• Beranda
  • ...
  • Music
  • 5 Fakta Julukan Dimash Kudaibergen! Gantengnya, duhh... Setara Artis K-Pop!

anasabilaAvatar border
TS
anasabila
5 Fakta Julukan Dimash Kudaibergen! Gantengnya, duhh... Setara Artis K-Pop!
SELAMAT DATANG
DI THREAD
°BILA°



Haloo, GanSis!
Jumpa lagi di Thread akunya, Bila.

Sekitar satu tahun lalu, akunya yang lagi gabut,mendadak sibuk sewaktu playlist Youtube merekomendasikan sebuah video.
Sibuknya karena sehabis menyimak video tersebut, akunya jadi penasaran untuk cari-cari referensi lainnya.
Hasilnya? Speechless. Lebih tepatnya lumer, sih...
emoticon-Malu
Tanpa ragu, aku yang biasa dengerin musik nyaris 8 jam perhari, beneran berpikir kalau judul dari video yang direkomendasikan itu masuk akal :


"The most beautiful Voice!"
(Suara Paling Merdu)


Quote:

Benar sih,GanSis. Merdu atau tidak, memang itu tergantung selera masing-masing. Tapi nggak tau kenapa, ada rasa yakin dengan penilaian sendiri itu. Walaupun pengetahuan akunya tentang teori tangga nada memang masih minim, sih.


Karena itu, di sini akunya mau coba mengajak GanSis berkenalan dulu dengan penyanyi satu ini.
Dia adalah Dimash,seorang penyanyi muda asal Kazakhstan, yang menurut opini pribadi akunya kedepannya nanti berkemungkinan besar menjadi :


"Penyanyi Legendaris"


Quote:

Ini dia, kita sambut penyanyi yang akunya maksud. Tring, triiing...



DIMASH KUDAIBERGEN


Gantengyaaa...
Nggakkalah sama Oppa Korea, kan? Malah penampilannya lebih manly, tanpa make over berlebih. Ups! Just kidding.

emoticon-Peace

Quote:

Nggak dongs,makanya yuk, kita sama-sama simak dulu
5 Fakta Julukan Dimash!



1.) SUARA PALING MERDU


Merebaknya rumor julukan suara paling merdu yang disandang oleh Dimash itu diawali dari penampilannya pada kontes The Singerdari sebuah stasiun TV di Cina.
Walaupun Dimash hanya menduduki runner up alias peringkat ke-2, namun hati para penikmat musik lebih berpihak kepadanya daripada Sang Juara Pertama, Shen Wang yang sudah terkenal di Cina. Dalam artian, penampilan Dimash begitu memikat, sehingga para fans Dimash melonjak naik secara drastis.

Tiga buah lagu yang dibawakan Dimash dengan penampilan memukau menjadi pengantar pada awal ketenaran namanya di Cina dan negara-negara pasca Uni Soviet :

-SOS d'un terrien en détresse (episode-1),
-Opera 2 (episode-2),
dan
-Adagio (episode-6).

Dalam performanya tersebut, Dimash mampu mengeksekusi setiap not hingga sangat enak didengar. Seberapa enak dan merdu suaranya? Di bagian bawah sudah akunya kasih 3 video dari performancesDimash, yaahh GanSis.

Setelah itu, bermunculan berbagai predikat lain yang secara subjektif disematkan padanya. Tapi, seperti yang aku bilang sebelumnya, aku cek sendiri satu-persatu. Impresi akunya, sangat menakjubkan! Kenapa? Karena semua sangat masuk akal.
So, apa saja predikat lain yang akunya maksud? Kita lanjut, yaahh!




2.) JANGKAUAN VOKAL TERLUAS
or
MANUSIA 6 OKTAF



Julukan The widest vocal rangeatau The Six-Octave Man bukan berarti Dimash satu-satunya. Tapi, di era musik dunia kini, Dimash berhasil masuk kedalam kategori itu setelah sekian lama Mike Patton, memegang predikat tersebut.
Hanya saja, yang membuat Dimash terkesan lebih outstanding adalah keterampilan dalam mengolah jangkauan vokalnya dengan lebih baik. Jangkauan Vokal Dimash terukur mulai dari :

nada not F2 - nada not D8!!!


Video berikut akunya edit dari penampilan Dimash pada nada paling rendah (F2), dan nada tertingginya (D8).


Spoiler for vocal range:




3.) ALAT MUSIK BERJALAN


Dimash seorang multi instrumentalist.Piawai memainkan Piano, Gitar, Xylophone, Drum, dan terakhir Vokal. Di antara semua itu, tentu saja olah vokal Dimash adalah yang paling mencengangkan.

GanSis bisa dengarkan cuplikan video berikut ini, dan cobalah sambil menutup mata. Rasanya lantunan tersebut berasal dari sebuah instrumen, bukan suara manusia.


