InaSendryAvatar border
TS
InaSendry
Cantiknya Warna-warna Baju Tradisional Korea



Hai Agan Sista apa kabar? Ane doain semoga selalu sehat, bahagia, beruntung di mana pun kalian berada.

Nah, pada thread kali ini ane ingin ngobrolin seputar baju tradisional perempuan Korea Selatan atau yang disebut hanbok. Gansis tentunya nggak asing, dong, melihat gaun-gaun berwarna-warni yang biasanya dipakai sebagai kostum di drama Korea/K-Moviebertemakan kerajaan pada masa Joseon.

Seperti halnya di negara kita, baju adat Korea ini tidak sekadar menampilkan keindahan semata. Namun, ada simbol-simbol yang memiliki makna tertentu. Misalnya saja dari segi warna.

1. Warna merah

Quote:


Warna merah biasanya dipakai oleh pengantin perempuan. Masyarakat di sana sangat percaya, jika warna ini akan memberikan keberuntungan/nasib baik dan kekayaan. Ternyata kepercayaan ini bukan hanya dimiliki oleh orang Tionghoa, ya, gansis.

2. Warna Putih

Quote:


Warna ini identik dengan lambang kesucian dan kemurnian jiwa. Eh, kok sama, ya, dengan kita--orang Indonesia--dalam memaknai warna putih. Pemakai hanbokputih ini tidak memandang status sosial, semua warga boleh memakainya untuk menunjukkan kerendahan hati. Lo, kan, lagi-lagi sama dengan seragam kepegawaian setiap hari rabu di negeri kita--meski ada hitamnya--bermakna kesederhanaan dan rendah hati sebagai pelayan masyarakat.

3. Warna Kuning

Quote:
link

Nah, kalau ini khusus dikenakan oleh kaum bangsawan/keluarga kerajaan. Biasanya memakai bahan satin atau sutera bermotif tertentu yang menunjukkan kelas sosial atau seseorang yang dihormati. Rakyat jelata tidak boleh sembarangan ikut memakainya, karena ini merupakan warna hanbokkebesaran yang bermakna sebagai simbol pusat alam semesta. Hmm ..., memang menarik banget, sih, warna ini, ya gansis.

4. Warna nila

Quote:


Warna nila--turunan warna primer--merupakan simbol ketetapan. Perempuan Korea di masa dahulu yang bekerja di pengadilan memakainya sebagai rok seragam, senada dengan warna jubah resminya.

5. Warna hitam

Quote:


Hanbokhitam bermakna bahwa semua yang ada di muka bumi ini adalah ciptaan Tuhan. Sama dengan orang Eropa yang memakainya sebagai simbol berduka, wanita Korea juga mengenakannya untuk upacara kematian.

Itulah warna baju adat wanita Korea yang memiliki makna tersendiri. Lantas bagaimana dengan pakaian umumnya yang membedakan gadis dengan perempuan yang sudah menikah?Ternyata dibedakan lagi, gansis. Gadis-gadis pada masa dahulu memakai hanbok perpaduan kuning dan merah. Sedangkan perempuan yang sudah menikah, memakai hanbok perpaduan hijau dan merah sebagai penghormatan kepada mertua.

Gansis, yang ane heran meskipun perpaduan warna hanbok mereka ini kesannya tabrak lari, tapi tetap saja terlihat anggun dan menarik, bukan? Sampai-sampai banyak tempat wisata tanah air pun, menawarkan satu spot untuk berswafoto mengenakan baju adat Korea ini sebagai daya tarik. Ane juga ingin, sih, suatu saat punya koleksi satu saja di lemari. Bagaimana dengan kalian?

Sekian thread ane tentang kekoreaan. Nantikan dan kunjungi thread ane lainnya yang tak kalah menarik. Sampai jumpa.

emoticon-Menang

Sumber bacaan dan gambar linklink
Diubah oleh InaSendry 11-02-2020 14:39
mbakendut
djrahayu
bekticahyopurno
bekticahyopurno dan 23 lainnya memberi reputasi
24
5.2K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.