News
Batal
KATEGORI
link has been copied
42
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e662e6a88b3cb4a1b1b5ee8/ma-batalkan-kenaikan-iuran-bpjs-penggugat-bapak-presiden-segera-laksanakan
Mahkamah Agung (MA) membatalkan kenaikan iuran BPJS. Penggugat dari Komunitas Pasien Cuci Darah (KPCDI) meminta Presiden Jokowi segera melaksanakan putusan itu seketika. "Bapak Presiden, segeralah laksanakan putusan ini karena itulah diperlukan kehadiran lembaga peradilan yang independen. Hal ini juga membuktikan bahwa pemerintah tergesa-gesa dalam membuat suatu aturan yang tidak melihat suas
Lapor Hansip
09-03-2020 18:54

MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS, Penggugat: Bapak Presiden, Segera Laksanakan!

Mahkamah Agung (MA) membatalkan kenaikan iuran BPJS. Penggugat dari Komunitas Pasien Cuci Darah (KPCDI) meminta Presiden Jokowi segera melaksanakan putusan itu seketika.

"Bapak Presiden, segeralah laksanakan putusan ini karena itulah diperlukan kehadiran lembaga peradilan yang independen. Hal ini juga membuktikan bahwa pemerintah tergesa-gesa dalam membuat suatu aturan yang tidak melihat suasana kebatinan yang sedang dirasakan masyarakat menengah dan kecil saat ini," kata kuasa hukum KPDCI, Rusdianto saat berbincang dengan detikcom, Senin (9/3/2020).

Baca juga:Tok! MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Rusdianto menyatakan pihaknya sangat bersuka cita dan sangat menghargai serta bersyukur atas putusan MA itu. Sebab, MA masih memberikan ruang yang sangat adil untuk mempertahankan hak warga negara yang kepentingannya dirugikan Pemerintah

"Tentu kami sangat berharap dalam negara hukum Justice as a fairness harus dilaksanakan," cetus Rusdianto.

Menurut dia, pemerintah harus segera melaksanakan putusan itu sebagai konsekuensi negara hukum yaitu hukum sebagai panglima. Rusdianto mengatakan, selain rakyat, maka penguasa dan pemerintah harus taat hukum karena keputusan ini dilakukan melalui mekanisme yang fair dan sah.

"Jangan ada lagi baik Pemerintah maupun BPJS melakukan suatu intrik-intrik dan mengakali konsekuensi putusan MA ini hanya karena takut kehilangan muka," ujar Rusdianto.

https://m.detik.com/news/berita/d-49..._beritaTerkait

Kok malah lbh pro rakyat MA drpd pemerintah pusat ya..

Ayo pak presiden yg terhormat .
Ga ada alasan lg, Segera laksanakan putusan MA. !



Bravo MA yg pro rakyat. 💪💪💪
Diubah oleh kaka88ciao
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS, Penggugat: Bapak Presiden, Segera Laksanakan!
09-03-2020 22:02
paling2 buat perpres baru
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS, Penggugat: Bapak Presiden, Segera Laksanakan!
09-03-2020 22:04
ada yg salah dengan manajemen bpjs ....

kagak adil juga salahin pempus karna pempus juga ikut mensubsidi bpjs...

sayangnya pempus tidak mau mengorek lebih dalam kenapa manajemen bpjs itu selalu nombok.

Cari biangnya bkn mengobati terus menerus nih tumor di bpjs.

Sebentar lagi kan ada sensus penduduk secara nasional..

Manfaatkan data tersebut tuk menata kembali.
Mana peserta yg wajib kelas1,kelas 2 dan kelas 3 berdasarkan penghasilan per KK nyaemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS, Penggugat: Bapak Presiden, Segera Laksanakan!
09-03-2020 23:00
Quote:Original Posted By u12c
Baguslah klo gitu.. ini titik tolak bagi pemerintah untuk mengkaji kembali soal penentuan besaran iuran bpjs.
Mendasari pada pasal kesehatan adalah hak warga negara, dan negara berkewajiban menjaminnya, idealnya sih memang gratis.
Namun tidak menafikan bahwa alokasi anggaran untuk itu relatif terbatas, maka perlu juga ada dana partisipasi dari masyarakat dalam bentuk iuran.
Sebenernya ada juga bpjs/sejenisnya yg bener2 gratis tis tanpa iuran, yaitu bagi masyarakat tidak mampu. Dan yg tidak tercover oleh itu, dan juga sebagian besar kalangan masyarakat yg dibilang miskin ngga, tp dibilang cukup juga ngga, biasanya larinya ke kepesertaan bpjs paling buncit.
Untuk kelas diatasnya, itu lebih ke soal untung rugi pembiayaan saja. Meskipun bilangnya mahal, tp tetep saja masih jauh lebih meringankan daripada menggunakan layanan kesehatan sebagai pasien umum. Atau bisa juga dibilang bahwa itu adalah investasi kesehatan istilahnya.
Nah disitulah pemerintah kudu bisa bertindak adil dalam menaikan iuran bpjs.
Yg bpjs non iuran diperbanyak kuotanya, yg bpjs paling buncit naiknya tipis2 sajah, dan yg bpjs kelas atasnya lagi, naiknya lebih tinggi secara berjenjang tergantung kelasnya. Itu baru adil. Menurut gw sih.
Toh juga bpjs tidak memaksa. Kalau dianggap merugikan, ya jangan jadi peserta bpjs. Jadi pasien umum sajah. Karena pada kenyataannya juga, meskipun terpublishnya bahwa pasien umum dan bpjs itu sama saja, tp tetap saja 'strata' pasien bpjs lebih rendah dibanding dengan pasien umum. Padahal klo dilihat dari kontribusi pembiayaan, RS / Faskes jatuhnya akan dapat lebih besar jika melayani pasien bpjs dibanding umum. Cuman ya ngutang bayarnya, sampai klaim cair.


Saya beri ilustrasi ringan aja ya mengenai pendapat yg "Faskes jatuhnya dapat lebih besar jika melayani pasien bpjs dibanding umum"..

Katakanlah,
- pasien bpjs kelas 3, sakit tipes di RS tipe D, VS
- kelas 1 dg kondisi yg sama, VS
- pasien umum..

Pasien kelas 3 : bpjs hanya menerima klaim sekitar 3 jutaan (sudah paket all in untuk obat, kamar, tindakan, lab, jasa tenaga medis). Sembuh ga sembuh tetep cairnya segitu yg diterima RS..

Pasien kelas 1 : klaim bpjs yg cair sekitar 4 jutaan terserah sembuh g sembuh atau gmn caranya si rs mengelola pasien itu..

Pasien umum : tidak ada batasan, uang full 100% dari pasien langsung diterima oleh rs..

Note : lama kesembuhan pasien tidak bisa diprediksi. Semakin lama dia mondok, semakin habis klaim tadi, rs bisa bahkan rugi..

Misal : klaim bpjs yg dijamin adalah 3 jutaan, habisnya si pasien total ternyata sampai dia pulang adalah 5 jutaan. Sisa defisit 2 juta adalah nominal yg ditanggung rs untuk nombokinnya, biasanya diambilkan subsidi silang dengan pasien lain yg hasil klaimnya untung..

Dan terkadang memang ada beberapa penyakit lain yg rs jatuhnya bisa ambil untung dari klaim bpjs
Diubah oleh kucingbimbim
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS, Penggugat: Bapak Presiden, Segera Laksanakan!
09-03-2020 23:37
hobi ngeprank aja sih wi.... wi... emoticon-Cape d...
0 0
0
MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS, Penggugat: Bapak Presiden, Segera Laksanakan!
10-03-2020 07:53
BPJS jangan dihapus donk, naikkan aja secara bertahap. Atau kelasnya dibedakan berdasarkan risiko klaim, kek di swasta.....
profile-picture
Abc..Z memberi reputasi
1 0
1
MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS, Penggugat: Bapak Presiden, Segera Laksanakan!
10-03-2020 08:16
Daripada ribut besaran iuran, lebih baik perketat pengawasan setiap RS.

Kemungkinan RS saat melakukan klaim BPJS yg gak sesuai dengan pengobatan pasien dilapangan, besar kans nya.

Bahasa trend nya Mark up biaya pengobatan.

Beri informasi/regulasi untuk setiap pasien BPJS agar ikut mengawasi hal tersebut.

Kadang pasien tidak tau nota pengobatan dan biaya aslinya karena Merasa sudah di cover BPJS.

🤔🤔🤔
0 0
0
MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS, Penggugat: Bapak Presiden, Segera Laksanakan!
10-03-2020 08:21
Quote:Original Posted By extreme78
ada yg salah dengan manajemen bpjs ....

kagak adil juga salahin pempus karna pempus juga ikut mensubsidi bpjs...

sayangnya pempus tidak mau mengorek lebih dalam kenapa manajemen bpjs itu selalu nombok.

Cari biangnya bkn mengobati terus menerus nih tumor di bpjs.

Sebentar lagi kan ada sensus penduduk secara nasional..

Manfaatkan data tersebut tuk menata kembali.
Mana peserta yg wajib kelas1,kelas 2 dan kelas 3 berdasarkan penghasilan per KK nyaemoticon-Traveller


Kalau pake cara manual susah mau menelusuri setiap transaksi klaim & mencari di mana bocornya. Tp kalau pake IT jg rumit mesti bikin sistem yg applicable di semua rs yg bekerjasama. Intinya ini program pemerintah yg terburu2 dijalankan tp ga mempertimbangkan ke belakangnya gmn mencegah potensi dikorupsi dsb. Ya sama kyk dana desa, pokoknya asal gelontor dana saja tp ga ada sistem kontrolnya ya rawan dikorupsi.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS, Penggugat: Bapak Presiden, Segera Laksanakan!
10-03-2020 09:29
Quote:Original Posted By Echizen.Ryoma
Kalau pake cara manual susah mau menelusuri setiap transaksi klaim & mencari di mana bocornya. Tp kalau pake IT jg rumit mesti bikin sistem yg applicable di semua rs yg bekerjasama. Intinya ini program pemerintah yg terburu2 dijalankan tp ga mempertimbangkan ke belakangnya gmn mencegah potensi dikorupsi dsb. Ya sama kyk dana desa, pokoknya asal gelontor dana saja tp ga ada sistem kontrolnya ya rawan dikorupsi.


salah manajemen dan pempus kontrolnya kagak ketat hasilnya bpjs nombok padahal udah di subsidiemoticon-Traveller
0 0
0
MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS, Penggugat: Bapak Presiden, Segera Laksanakan!
19-03-2020 23:16
masih naik ko
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia