Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
128
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6190440577a97d1c6bbe77/lagu-kebangsaan-jerman-dari-masa-ke-masa
Republik Federal Jerman atau lebih dikenal dengan Jerman merupakan sebuah negara yang memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Selain itu Jerman yang telah mengalami banyak sekali perubahan politik dari masa ke masa.
Lapor Hansip
06-03-2020 06:50

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Ilustrasi


Republik Federal Jerman atau lebih dikenal dengan Jerman merupakan sebuah negara yang memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Selain itu Jerman yang telah mengalami banyak sekali perubahan politik dari masa ke masa, menyebabkan lagu kebangsaan negara tersebut pernah berganti beberapa kali. Lagu kebangsaan yang berganti tersebut penuh akan muatan sejarah negara Jerman pada masa tersebut dan menjadi cerminan masyarakat dan politik saat itu.


Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Das Lied der Deutschen-Deutschlandlied

"Das Deutschlandlied"dengan judul asli "Das Lied der Deutschen" atau lebih dikenal dengan "Deutschlandlied", merupakan lagu kebangsaan negara Jerman. Lirik lagu tersebut ditulis oleh Agustus Heinrich Hoffmann von Fallersleben pada tahun 1841. Musik untuk lagu tersebut berasal dari hymne "Gott erhalte Franz den Kaiser" yang dibuat pada tahun 1797 oleh seorang komposer asal Austria yang bernama Joseph Haydn, sebagai lagu untuk ulang tahun Kaisar Francis II, dari Kaisar Kekaisaran Romawi Suci yang kelak juga menjadi Kaisar Austria.


Das Lied der Deutschen-Deutschlandlied


Pada bagian awal yaitu, "Deutschland, Deutschland über alles, über alles in der Welt" (yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti"Jerman, Jerman di atas semua, di atas semua di dunia")bagian tersebut merupakan sebuah seruan kepada berbagai Raja Jerman agar memprioritaskan dan mengutamakan tentang pentingnya bersatunya Jerman.


Pada bagian "Einigkeit und Recht und Freiheit" (persatuan dan keadilan dan kebebasan),berisi seruan dari Agustus Heinrich Hoffmann von Fallersleben yang menyatakan agar Jerman bersatu dan merdeka. Bagian tersebut juga secara de facto dianggap sebagai motto nasional Jerman, meskipun hal tersebut tidak pernah secara resmi dinyatakan.


Setahun setelah menulis lirik tersebut Agustus Heinrich Hoffmann von Fallerslebenkehilangan pekerjaannya sebagai pustakawan dan profesor di Breslau, Prussia (sekarang Wrocław, Polandia), selain itu akibat karya revolusioner lainnya membuat Agustus Heinrich Hoffmann von Fallersleben harus bersembunyi sebelum akhirnya diampuni setelah munculnya revolusi pada tahun 1848.

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa



Gott erhalte Franz den Kaiser

Gott erhalte Franz den Kaiser


Merupakan sebuah lagu yang diperuntukan untuk Kaisar Francis II, Kaisar Kekaisaran Romawi Suci dan yang kelak juga menjadi Kaisar Austria. Liriknya lagu tersebut ditulis oleh Lorenz Leopold Haschka pada tahun 1749 sampai dengan tahun 1827, dan musik dibuat oleh Joseph Haydn. Kadangkala lagu tersebut disebut dengan "Kaiserhymne" (Hymne Kaisar).Setelah itu lagu tersebut telah digunakan secara luas dalam konteks lain, seperti dalam karya-karya musik klasik, dalam hymne Kristen, dalam alma maters, dan sebagai lagu "Deutschlandlied", lagu kebangsaan Jerman. Ada dugaan bahwa lagu tersebut mengambil sebagian melodi dari lagu rakyat Kroasia.

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Die Fahne hoch-Horst-Wessel-Lied

"Horst-Wessel-Lied"juga dikenal dengan "Die Fahne hoch" yang berasal dari bagian pembuka lagu tersebut, merupakan sebuah lagu yang digunakan sebagai lagu Partai Nazi (NSDAP) dari tahun 1930 hingga tahun 1945. Lagu tersebut ditulis oleh Horst Wessel pada tahun 1929. Dari tahun 1933 hingga tahun 1945, Nazi menjadikan lagu partai tersebut sebagai lagu kebangsaan Jerman bersama dengan lagu "Das Deutschlandlied" atau "Das Lied der Deutschen" yang dijadikan lagu Hyme.


