Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
13
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e5fe1ae0577a94d155a8eca/memilih-teman-harus-bagaimana-gan-sist
gambar Kondisi sosial setiap orang tidak sama. Ada yang nasibnya baik, dan kaya raya. Status sosialnya berbanding lurus dengan kekayaannya. Gw jadi teringat ketika memiliki teman, kebetulan satu angkatan ketika sama diangkat jadi PNS. Secara nalar sederhana, kondisi keuangan pasti tidak akan jauh berbeda. Dengan gaji yang relatif sama. Pun ada perbedaan paling pada tunjangan anak saja. Jadi bisa d
Lapor Hansip
05-03-2020 00:13

Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?

icon-verified-thread


Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?


Kondisi sosial setiap orang tidak sama. Ada yang nasibnya baik, dan kaya raya. Status sosialnya berbanding lurus dengan kekayaannya.

Gw jadi teringat ketika memiliki teman, kebetulan satu angkatan ketika sama diangkat jadi PNS. Secara nalar sederhana, kondisi keuangan pasti tidak akan jauh berbeda. Dengan gaji yang relatif sama. Pun ada perbedaan paling pada tunjangan anak saja. Jadi bisa diperkirakan bahwa kondisi ekonominya setara.
Quote:

Tidak terlalu kaya, juga tidak miskin. Tapi ketika dalam sebuah acara reunian dia memang terlihat sangat sederhana. Kurang lebih Gw. Entah dari sudut mana mereka memandang kami berdua, memang dari segi penampilan beda.

Maklum tempat tugas kami berada di desa pedalaman. Adat kebiasaan yang digunakan dalam berpakaian memang sangat sederhana. Berbeda dengan mereka yang kebetulan berada di tengah kota. Pakaian dan penampilan sepertinya menjadi yang utama.
Quote:

Ketika itu salah seorang dari mereka nyeletuk dan mengomentari pakaian yang dikenakan teman Gw. Gaya berpakaiannya memang beda. Padahal tidak terlalu kampungan juga. Karena merasa dipermalukan teman saya, maklum dia perempuan. Tak kuasa melawan, hanya menjauh sambil menangis.

Bagaimana mungkin sesama teman masih bisa membuat malu? Ada apa dengan hati yang dimilikinya? Apakah memang sudah kebiasaan kerjanya membuat malu teman? Di samping membujuk teman yang menangis, Gw berpikir keras. Apa yang harus Gw lakukan? Diam saja, atau membela teman Gw.

Gw hanya berpikir. Kalau berusaha membela teman Gw yang telah dibuat malu, dengan membalas kembuatnya malu, sama juga kelakuan Gw. Kalau dibiarkan nanti malah besar kepala.

Dalam kondisi demikian, terilntas sebuah pesan yang guru SD Gw dahulu.
Quote:

Dari dalam teko yang isinya kotor, akan mengeluarkan air yang kotor. Biarkan saja. Kita tidak rugi juga. Jangan kotori tekomu dengan air kotor juga.

Perbuatan buruk yang dilakukan oleh orang lain bukanlah tanggung jawab kita. Kalau mampu kita perbaiki maka perbaikilah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Jika punya kekuasaan, lakukan perbaikan dengan kekuasaan yang dimiliki. Jika tak kuasa, maka tegorlah dengan baik-baik saja agar yang bersangkutan berubah. Kalau tak kuasa juga, maka setidaknya kita membenci perbuatan mereka.
Quote:

Tapi sepertinya rasa kemanusiaan Gw berontak. Masak iya sih, teman dipermalukan Gw diam saja. Pura-pura tak mendengar dan seolah tak terjadi apa-apa.

Dalam pergaulan di mana pun, di dunia maya juga di dunia nyata. Orang-orang yang memang gemar membuat orang lain malu memang tak sedikit. Entah apa yang mempengaruhinya. Latae belakang masa lalu, mungkin jadi salah satu penyebabnya. Sering dihinakan, kemudian membalas dendam pada orang lain.

Insting berburunya menjadi terasah, karena dahulunya sering kadi korban membuatnya terampil mencium kesalahan, kekhilafan, dan kekuarangan orang lain. Untuk menghibur diri bajwa sekarang sudaj berada di atas angin maka akan merasa bahagia jika ada orang lain yang jadi korbannya.

Atau mungkin juga pergaulan tidak sehat yang berada di sekitar lingkungannya. Budaya buruk saling menjatuhkan dan membuat malu orang lain akhirnya menjadi kebiasaan. Jadi ketika punya peluang emas untuk membuat orang lain malu sedikit membuatnya merasa berhasil dan senang.

Apa yang harus dilakukan?
Quote:

Ada pepatah mengatakan, berteman dengan penjual minyak wangi maka akan ikut terpapar wanginya, demikian juga berteman dengan pandai besi akan tercium bakaran arangnya. Dengan tidak bermaksud merendahkan pekerjaan pandai besi. Hanya sebuah peribahasa, bahwa pengaruh teman yang terlalu sering bergaul sedikit banyak akan mempengaruhi kelakuan kita.

Oleh karena itu, bisa-bisalah mencari teman. Hilang satu tumbuh seribu, patah tumbuh hilang berganti. Daripada rugi berteman dengan orang yang kurang baik kelakuannya, sementara kita tak kuasa memperbaiki dirinya. Daripada terpapar keburukannya mending menjauh saja.

Toh, di antar sekian ribu orang yang kita kenal hanya segelintir saja dari mereka yang memiliki kebiasaan membuat orang lain malu dan merendahkan. Masih banyak yang baik-baik. Siapa tau berteman dengan yang baik akan merubah diri kita menjadi lebih baik.





Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
Diubah oleh Surobledhek746
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 6 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 01:17
Berteman menurut ane sama siapa aja, yg penting kita tetap jadi diri kita dan ga terpengaruh hal yg ga baik dr teman kita. Dan dada dasarnya manusia adlh munusia sosial, dimana selalu butuh orang lain

Ane ketika berteman pake prinsip "Ikan Laut", walau hidup di air asin tp dagingnya tetap tawar emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan kelayan00 memberi reputasi
2 0
2
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 01:40
Berteman dengan siapa saja tetapi bukan berarti mencari agar disenangi oleh orang lain, dimanfaatin dikit tak masalah selama bisa jadi bermanfaat, selama sudah memiliki kebiasaan harian teman itu nanti akan tersortir dengan waktu, tinggal atau silih berganti... Tapi daripada itu utamakanlah keluarga dan tetangga
Diubah oleh epopolocroia
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan kelayan00 memberi reputasi
2 0
2
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 06:47
Berteman yang bisa diajak ngobrol, kalo gak bisa diajak ngobrol berarti boneka wik-wik....
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan kelayan00 memberi reputasi
2 0
2
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 07:09
Teman entuh...

1. Kalok cewek ndak bakalan Ane hamili...
2. Kalok cowok ndak bakalan bikin Ane jadi homok...

Entuh aja... emoticon-Cool
Diubah oleh adolfsbasthian
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan kelayan00 memberi reputasi
2 0
2
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 07:46
Bergaullah dgn orang yg baik agar kita terinspirasi dgn kebaikan juga. emoticon-Jempol
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 07:54
kalau ane sih yg penting nyambung dan ga pelit
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 09:47
Ga usah milih - milih teman gann, ribet
Tar yang bukan teman pasti hilang sendiri kok



emoticon-Cool
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 16:06
mborong typo ya Gan? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

ok bereteman itu cari yang nyaman

nah ente sendiri memasukkan orang dalam lingkup ente apa sudah dicek bagaimana dia?

jangan cuma karena cantik semlohe terus terkiwir kiwir ha ha haaa

aku saja sekarang gak cari yang cakep kalau berteman
pasti yang cakep jual mahal, wegah
profile-picture
profile-picture
Surobledhek746 dan erina79purba memberi reputasi
2 0
2
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 20:17
berteman dengan kucing
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 23:33
aku sedih dengan kejadian ini Pak De PING, kasihan bunda Anis.
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
05-03-2020 23:33
Quote:Original Posted By alizazet โ–บ
mborong typo ya Gan? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

ok bereteman itu cari yang nyaman

nah ente sendiri memasukkan orang dalam lingkup ente apa sudah dicek bagaimana dia?

jangan cuma karena cantik semlohe terus terkiwir kiwir ha ha haaa

aku saja sekarang gak cari yang cakep kalau berteman
pasti yang cakep jual mahal, wegah


Ih .... Ih. ... Mba Azetemoticon-Kissemoticon-Kiss
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
1 0
1
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
11-03-2020 08:19
Quote:Original Posted By antomulyo โ–บ
Berteman menurut ane sama siapa aja, yg penting kita tetap jadi diri kita dan ga terpengaruh hal yg ga baik dr teman kita. Dan dada dasarnya manusia adlh munusia sosial, dimana selalu butuh orang lain

Ane ketika berteman pake prinsip "Ikan Laut", walau hidup di air asin tp dagingnya tetap tawar emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By epopolocroia โ–บ
Berteman dengan siapa saja tetapi bukan berarti mencari agar disenangi oleh orang lain, dimanfaatin dikit tak masalah selama bisa jadi bermanfaat, selama sudah memiliki kebiasaan harian teman itu nanti akan tersortir dengan waktu, tinggal atau silih berganti... Tapi daripada itu utamakanlah keluarga dan tetangga


Quote:Original Posted By orang.pe.ak โ–บ
Berteman yang bisa diajak ngobrol, kalo gak bisa diajak ngobrol berarti boneka wik-wik....


Quote:Original Posted By adolfsbasthian โ–บ
Teman entuh...

1. Kalok cewek ndak bakalan Ane hamili...
2. Kalok cowok ndak bakalan bikin Ane jadi homok...

Entuh aja... emoticon-Cool


Quote:Original Posted By Rainbow555 โ–บ
Bergaullah dgn orang yg baik agar kita terinspirasi dgn kebaikan juga. emoticon-Jempol


Quote:Original Posted By indra.blora โ–บ
kalau ane sih yg penting nyambung dan ga pelit


Quote:Original Posted By anakrantau25 โ–บ
Ga usah milih - milih teman gann, ribet
Tar yang bukan teman pasti hilang sendiri kok



emoticon-Cool


Quote:Original Posted By alizazet โ–บ
mborong typo ya Gan? ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

ok bereteman itu cari yang nyaman

nah ente sendiri memasukkan orang dalam lingkup ente apa sudah dicek bagaimana dia?

jangan cuma karena cantik semlohe terus terkiwir kiwir ha ha haaa

aku saja sekarang gak cari yang cakep kalau berteman
pasti yang cakep jual mahal, wegah


Quote:Original Posted By akunkece โ–บ
berteman dengan kucing


Quote:Original Posted By erina79purba โ–บ
aku sedih dengan kejadian ini Pak De PING, kasihan bunda Anis.


Quote:Original Posted By erina79purba โ–บ
Ih .... Ih. ... Mba Azetemoticon-Kissemoticon-Kiss


Biarin weeeeemoticon-Ngacir2emoticon-Shakehand2emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Memilih Teman Harus Bagaimana, Gan/Sist?
11-03-2020 09:51
Quote:Original Posted By Surobledhek746 โ–บ
Biarin weeeeemoticon-Ngacir2emoticon-Shakehand2emoticon-Hammer2


Ada apa enih???
emoticon-DP
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia