paradoks, dimana manusia sebagai mahluk biologis yang mempunyai perasaan yang organik, yang diolah melalui sistem efektor dan refektor. Mengolah stimulus yang diterima panca indera dan dikeluarkan sebagai respon atas rangsangan yang diterima. Biologisendiri berarti kajian tentang kehidupan, sedangkan biologis menurut ahli merupakan indikator untuk adanya proses pembentukan rekayasa genetik oleh alam. Yang berarti manusia sebagai mahluk biologis dengan perasaan organik, ialah manusia sebagai mahluk yang lahir dengan indentitas alamiah sebagai individu dengan akal pikiran yang didapat dari rangkaian proses berpikir dengan organ alaminya semenjak dilahirkan kemuka bumi. Berbeda dengan Kara, ia adalah kemampuan berpikir buatan yang diciptakan dengan tujuan untuk membantu manusia. Dimana seharusnya dia diciptakan untuk melakukan sebuah tugas, dengan tidak melibatkan indikator-indikator emosinal atas suatu rangsangan atau perintah yang dari tugas yang dilaksanakan.


Apakah hanya Manusia dan Binatang yang hidup dimuka bumi ini??


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


Diubah oleh pujanggasenja 19-12-2019 11:20
ukhtyfit81nunu403nona212
nona212 dan 8 lainnya memberi reputasi
7
2K
5
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.