Die Fahne hoch-Horst-Wessel-Lied


Pada saat itu Joseph Goebbels, pemimpin Partai Nazi dari cabang regional dan pemilik serta editor surat kabar Der Angriff (surat kabar Partai Nazi), telah beberapa kali melakukan upaya untuk menciptakan sebuah propaganda namun gagal. Pada akhirnya Joseph Goebbelsmenggunakan tokoh Horst Wessel yang pada saat itu meninggal untuk dijadikan sebagai propaganda dengan menceritakan kisah hidup, harapannya untuk "dunia yang lebih baik", dan hal tersebut dibumbui dengan kumpulan hal fiktif maupun fakta. Joseph Goebbels menjadikan Horst Wessel sebagai sosok "pemimpi idealis", yang akhirnya menciptakan apa yang menjadi salah satu tokoh martir untuk legitimasi Partai Nazi.


Setelah berhasil menjadikan Horst Wesselsebagai martir untuk propaganda, pada saat itu pula secara resmi diadakan pawai Wessel, dimana pada pawai tersebut nama lagu "Die Fahne Hoch" diubah menjadi judulnya menjadi "Horst-Wessel-Lied", juga lirik lagu tersebut dirubah dan akhirnya dijadikan lagu kebangsaan Jerman.


Dengan berakhirnya Perang Dunia 2 dan juga menjadi akhir dari rezim Nazi pada bulan Mei tahun 1945, lagu "Horst Wessel"resmi dilarang. Lirik dan lagu tersebut sekarang menjadi hal yang ilegal di negara Jerman, namun tentunya dengan beberapa pengecualian terbatas seperti untuk edukasi.


Namun pada awal tahun 2011, polisi dari wilayah Lower Saxony melakukan penyelidikan terhadap Amazondan Apple Inc. fokus utama penyelidikan tersebut adalah pada layanan musik seperti iTunes, yang diketahui membiarkan lagu tersebut untuk dijual di layanan music mereka.


Die Fahne hoch - Horst-Wessel-Lied


Pada akhirnya baik Apple Inc. dan Amazon memenuhi permintaan pemerintah, dan menghapus lagu dari penjualan mereka.

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Auferstanden aus Ruinen

Pada tahun 1949, zona pendudukan Uni Soviet di Jerman yang merupakan bagian dan Allied-occupied Germany berdiri menjadi sebuah negara sosialis dengan nama "Republik Demokratik Jerman". Setelah negara Republik Demokratik Jermanatau Jerman Timur berdiri, dibuatlah sebuah lagu kebangsaan, yang liriknya ditulis oleh seorang penyair bernama Johannes R. Becher yang kelak akan menjadi seorang Menteri Kebudayaan. Setelah itu dua orang musisi mengusulkan sebuah musik untuk lirik lagu yang dibuat oleh Johannes R. Becher, dan akhirnya dipilihlah musik yang dibuat oleh Hanns Eisler.


"Auferstanden aus Ruinen" merupakan sebuah penggalan dari lirik lagu patriotik dan juga sekaligus merupakan judul untuk lagu kebangsaan negara Jerman Timuratau nama resminya adalah Republik Demokratik Jerman. Lagu tersebut digunakan sebagai lagu kebangsaan ketika negars Jerman Timur ketika masih berdiri pada tahun 1949 sampai tahun 1990.


Auferstanden aus Ruinen



Lagu kebangsaan tersebut mencerminkan tahap awal pemisahan Jerman, disatu sisi mencerminkan terjadinya kemajuan yang berkelanjutan menuju penyatuan kembali zona-zona pendudukan menjadi satu.


Karena adanya rujukan terhadap sebuah negara Jerman yang bersatu, yaitu pada bagian "Deutschland, einig Vaterland", yang dalam bahasa Indonesia berarti "Jerman, tanah air bersatu", karena tidak sesuai dengan kebijakan dan konteks ketika Perang Dingin, terutama setelah Tembok Berlin didirikan pada tahun 1961, maka biasanya lagu tersebut hanya diperdengarkan melodinya tanpa dinyanyikan terutama pada acara-acara resmi.


Walaupun dalam lagu tersebut adanya rujukan terhadap sebuah negara Jerman yang bersatu, yang tidak sesuai dengan kebijakan dan konteks ketika Perang Dingin, namun tidak pernah ada lirik baru yang ditulis untuk menggantikan lirik yang ditulis oleh Johannes R. Becheryang terus digunakan secara tidak resmi, terutama setelah Revolusi Damai (die Wende) pada akhir tahun 1989.


