i.am.legend.Avatar border
TS
i.am.legend.
M Taufik Khawatir Nasib DKI Jika Ibu Kota Pindah: Jakarta Kayak Dilepehin Aja


M Taufik Khawatir Nasib DKI Jika Ibu Kota Pindah: Jakarta Kayak Dilepehin Aja

Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik khawatir akan nasib DKI Jakarta usai ibu kota dipindahkan nanti. Taufik berharap status Jakarta usai tak lagi menjadi ibu kota segera diperjelas.
"Kalau orang Betawi bilang, ini dilepehin aja Jakarta. Dilepehin gitu lho, yang selama ini Jakarta ini jadi ibu kota bebannya setengah mati. Nggak ada undang-undang ibu kota itu, nggak ada yang namanya pasal keuangan di ibu kota negara. Jadi ibu kota negara dibiayai oleh siapa, di UU Ibu Kota DKI Jakarta sebagai ibu kota negara nggak ada pasal itu," kata Taufik dalam diskusi di Rapimprov Kadin DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2020).



Taufik khawatir perpindahan ibu kota itu akan mempengaruhi keuangan daerah Jakarta. Sebab, menurutnya, jika nantinya tak lagi menjadi pusat pemerintahan, pendapatan daerah Jakarta juga akan terdampak.

"Saya ada kekhawatiran kalau ini lima tahun yang akan datang pindah nih pegawai negeri pindah semua, pegawai nasional, tingkat pusat pindah semua, udah deh kita ambil istrinya yang ikut, anaknya enggak 2 juta. 2 juta itu adalah pengguna MRT, pengguna TransJakarta. Kira-kira goyang nggak nih? Padahal DKI mensubsidi," kata Taufik.

"Target kami tadinya kalau kita punya APBD Rp 100 triliun, itu PSO-nya 100%, jadi gratis semua yang ber-KTP Jakarta. Ini Jakarta terlalu baik juga, mensubsidi orang Depok, orang Bekasi untuk transportasi. Ini harus dipikirkan harus dicari penggantinya seperti apa," sambung dia.

Karena itu, Taufik pun berharap pemerintah segera memperjelas status Jakarta. Selain itu, dia juga berharap gedung-gedung milik pemerintah pusat dapat diserahkan ke Pemprov DKI untuk dikelola.

"Sisa gedung-gedung itu mau jadi apa? Kalau mau jadi museum, Serahkan saja ke DKI. DKI kan dipegangi terus nih semua, Kemayoran dipegangi, Senayan dipegangi, Jakarta harus meningkat. Saya kira ayo kita dorong sama-sama supaya Jakarta tetap jadi kota besar setara dengan kota-kota lainnya di dunia. Jangan ditinggalin sebagai ibu kota negara, dia nanti sama dengan kampung ibu saya sama kayak Banten nanti, atau kampung bapak saya di Palembang. Saya kira Jakarta nggak boleh turun derajatnya. Ada konsep megapolitan," tutur Taufik.
(mae/zul)
sumber

☆☆☆☆☆

Santai Fik. Emang ente ngerasa bakal jadi anggota DPRD DKI Jakarta seumur hidup?

Takut kalau keuangan Jakarta ambruk? Lha, Jakarta anggarannya paling besar se Indonesia, tapi pengelolaannya macam bandar judi sabung ayam. Uang rakyat Fik. Uang rakyat itu. Tapi kolega ente seenaknya aja ngehambur-hamburin uang. Dipikirnya tuh uang bukan uang dia pribadi mungkin, jadi seenaknya aja SSGB.

Sejak penghujung akhir 2017 keuangan Jakarta udah gak terarah lagi Fik. Anjing penjaga yang galak, yang setia pada pemiliknya, yaitu warga Jakarta, udah disia-sia dan dimusuhin, termasuk sama elu. Itu karena anjing penjaga itu terlalu ketat menjaga brankas uang dan terlalu galak pada orang-orang, eh srigala-srigala lapar yang selama ini dapat upeti buat makan lobster.

Anjing penjaga ini ngejagain uang agar bisa keluar dengan manfaat yang besar. Bahkan dia bisa memaksa pengusaha-pengusaha agar membangun infrastruktur bagi warga Jakarta tanpa uang rakyat DKI Jakarta keluar sepeserpun. Eh malah lu dan kelompok lu ngehajar habis-habisan.

Mimpi Fik.
APBD yang ada aja defisit masih berharap APBD 100 triliun. Tar makin gede makin bingung dah ngebelanjainnya. Ujung-ujungnya beli aibon lagi. Pasir lagi.

TJ dan MRT bakal gratis? Yang gratis aja malah dicabut koq.

Ah, gue gak percaya sama elu Fik. Jangan-jangan elu cuma takut gak bisa makan lobster lagi.

Jakarta udah ancur Fik. Ancur sama kawan elu. Nah puas-puasin dah ngancurin Jakarta. Masih 2 tahun lagi tuh kawan elu punya waktu buat ngeberantakin Jakarta.

Nah, terus ada apa dengan Banten dan Palembang? Kumuh? Terbelakang? Eh, ente ngomong gak direm lagi Fik. Jangan sampai warga Banten sma Palembang emosi.

Elu kan anggota DPRD DKI Jakarta. Kasih dong masukan buat kolega lu, Anies, agar dia bisa ngatur uang anggaran DKI Jakarta dengan baik. Bilang, jangan ngebuang uang untuk hal-hal gak bener terus. Suruh kerja, biar hasil kerjanya dinilai sama-sama.

Amggaran pengen nambah, kerja pengen sedikit.
Udah gitu pengen makan lobster lagi.

Hadeeeeh....
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 49 lainnya memberi reputasi
50
6.6K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.