• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T, Sosok Wali Kota Fenomenal Dari Kota Pahlawan

Mahbubah127Avatar border
TS
Mahbubah127
Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T, Sosok Wali Kota Fenomenal Dari Kota Pahlawan


Assalamualaikum Gansis, kali ini saya hadir dengan thread tentang sosok yang menurut saya layak untuk dikagumi dan diikuti kiprahnya.



Saya memang sudah lama tidak tinggal di Surabaya. Mengikuti suami merantau ke kota lain. Namun, hal itu tidak membuat saya kehilangan kecintaan terhadap kota sibuk yang mendapat julukan kota Pahlawan tersebut.

Berbicara tentang Surabaya, tak akan lepas dari sosok bernama Tri Rismaharini. Siapa yang tak kenal dengan beliau? Sepak terjangnya membuat saya terkagum-kagum luar biasa. Sebagai wali kota Surabaya, wanita yang akrab disapa Bu Risma ini menorehkan banyak prestasi baik di dalam maupun luar negeri.

Namun, saya pribadi memiliki beberapa pandangan tentang wanita kelahiran Kediri, 20 November 1961 ini dan yang menjadikan beliau sebagai INSPIRING PEOPLE. Di antaranya ialah :

1. Peduli Lingkungan

Tak terhitung taman-taman di segenap sudut kota Surabaya menjadi perhatiannya. Berkat sentuhan tangan beliau kota Surabaya menjadi kota yang bersih dan rapi. Sehingga pada tahun 2011 kembali mendapatkan piala Adi Putra kategori Kota Metropolitan setelah beberapa tahun tidak dapat. Bahkan, kalau bisa seluruh pelosok Surabaya tak akan luput dari sentuhannya.

2. Mengasihi Kaum Duafa

Saat saya pulang ke kampung halaman, saya dapati setiap pagi beberpa kurir datang ke tempat-tempat para Lansia, janda-janda kurang mampu, dan anak-anak yatim yang duafa' untuk mengantar sarapan pagi buat mereka. Semua itu adalah program yang dijalankan oleh Bu Risma demi kesejahteraan rakyatnya agar kebutuhan gizi dan kesehatan terpenuhi. Beliau juga rutin memantau dan memperhatikan anak-anak jalanan serta kurang mampu untuk segera ditangani.


3. Tegas dan Disiplin

Wanita ini juga dikenal dengan sosok yang tegas dan tak kenal kompromi. Setiap pelanggaran sekecil apa pun akan ditindak lanjuti secara serius. Tak pandang bulu, entah itu pejabat atau pegawai rendahan. Bahkan beberapa kali beliau dijegal oleh orang-orang yang tidak suka dan yang memiliki kepentingan tertentu, karena langkah beraninya. Beliau tidak pernah takut dan gentar, selagi semua dilakukan dengan prosedur yang benar.

4. Pekerja Keras

Tidak sekali-dua kita menjumpai wanita yang akrab disapa Bu Risma ini di jalan-jalan sedang memunguti sampah, menyiram taman-taman umum, menyapu, dan turun ke bawah melakukan sidak ataupun memantau langsung keadaan rakyatnya di bawah. Tak heran, atas kerja-kerasnya tersebut, Bu Risma menyabet penghargaan Mayor of the Month sebagai Wali Kota Terbaik. Tak hanya itu, Bu Risma juga pernah menyandang penghargaan Ideal Mother Awards dari Islamic Educational Scientific and Cultural Organization (ISESCO) di tahun 2016. Tentunya masih banyak lagi prestasi beliau yang insya Allah akan saya post di lain kesempatan.



Walaupun sudah bertahun-tahun tidak menjadi warga Surabaya, semoga keteladanan beliau menular pada kita semua terutama para generasi muda. Satu hal lagi yang membuat hati saya tegerak untuk menjadikannya sebagai salah satu dari TASTETHELOCAL, INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY, MLDSPOTKONTENTHUNT dan KASKUSXMLDSPOT ini adalah, beliau yang seorang wanita seperti saya juga sehingga semakin memacu semangat saya dalam berkiprah lebih baik, lebih luas, dan lebih banyak. Aamiin.

Jangan lupa kunjungi thread saya yang lain ya. Salam inspirasi selalu!

Probolinggo
Nopember 2019

Sumber gambar dan data : surabaya.go.id
Artikel : Opini pribadi
Diubah oleh Mahbubah127 16-11-2019 09:52
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 4 lainnya memberi reputasi
5
547
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.