Lagu "Auferstanden aus Ruinen"tidak lagi menjadi lagu kebangsaan ketika Republik Demokratik Jerman bubar dan negara-negara bagiannya bergabung dengan Republik Federal Jerman dalam reunifikasi Jerman pada tahun 1990.


Lagu "Deutschlandlied", yang disusun pada tahun 1841, kembali menjadi lagu kebangsaan Jerman ketika bersatu kembali secara keseluruhan. Pada saat itu Perdana Menteri Jerman Timur Lothar de Maizièretelah mengusulkan agar lirik yang ditulis oleh Johannes R. Becher ditambahkan ke dalam lagu kebangsaan Jerman yang bersatu, tetapi usulan ini ditolak oleh mitranya dari Jerman Barat, yaitu Kanselir Helmut Kohl.

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Heil dir im Siegerkranz

"Heil dir im Siegerkranz" (dalam bahasa Jerman berarti "Salam Padamu dalam Mahkota Pemenang")adalah lagu kebangsaan Kekaisaran Jerman dari tahun 1871 hingga 1918. Sebelum kekaisaran ini didirikan, lagu ini merupakan lagu kerajaan Prusia semenjak tahun 1795. Melodi himnenya berasal dari lagu kebangsaan Britania Raya "God Save the Queen".


Heil dir im Siegerkranz


Maka dari itu, lagu ini tidak populer di Jerman. Selain tidak didukung oleh para nasionalis Jerman, lagu ini bahkan tidak diakui oleh negara-negara Jerman selatan seperti Bayern atau Württemberg. Setelah Perang Dunia I, Kekaisaran Jerman dibubarkan dan "Das Lied der Deutschen"menjadi lagu kebangsaan Republik Weimar.


"Die Wacht am Rhein" ("Penjagaan di Sungai Rhein")juga merupakan himne patriotik yang sangat populer dan seringkali dianggap sebagai lagu kebangsaan tidak resmi.


Heinrich Harries menulis liriknya pada tahun 1790 untuk menghormati Raja Christian VII dari Denmark, dan baris "Heil, Kaiser, dir"pada awalnya adalah "Heil, Christian, dir". Pada tahun 1793, teks Harries' diadaptasi oleh Balthasar Gerhard Schumacher untuk digunakan di Prussia. Schumacher mempersingkat teks Harries' dan menggantikan kata Christian dengan kata König (raja). Setelah pendirian Kekaisaran Jerman diproklamirkan, kata König digantikan oleh Kaiser (kaisar).

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa


Hal lainnya

Lagu kebangsaan Das Deutschlandlieddapat dinyanyikan dengan menggunakan melodi dari lagu kebangsaan Auferstanden aus Ruinen dan sebaliknya lagu kebangsaan Auferstanden aus Ruinen dapat dinyanyikan dengan menggunakan melodi dari lagu kebangsaan Das Deutschlandlied.


Bagian awal dari lagu Das Deutschlandlied, "Deutschland, Deutschland über alles, über alles in der Welt.dilarang untuk dinyanyikan karena indentik dengan Partai Nazi. walapun begitu kadang juga bagian tersebut juga dinyanyikan.


Bagian "Einigkeit und Recht und Freiheit"yang dianggap sebagai motto nasional Jerman juga menjadi bagian atau stanza yang dapat dinyanyikan.


Karena banyak larangan pada lagu Das Deutschlandliedmaka lagu tersebut sering hanya diperdengarkan melodinya saja tanpa dinyanyikan.


Lagu "Gott erhalte Franz den Kaiser" beberapa kali mengalami perubahan pada liriknya.

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa




Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
Polling
17 Suara
Mana Lagu Kebangsaan Jerman Yang Kamu Suka ? 
Diubah oleh comrade.frias
profile-picture
profile-picture
profile-picture
infinitesoul dan 25 lainnya memberi reputasi
26
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 00:22
Quote:Original Posted By gilbertagung
Mana anthem favorit ane, God Save the...eh maksud saya Heil dir im Siegerkranz?


God save queen banyak yang make juga yaemoticon-Ngakak, tapi konon lagu itu asalnya dari prancisemoticon-Big Grin
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 00:25
Quote:Original Posted By MirrorBoy
La Marseillaise national anthem paling enak emoticon-Wakaka


Melodi awalnya kayak lagu dari sabang sampai meraukeemoticon-Big Grin
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 01:15
Quote:Original Posted By MirrorBoy
La Marseillaise national anthem paling enak emoticon-Wakaka

Hmmmm… itu lagu kebangsaan France emoticon-Betty

Quote:Original Posted By mengeja
TS spesialis lagu kebangsaan neh

emoticon-Leh Uga

Bisa jadi emoticon-Betty

Quote:Original Posted By ghuplo
emang nih negara superior bgt

Superior dalam bidang engineering

Quote:Original Posted By formula1999
ngak ngarti dah oeh

yang mana yang nggak ngerti ?

