• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • 7 Tanda Rasa Kemanusiaan Seseorang Hampir Hilang dalam Dirinya

KatakhoiAvatar border
TS
Katakhoi
7 Tanda Rasa Kemanusiaan Seseorang Hampir Hilang dalam Dirinya


Selamat pagi kaskuser dan pembaca setia akun Katakhoi. Semoga tidak pernah bosan dalam berbagi kebaikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Dan semoga selalu bahagia.

Rasa kemanusiaan dalam arti lebih luasnya yaitu sifat yang melandasi hubungan antarmanusia. Mendatangkan kerukunan satu sama lain, menciptakan rasa aman untuk satu sama lain, dan tentunya tidak saling mengganggu dan merugikan. Itulah beberapa hal yang menunjukkan sifat-sifat yang sesuai dengan rasa kemanusiaan. Namun, tahukah kamu bahwa untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan tidak semudah itu. Memang pada dasarnya mudah, tetapi rintangannya jauh lebih susah.

Dan jika berbicara tentang kemanusiaan, tentunya berbicara juga tentang sikap dan perilaku sebagaimana hal nya manusia dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Tidak menyimpang dan tidak disimpangkan. Namun, ternyata tidak sedikit manusia yang tanpa sadar telah kehilangan rasa kemanusiaannya. Dan ternyata untuk memanusiakan manusia itu sangatlah susah.




Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan di bawah ini tentang 7 tanda rasa kemanusiaan seseorang hampir hilang dalam dirinya.

1. Menghalalkan segala cara hanya untuk kesenangan dirinya



Tidak sedikit orang-orang di luar sana menghalalkan segala cara hanya untuk kesenangan dirinya. Memang banyak faktor yang mempengaruhi mengapa seseorang melakukan hal tersebut. Namun, bagaimana pun dan apa pun alasannya itu sangat tidak dibenarkan. Saat seseorang melakukan segala cara bahkan sampai melanggar aturan kemanusiaan, maka ketahuilah, bahwa secara tidak langsung rasa kemanusiaan dalam dirinya hampir hilang. Contohnya, seseorang akan dengan begitu tega mengambil milik atau barang atau bahkan pasangan hidup orang lain hanya untuk memenuhi kesenangan dan kepuasan dirinya sendiri.

2. Pandang bulu dalam memberikan bantuan




Orang-orang yang memiliki sikap seperti ini bisa jadi mereka adalah orang-orang yang rasa kemanusiaannya masih ada, akan tetapi sangat tipis sekali. Mereka dengan tingkat rasa kemanusiaan yang tinggi tidak akan pernah pandang bulu atau membeda-bedakan harus memberikan bantuan kepada siapa. Karena pada dasarnya, kebaikan tidak pernah memandang harus kepada siapa diberikan. Baik kepada musuh sekali pun, kebaikan akan ditawarkan dan diberikan.

3. Rela mengorbankan orang lain hanya demi keuntungannya sendiri



Saat ini, orang-orang berlomba-lomba mencari keuntungan sebanyak-banyaknya untuk dirinya sendiri. Tidak jarang apa pun akan dilakukannya hanya untuk mendapat keuntungan. Tidak peduli mengorbankan orang lain dan merugikan orang lain, yang dilakukan oleh orang-orang yang rasa kemanusiaannya hampir hilang itu hanya memikirkan dirinya sendiri. Tanpa berpikir lebih jauh bagaimana jika seandainya dirinya lah yang dirugikan orang lain.


Quote:


4. Sulit memaafkan kesalahan orang lain



Perkara memaafkan memang sangat sulit. Jangankan memaafkan, untuk meminta maaf saja kadang orang-orang lebih memilih mengedepankan gengsinya. Namun, tahukah kamu bahwa saat seseorang sangat sulit memaafkan kesalahan orang lain, saat itu juga ia lupa bahwa dirinya sendiri pun pernah melakukan kesalahan sebagaimana layaknya seorang manusia. Memang tergantung dan balik lagi kepada siapa dan seberapa jauh seseorang melakukan kesalahan, tetapi tidak baik juga jika terus-terusan menimbun rasa kesal yang pada akhirnya tidak mau memaafkan kesalahan orang tersebut.

5. Memandang orang lain sangat rendah dan menganggap dirinya luar biasa



Tidak sedikit manusia yang menilai manusia lainnya hanya dari luar saja. Hanya melihat dari segi pakaian yang dikenakan, alat transportasi yang dibawa, dan yang lainnya. Tanpa tahu keadaan yang sebenarnya seperti apa. Lalu dengan begitu mudah ia memandang orang lain rendah dan menganggap bahwa dirinya jauh berada di atas orang lain. Ketahuilah, orang-orang seperti itu adalah orang-orang yang perasaannya sudah tertutup oleh rasa sombong dan tanpa sadar rasa kemanusiaannya sudah redup dalam dirinya.

6. Tidak bisa menjaga rahasia orang lain



Memang terdengar sangat sepele tetapi efeknya begitu luar biasa. Saat seseorang membocorkan rahasia orang lain, saat itu juga ia lupa bahwa menjaga rahasia orang lain sama hal nya dengan menjaga aib dirinya sendiri. Saat seseorang menceritakan rahasia orang lain saat itu juga ia sedang menunjukkan bahwa dirinya tidak bisa menjadi orang yang dapat dipercaya untuk memegang sebuah rahasia. Itulah mengapa orang yang tidak bisa menjaga rahasia orang lain disebut sebagai orang yang rasa kemanusiaannya hampir hilang. Karena ia hanya memikirkan dirinya sendiri, tidak memikirkan perasaan orang lain yang sedang ia bocorkan rahasianya.

7. Hilangnya sikap toleransi dan saling menghargai



Acuh tak acuh kini seperti telah menjadi ciri dari kebanyakan orang. Rasa saling menghargai seperti telah redup di kebanyakan pemikiran manusia lainnya. Toleransi dan saling menghargai adalah salah satu bukti bahwa rasa kemanusiaan seseorang begitu tinggi. Dan saat seseorang kehilangan sikap toleransi dan saling menghargai dalam dirinya, maka itu artinya ia pun kehilangan rasa kemanusiaan dalam dirinya.

Nah, itulah penjelasan dari 7 tanda bahwa rasa kemanusiaan seseorang telah hilang dalam dirinya. Semoga kita termasuk orang-orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Narasi: murni imajinasi sendiri
Sumber gambar:
Cover
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
tata604
swiitdebby
lina.wh
lina.wh dan 32 lainnya memberi reputasi
33
14.2K
167
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.