Spoiler for walking instrument:

Video tersebut akunya edit dari penampilan Dimash saat membawakan lagu "Late Autumn". Bagi GanSis yang ingin menyimak pertunjukkannya dari awal sampai habis, Video di bagian bawah Thread, yaahh.




4.) OLAH VOKAL TERBAIK DI DUNIA


Julukan The Greatest, The Best Singer/Vocalistjuga bukan mutlak kalau Dimash satu-satunya. Please be open minded!
Akunya hingga sekarang masih sangat kagum dengan masa-masa keemasan Celine Dion, Mariah Carey, Michael Jackson, Axl - Gun 'N Roses, Milijenko Matiijevic - Steel Heart, atau Sohyang dan juga beberapa penyanyi luar biasa lainnya.

Tapi, Dimash punya catatan sendiri untuk menyandang predikat ini. Melalui puluhan penampilannya, baik ajang kontes ataupun konser, Dimash tercatat sangat mahir dalam olah vokal. Dia menguasai dengan sangat baik lagu-lagu bernada bass - baritone (suara rendah pria), tenor (suara tinggi pria) bahkan sopran (suara tinggi wanita). Dan Dimash menunjukkan skill-nya tersebut berulang kali, dalam pertunjukkan siaran langsung!
Dimash tercatat menyanyikan lagu dalam 12 bahasa; Kazakh, Russian, Mandarin, English, French, Ukrainian, Italian, Turkish, Serbian, Kyrgyz, German, dan Spanish.




5.) DIMASH IS AN ALIEN!


Kalau yang satu ini hanya julukan "bercanda" dari para netizen dan fans kepada Dimash.
Kenapa? GanSis pernah dengar seseorang menyanyikan lagu dengan berbagai macam dan gaya? Sekali lagi, mungkin pemahaman akunya masih minim. Tapi, baru kali ini akunya dengar seorang penyanyi yang bisa bernyanyi dalam berbagai macam style (genre) dan nada.


Quote:



Semakin penasaran?
Bagi GanSis yang belum pernah mendengar PerformanceDimash bisa simak dua video berikut. Karena Dimash menyanyikannya dengan teknik-teknik profesional, dan setidaknya ada 4 macam gaya vokal pada lagu-lagu ini :

Klasik, Opera, Pop, Pop-Rock!


Spoiler for SOS:


Spoiler for Opera 2:


Spoiler for Late Autumn:




Dimash, oohh, Dimash...
Seperti yang sudah akunya sampaikan, kalau mungkin pengetahuan aku dalam dunia musik, apalagi teori tangga nada belum apa-apa.
Tapi, sebagai penikmat musik, pertama kali akunya dengar seorang yang sanggup mengolah vokalnya dalam berbagai tipe ; bass - baritone - tenor(nada suara pria), alto - mezosopran - sopran (nada suara wanita) secara profesional.


Dimash itu layaknya... A MOZART dalam seni olah vokal.


Lalu, apa yang menahan Dimash untuk mendunia dan sampai sekarang belum setenar artis papan atas atau selebriti dengan rating A?
Well, Dimash untuk saat ini paling menggaung namanya di Cina dan negara perpecahan Uni Soviet, dengan 7,9 Juta Weibo followers,dan IG 3,1 Juta followers, yang sudah pasti terus bertambah.

Setelah akunya baca-baca, kemungkinan besar satu-satunya halangan terbesar Dimash adalah bahasa global, yaitu Bahasa Inggris. Karena di banyak kesempatan, akunya banyak sekali bertemu komentar-komentar dari Dimash yang secara umum dapat dikatakan seperti :

Quote:


So, gimana pendapat GanSis? Dimash keren bukan?


"Mungkin terdengar agak retorikal. Tapi, di era musik masa kini yang didominasi oleh 'autotune', kita dapat menikmati musik berkualitas dengan bantuan pengaturan dari peralatan baik itu hardware maupun software.
Namun, Dimash hadir menyegarkan suasana dengan pesona LIVE yang sudah lama dinantikan penikmat musik dunia."
@anasabila



GIF


_______________________
Credit
Disusun oleh : @anasabila (opini pribadi).
Sumber pemahaman : Dimash.official.weibo, Dimash.YT.Channel, YT home.keywords : Dimash Kudaibergen
Sumber gambar : tercantum dalam bentuk watermark
Sumber Video : sesuai link Youtube, & edit trim video via kinemaster.
Note
Thread ini disusun untuk tujuan hiburan, dengan memasukkan unsur-unsur edukasi.
Diubah oleh anasabila 07-03-2020 22:14
djalanloeroes
pieteranton
tien212700
tien212700 dan 44 lainnya memberi reputasi
37
17.2K
205
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
Music
icon
19.7KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.