Quote:Original Posted By lupis.manis
Ada beberapa jenis ya.

Iya karena faktor sejarah

Quote:Original Posted By ikcai
dinamis ya emoticon-Matabelo

iya emoticon-Betty
profile-picture
lupis.manis memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 01:17
doain ane ya bulan depan lancar ke jerman..
0 0
0
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 01:20
Quote:Original Posted By zapperprince
kenapa lagu2 kebangsaan macam jerman, prancis, italia seru2 didengernya, walaupun gak ngerti mereka ngomong apa


seru apa nya?? kalo ada yang pakai rap hip hop atau macam reggae nya bob marley baru lah seru wkwkwkemoticon-Big Grin
0 0
0
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 01:23
Quote:Original Posted By ikcai
dinamis ya emoticon-Matabelo


kalo yang statis gimana ya?
0 0
0
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 01:28
Quote:Original Posted By ryunato
God Save Fuhrer
emoticon-Selamat
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa

Quote:Original Posted By TheArdo96
Jadi inget wkt tenis, salah lirik malah pake lirik jaman Nazi haha
emoticon-Ngakak ini memang memorable peristiwanya

Quote:Original Posted By daw07
banyak amet ya bre. . .
emoticon-Cendol Gan
iya

Quote:Original Posted By chigo.ji3
Wajar gan jerman mah sejarah udah panjang banget, beda ama indo yg masih seumur bayi sapa tau bulan depan indo ada revolusi nanti pasti indonesia raya bakal diganti
emoticon-Ngakak nanti ganti jadi Indonesia Jaya

Quote:Original Posted By giyanluca
kalau indonesia gimana gan, apakah pernah ganti lagu kebangsaan?


Quote:Original Posted By galigulagalu
wihhh keren nih ngebahas soal sejarah lagu kebangsaan jerman. maknanya pasti keren yak sama kayak yg dipunyai bangsa indonesia, tentu ada unsur kebanggaan dan persatuannya ya gan. kerennnn emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Unsur kebangsaan dan persatuan pasti selalu ada dalam lagu kebangsaan negara manapun.

Quote:Original Posted By BlueJupieZ
Erikaaa...

Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
Erika Sebuah Lagu Yang Penuh Cerita
https://kask.us/iDqM2

Quote:Original Posted By pelunggreat
negara berpolitik setelah Yunani
semua negara pasti pernah berpolitik emoticon-Betty

Quote:Original Posted By gilbertagung
Mana anthem favorit ane, God Save the...eh maksud saya Heil dir im Siegerkranz?
Eh ini ane mau masukin tapi di polling tapi gak bisa diedit intinya sih lupa emoticon-Betty emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By jukic
nyimak gan..demen dah sm berbau2 jerman
Selamat agan seorang Germanophile emoticon-Cool

Quote:Original Posted By swiitdebby
Gue aja ngga tau artinya

Maen isi polling ae hahaha
Yang penting agan enjoy sama lagunya

Quote:Original Posted By barulangit
kenapa malah ketawa?
Mungkin lucu

Quote:Original Posted By seperduaratus
Baru tau lagu kebangsaan bisa ganti ganti gini
Iya bisa karena banyak perubahan politik dan sejarah negara tersebut seperti halnya Rusia, Rusia juga mengalami hal yanh sama dengan Jerman. Mengenai Rusia bisa baca disini
Cerita Dibalik Lagu Kebangsaan Rusia
https://kask.us/iCZc7

Quote:Original Posted By angga_nero
vatherland....
Hail emoticon-Cool

Quote:Original Posted By seperduaratus
Itu pasti dong namanya lagu kebangsaan jadi identitas negara, lagu yang dinyanyikan kalo ada event nasional ya masa liriknya asal asalan ya gan wkwk
Nah bener ini setiap bagian pada lagu kebangsaan negara-negara pasti penuh makna dan nilai historisnya.

Quote:Original Posted By metachu
dari periode ke periode berubah ya, dan menceritakam sejarah dan tahapan Jerman hingga bersatu gitu ya...?
Iya gan dalam terpecah-pecah sampai bersatu padu jadi satu

Quote:Original Posted By davidsson
Trit yg menarik karena gw suka Jejermanan. Ya sepakbolanya. Ya efisiensinya. Ya mobilnya. Ya teknologinya.
Thanx udah nambah wawasanku.
Danke Danke emoticon-Betty

Quote:Original Posted By zapperprince
kenapa lagu2 kebangsaan macam jerman, prancis, italia seru2 didengernya, walaupun gak ngerti mereka ngomong apa
Faktor utamanya adalah banyaknya perubahan-perubahan historis pada negara tersebut yang membuat tiap bagian dari lagu kebangsaan tersebut penuh dengan makna dan muatan sejarah.

Quote:Original Posted By mirhamh
Ane kira enak lagu Kebangsaan Spain wkwk
Lagu kebangsaan Spain itu Marcha Real, lagunya gak punya lirik jadi hanya musik aja

Quote:Original Posted By mynameisant
Deutschland, Deutschland über alles,
Über alles in der Welt!
🙋
emoticon-Betty
Diubah oleh comrade.frias
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan BlueJupieZ memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 01:34
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Wah ternyata berganti berkali kali ya ini lagu kebangsaan jerman. Baru tau gan ane.
Iya gan

Quote:Original Posted By fa.uz
ada satu lagi, pas masa kekaisaran german,

melodinya sama dengan lagu god save queen nya britishemoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By fa.uz
God save queen banyak yang make juga yaemoticon-Ngakak, tapi konon lagu itu asalnya dari prancisemoticon-Big Grin
Iya memang lagu God Save the Queen ini banyak sekali diadaptasi oleh negara lain contohnya Rusia era kekaisaran
Quote:Horst wessel lied lagu propaganda nazi, tapi enak didengernya, cuma pasti terlarang di jerman sanaemoticon-Big Grinfavorit ane sih, easy listening gituemoticon-Wink ini horst wessel lied versi parody nyaemoticon-Ngakak
emoticon-Ngakakbaru tau ane ada versi parodynya, kebanyakan hal berbau Nazi udah pada hapus oleh Youtube

Quote:Original Posted By fa.uz
Melodi awalnya kayak lagu dari sabang sampai meraukeemoticon-Big Grin
Lagu ini juga pernah digunakan oleh Rusia ketika Perang Saudara
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 02:28
indonesia raya aja gak hafal2, mikirin lagu kebangsaan negara lain
emoticon-Ngakakemoticon-Wakaka
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 02:45
Quote:Original Posted By salahakan
indonesia raya aja gak hafal2, mikirin lagu kebangsaan negara lain
emoticon-Ngakakemoticon-Wakaka


tau aja emoticon-Betty
profile-picture
salahakan memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 03:49
nih negara kuat aslinya, tiap perang satu lawan banyak biasanya
profile-picture
profile-picture
liee dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 04:22
Quote:Original Posted By irvan..
nih negara kuat aslinya, tiap perang satu lawan banyak biasanya


Walaupun kuat tapi sering dapat Sekutu yang gak kompeten emoticon-Betty
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 04:23
Quote:Original Posted By comrade.frias
Walaupun kuat tapi sering dapat Sekutu yang gak kompeten emoticon-Betty


Makanya ane bilang satu lawan banyak, sekutunya gak guna,
Kalo maen bola macem anak bawang.
Ada gak ada dia gak ngaruh
profile-picture
profile-picture
liee dan comrade.frias memberi reputasi
2 0
2
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 04:36
Quote:Original Posted By irvan..
Makanya ane bilang satu lawan banyak, sekutunya gak guna,
Kalo maen bola macem anak bawang.
Ada gak ada dia gak ngaruh


Ya begitulah punya sekutu yang satu benua satu ideologi tapi kemampuan militer kacau punya sekutu yang lumayan kompeten tapi jaraknya jauh emoticon-Betty
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 04:53
Quote:Original Posted By barulangit
kenapa malah ketawa?


Karena cuma hitler yg bisa seperti itu
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 04:54
hail hitler wkwkwkwk
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 05:13
Nice share...
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 05:48
Quote:Original Posted By barulangit
kalo yang statis gimana ya?


listrik bre emoticon-Ngakak
profile-picture
liee memberi reputasi
1 0
1
Lagu Kebangsaan Jerman Dari Masa ke Masa
08-03-2020 05:55
Quote:Original Posted By seperduaratus
Itu pasti dong namanya lagu kebangsaan jadi identitas negara, lagu yang dinyanyikan kalo ada event nasional ya masa liriknya asal asalan ya gan wkwk


Hahahah iya gan, kalo lirik asal asalan yang nyanyi bingung dong. Tritnya keren gan hehehhe
profile-picture
seperduaratus memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
The Lounge
alkohol
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia