yuni.wahyuni114Avatar border
TS
yuni.wahyuni114
Perceraian Sering Terjadi Pada Pernikahan, Cari Jawabannya Bukan Sekadar Alasan!


Alasan atau jawaban sebab terjadinya perceraian? Pahami ini, yuk!



Memiliki hubungan awet, adem, dan jauh dari koar-koar pertengkaran memang impian siapa pun dalam sebuah hubungan.

Terlebih, bagi mereka yang sudah menjalani hubungan cukup serius, dan memutuskan untuk melanjutkan pada jenjang pernikahan.

Namun tahukah? Tidak semua pernikahan akan terus berjalan dengan indah. Ada kalanya jalan terjal harus dilewati, masalah demi masalah pun kian menghampiri. Bahkan, tak jarang, sebuah pernikahan akan jatuh ke jurang, kemudian mati!

Hal ini tentu berkaitan dengan banyak faktor. Ada sebagian peneliti yang mengatakan, perceraian tidak selalunya sebab ekonomi. Lebih daripada itu, perceraian terjadi sebab seorang kepala rumah tangga tidak mempunyai pekerjaan yang tetap, sehingga kestabilan ekonomi rumah tangga tak pasti.

Study lain bahkan menyebutkan, sebab percerain kerap terjadi sebab perselingkuhan, kekerasan rumah tangga, dan perbedaan umur yang terlalu muda atau terlalu tua.

Dalam berbagai kasus juga, banyak dijumpai aneka jenis alasan sebuah pernikahan akhirnya selesai di perceraian, dan semua kenangan manis saat bersama tak akan lagi bisa dikecapi.

Nah, pada kesempatan thread kali ini, saya akan mengajak agan dan sista untuk sama-sama mengenali, bagaimana cara membuat pernikahan lebih harmonis, bahagia, dan awet sampai tua.

1. Pastikan saling percaya dan jujur satu sama lain


Sumber klik di sini

Sebuah hubungan tidak akan pernah bisa awet, jika masing-masing pasangan tidak saling percaya satu sama lain. Bahkan, saat ada masalah sekalipun, cobalah untuk saling jujur. Sebab bagaimanapun, kepercayaan dan kejujuran dalam sebuah hubungan pernikahan, menjadi faktor penting apakah pernikahan bisa terus berlanjut atau berakhir.

2. Lakukan komunikasi yang baik dengan pasangan


Sumber klik di sini

Sesibuk apa pun, sempatkanlah untuk tetap saling memberi kabar. Menanyakan hal-hal yang biasanya dilakukan sebelum agan dan sista memutuskan untuk berlanjut ke jenjang pernikahan. Sebuah hubungan akan baik-baik saja, jika kedua pasangan dalam pernikahan bisa menjaga komunikasi dengan baik, meski ada permasalahan.

3. Ambil waktu untuk menenangkan diri saat menghadapi masalah pernikahan


sumber: Pinterest

Semakin lama menjalin hubungan, kebiasaan baik maupun buruk pasangan pasti akan semakin kelihatan. Hal inilah yang sering menjadi pemicu sebuah pertengkaran hingga berujung pada perceraian.

Untuk mengantisipasinya bagaimana?

Tarik napas, keluarkan. Tarik napas, keluarkan. Lakukan berulang kali sambil terus berdoa supaya masalah yang tengah dihadapi segera mendapat penyelesaian.

Ingat!

Quote:


4. Jangan segan menyatakan cinta pada pasangan


sumber: Pinterest

Meski usia agan dan sista sudah tak muda lagi sebab telah lama dalam mengarungi pernikahan, menyatakan cinta pada pasangan setiap pagi atau malam, nyatanya bisa menjadi resep jitu supaya keharmonisan yang dirasa memudar, akan terasa membuat perasaan lebih segar.

So,sudah siap menyatakan perasaan cinta agan atau sista pagi ini pada pasangan?

5. Jauhkan perasaan bosan pada pasangan


sumber klik di sini

Pasangan yang saat ini menjadi teman hidupmu, sudah pasti seseorang yang agan atau sista pilih sendiri. Maka dari itu, saat terjadi perasaan mulai bosan pada pasangan, alangkah baiknya lakukan trip, pendakian, atau jalan-jalan bersama-sama.

Selain bisa membuat mood bosan pada pasangan memudar, agan dan sista mempunyai kesempatan untuk saling mengingat masa-masa awal kalian kenalan, hingga akhirnya memutuskan untuk menikah.

6. Jadilah pasangan yang give and give


sumber: Pinterest

Give and give merupakan sebuah prinsip yang baik saat agan dan sista memutuskan menikah dengan pasangan.

Sebabnya, give and give atau saling beri memberi adalah hal yang cukup baik saat sebuah pernikahan sudah mulai agan jalankan.

Tidak perlu merasa, "Pasanganku gak memberi apa-apa. Akan kulakukan juga hal yang sama."

Seperti banyak orang ketahui, pernikahan bukan sekadar sebuah jalinan satu orang dengan orang lain. Tapi satu keluarga dengan keluarga yang lain. Kalau masalah beri memberi saja masih diperdebatkan, untuk apa melakukan sebuah pernikahan?

Mungkin itu saja enam cara yang bisa saya rangkum untuk agan dan sista semua, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan (termasuk untuk saya).

Jangan lupa jaga kesehatan dan selamat malamπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ’—πŸ’—

Taiwan, 6 Maret 2020

Penulis: @yuni.wahyuni114
Diubah oleh yuni.wahyuni114 05-03-2020 16:57
ceuhetty
Gimi96
tien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
35
8.4K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThreadβ€’9.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Β© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.