bayukuya1988
TS
bayukuya1988
2 Kasus di RI Sudah Negatif Virus Corona, Ini Kriteria Pasien Sembuh
2 Kasus di RI Sudah Negatif Virus Corona, Ini Kriteria Pasien Sembuh

Khadijah Nur Azizah - detikHealth

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Dalam keterangan persnya Achmad Yurianto menyampaikan sebanyak empat orang dinyatakan suspect virus Corona karena telah melakukan kontak langsung dengan warga Depok yang positif sebelumnya dan mengalami gejala-gejala awal seperti Influenza yang kini tengah diobservasi dan menunggu hasil pasti dari pemeriksan laboratorium. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Achmad Yurianto menyebut hasil tes dua kasus sudah negatif virus corona. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona COVID-19, dr Achmad Yurianto, mengatakan dua pasien kasus 06 dan 14 menjalani pemeriksaan ulang hari kelima. Hasil tes keduanya negatif COVID-19. Lalu apakah mereka ini bisa dikatakan pasien sembuh corona?
"Aman dan boleh pulang kalau memang sudah pemeriksaan menyatakan negatif. Jadi dari pemeriksaan positif menjadi negatif, dua kali," tutur Direktur Medik dan Keperawatan RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, dr Dyani Kusumo Wardani, SpA, kepada media, Selasa (10/3/2020).

Normalnya, pasien positif COVID-19 akan menjalani tes pemeriksaan di hari kelima dan ketujuh. Jika dalam dua pemeriksaan laboratorium menunjukkan hasil negatif maka pasien boleh dipulangkan.


Baca juga: Ledakan Kasus Corona Terjadi di Italia, Iran, dan Korsel, Samakah Polanya?
"Kalau dua kali pemeriksaan sudah negatif dan kondisi klinis bagus, nggak ada keluhan, tidak ada penyakit lain, pasien sudah aman untuk dipulangkan," tambahnya.

Namun tidak mudah menjadikan hasil pemeriksaan positif menjadi negatif. Selain imunitas, ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti kondisi psikis dan mental pasien.

"Ada faktor yang menyebabkan orang sakit bisa sembuh baik dari dalam diri maupun lingkungan. Kalau lingkungannya kan kita sudah jaga betul pasien terisolasi. Asupan gizi baik, tapi ada faktor X yang membuat kuman masih ada dalam tubuh yang kita belum tahu persisnya," pungkasnya.

https://m.detik.com/health/berita-de...-pasien-sembuh

Udah sembuh ya selow, paling penting itu sisi psikologis nya semakin panik ketakutan dan stress malah jadi mudah tertular atau susah sembuh

Inilah kenapa di negara luar yg heboh pada gampang kena sakit karena mereka pada panik takut, psikologi jadi buruk akhirnya stress dan ketularan, jadi keep selow dan relax bahkan tanpa pakai masker juga kuat kok emoticon-Cool



emoticon-Cool
Polling
0 suara
Mana yg lebih berbahaya?
stomapsebelahblog4iinch
4iinch dan 5 lainnya memberi reputasi
2
1.4K
13
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.