Aboeyy
TS
Aboeyy
Andai Yamaha NMax Hadir di Era Soeharto, Barangkali Ini yang Terjadi


Yamaha NMax, skuter matik bongsor, pertama kali diluncurkan di Indonesia pada bulan Februari tahun 2015 silam, dan sampai kini masih merajai jalanan dengan berbagai aksi ‘arogan’nya. Artinya, motor ini hadir sekitar 18 tahun setelah era pemerintahan Soeharto.

Namun baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial, di mana dalam foto tersebut terlihat mantan Presiden RI kedua itu dengan gagah mengendarai Yamaha NMax. Foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @demagog_inc, pada hari Selasa, 18 Februari 2020.



Dalam foto tersebut, tampak Presiden Soeharto duduk di atas Yamaha NMax warna putih, dengan memakai peci dan pakaian warna hitam, dan di sampingnya terlihat 3 orang pengawal, dengan memakai pakaian dengan warna yang sama.

Tentu semua warganet maklum, bahwa foto tersebut adalah hasil rekayasa digital, alias editan. Sebab mana ada NMax di tahun 90-an. Sejatinya, motor yang dikendarai Soeharto itu adalah SMI Expressa, motor yang digadang-gadang sebagai produk lokal, yang akan menyaingi produk impor seperti Yamaha, Honda, Suzuki yang menguasai kendaraan roda dua waktu itu.



SMI Expressadicanangkan untuk kendaraan roda dua, sebagaimana Mobil Timor untuk roda empat. Di tahun 1995-1996, beberapa unit SMI Expressa sempat dirakit, termasuk yang dikendarai Soeharto tersebut. Namun produksi massal proyek motor ini dihentikan akibat krisis moneter yang melanda Indonesia di tahun 1998, dan hampir bersamaan dengan lengsernya presiden Soeharto dari tampuk kekuasaan.

Dari kedua foto tersebut, terlihat bahwa Presiden Soehart terlihat lebih gagah dan berwibawa saat mengendarai Yamaha NMax, apalagi dengan latar tiga orang pengawal yang seperti sedang berlari mengikuti motor tersebut.

Maka, kalau boleh berandai-andai, andai saja Yamaha NMAx hadir di era Soeharto, maka menurut Ane, ini kemungkinan yang akan terjadi. (Ini just kidding ya, jangan ditanggapin serius, dan tidak bermaksud melecehkan siapapun):



1. NMax Jadi Motor Resmi Tunggangan Presiden

Kalau Presiden Jokowi suka motor jenis ‘naked bike’, jenis trail, dan yang bergaya chopper, yang semuanya jenis motor laki, dan ini sepertinya memang cocok dengan karakter Presiden Jokowi, maka Presiden Soeharto akan menjadikan Yamaha NMax sebagai kendaraan resminya, saat meninjau berbagai lokasi dan proyek pembangunan di berbagai tempat. Motor ini tampaknya serasi banget dengan wibawa dan kharisma seorang Soeharto.



2. NMax Jadi Motor Nasional


Andai NMax hadir di era Soeharto, barangkali pula pabrikan Yamaha asal Jepang ini akan diambil alih oleh Soeharto. Kalau tidak secara keseluruhan perusahaannya, paling tidak khusus motor NMAx-nya saja. emoticon-Big Grin Sebagaimana Soeharto mengambil alih Indosat dari STT, Soeharto akan ‘merebut’ NMax dari Yamaha, dan menjadikannya sebagai motor nasional, menggantikan SMI Ekspressa yang belum sempat diproduksi massal tersebut. emoticon-Big Grin

Namun untuk produksi massal, tentu saja spesifikasi motornya harus dibuat lebih rendah dari kepunyaan presiden Soeharto, supaya tidak terkesan ‘pasaran’ dan ‘sama’ dengan yang dikendarai oleh masyarakat umum. emoticon-Big Grin

Nah, barangkali itulah yang akan terjadi jika NMax hadir di era Soeharto, yang Ane pahami dari foto editan di atas, tanpa mengurangi rasa hormat Ane kepada Presisen Soeharto.
***
Ref
nona212tien212700catros
catros dan 28 lainnya memberi reputasi
23
16.7K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2
icon
19.1KThread8.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.